Cetak Rekor Dunia, Wanita Indonesia Lakukan Penyelaman Massal

Galuh Esti Nugraini | Sabtu, 11 Agustus 2018 13:45 WIB
Galuh Esti Nugraini | Sabtu, 11 Agustus 2018 13:45

Kapanlagi.com - Untuk merayakan kemerdekaan Indonesia, para penyelam wanita yang tergabung dalam Wanita Selam Indonesia (WASI) ini mengadakan sebuah penyelaman massal. Hal ini juga dalam rangka memecahkan rekor MURI. Sebanyak 935 orang pun turut andil dalam penyelaman massal tersebut.

Tak hanya dari warga Indonesia saja, namun warga Singapura juga ikut berpartisipasi. Nantinya setelah para penyelam tersebut masuk ke dalam laut, mereka akan membentangkan bendera merah putih yang panjangnya 500 meter.

Penyelaman dilakukan di kawasan Mega Mas, Manado, Sabtu (11/8/2018). Penyelaman di mulai pada pukul 09.00 dan berakhir 10.00 WIB.

1 Dari 3 Halaman

1. Penyelaman Massal Dipimpin Ketua WASI

Penyelaman dipimpin langsung oleh ketua Wanita Selam Indonesia (WASI), Tri Suswati Tito Karnavian. Tri Suswati yang kala itu mengenakan pakaian selam berwarna merah muda turun lebih dulu untuk melakukan penyelaman. Baru setelah itu diikuti oleh peserta lainnya.

Tri Suswati turun lewat tangga pertama. Sementara peserta lainnya melewati 20 tangga lain yang telah disediakan para panitia penyelenggara. Setelah menunggu 15 menit, mereka pun satu per satu masuk ke dalam laut.

Cuaca cerah pun berlangsung saat penyelaman di mulai. Suhu air berkisar 30 derajat Celcius. Air laut yang jernih itupun mulai keruh saat penyelam tiba di dasar laut. Hal ini dikarenakan pasir yang naik terkena fin penyelam.

2 dari 3 halaman

2. 30 Menit di Dasar Laut Sambil Bentangkan Bendera

30 Menit di Dasar Laut Sambil Bentangkan Bendera
Setelah semua penyelam telah terjun ke laut, Tri Suswati lalu mengecek barisan. Posisi para penyelam pun menghadap ke laut lepas. Bendera Merah Putih pun dibentangkan di barisan paling depan dengan panjang 500 meter.

Setelah 30 menit berada di dasar laut, para penyelam pun mengakhiri penyelamannya. Mereka naik ke darat dan acara pun berlangsung dengan lancar.

3 dari 3 halaman

3. Raih Rekor Dunia

Raih Rekor Dunia (Liputan6.com / Marco Tampubolon)
Sehari sebelum penyelaman, para penyelenggara telah mengadakan jumpa pers. Ketua Wanita selam Indonesia (WASI), Tri Suswati Tito Karnavian juga turut dalam acara jumpa pers tersebut.

Dalam acara tersebut juga hadir Jaya Suprana, pendiri Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI). Ia menolak jika menyebut penyelaman massal ini sebagai rekor terbanyak di Indonesia. Karena seharusnya penyelaman massal ini mendapat rekor dunia.

"Jadi ini adalah rekor dunia. Karena belum ada wanita sebanyak ini yang melakukan penyelaman sebanyak ini di planet bumi," ujarnya di atas panggung.

"Jadi yang tadi sempat kesel, kok rekornya ditolak jangan salah paham. Ini bukan hanya rekor Indonesia tapi rekor dunia. Karena itulah dengan bangga, Museum Rekor Dunia Indonesia dengan bangga, memberikan penghargaan rekor dunia," lanjutnya.

Jaya kemudian menyerahkan plakat rekor MURI kepada Ketua WASI, Tri Suswati yang disambut tepuk tangan para peserta.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/gen)


Join Kapanlagi.com