Ciri-Ciri Terinfeksi Virus Corona Covid-19 dari Hari ke Hari, Kenali Tandanya

Galuh Esti Nugraini| Selasa, 07 April 2020 10:22 WIB
Galuh Esti Nugraini | Selasa, 07 April 2020 10:22

Kapanlagi.com - Tahun ini menjadi sejarah dunia, dimana virus corona atau covid-19 menjadi salah satu penyakit yang menggemparkan. Hingga saat ini, kasus covid-19 masih meresahkan dunia. Apa itu virus corona? Virus corona disebut-sebut sebagai virus yang dapat menyebabkan kematian. Virus yang berasal dari Wuhan, China ini dengan cepat menyebar ke berbagai dunia.

Virus corona sendiri diambil dari Bahasa latin yang berarti 'mahkota'. Nama ini diberikan karena bentuk virus corona menyerupai mahkota. Lalu, Apa itu virus corona dan covid-19? Oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meresmikan virus corona menjadi covid-19. Covid memiliki arti kata 'Co' yakni corona, 'Vi' yakni Virus, dan 'D' yakni disease atau penyakit. Kemudian ditambahkan angka 19, yakni tahun 2019 mewakili tahun munculnya virus corona. Seperti diketahui, virus itu dilaporkan ke WHO pada 31 desember 2019.

Sedangkan penyakit virus corona adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia), MERS, dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Melansir laman resmi Badan Kesehatan Dunia (WHO), virus corona bersifat zoonosis, artinya ditularkan antara hewan dan manusia. Itu artinya, virus corona juga dapat menularkan manusia ke manusia melalui percikan air ketika bersin atau batuk.

Berikut ini, Kapanlagi.com telah merangkum dari beberapa sumber, ciri-ciri virus corona yang perlu kamu ketahui:

1 Dari 3 Halaman

1. Ciri-ciri Awal Virus Corona

Ciri-ciri Awal Virus Corona (credit: freepik)
-Demam

Demam merupakan gejala awal terinfeksi virus corona. Meskipun demam salah satu gejala dari berbagai kondisi kesehatan, namun kamu perlu waspada. Demam ditandai dengan meningkatnya suhu tubuh lebih dari 38 derajat celcius. Sedangkan suhu normal manusia berkisar 36 hingga 37 derajat celcius.

-Batuk

Gelaja awal lainnya yakni batuk. Penderita covid-19 akan merasakan gejala batuk kering terus menerus dan batuk berdahak. Batuk kering terjadi dalam waktu setengah hari. Batuk kering seperti sesuatu yang baru dirasakan oleh penderita. Artinya, batuk jenis baru ini berbeda dengan batuk yang dirasakan pada umumnya.

-Sesak napas

Covid-19 merupakan virus yang menyerang sistem pernafasan. Hal ini karena covid-19 dapat menyebabkan gangguan pada sistem pernafasan dan pneumonia akut. Pasien yang terpapar covid-19 akan mengalami kesulitan bernafas dan dada terasa sempit.

2 dari 3 halaman

2. Ciri-ciri Virus Corona Dari Hari ke Hari

Ciri-ciri Virus Corona Dari Hari ke Hari (credit: freepik)
- Hari ke-1

Pasien akan mengalami demam, gejala lainnya yakni tubuh pasien mengalami kelelahan, nyeri otot, dan batuk kering. Bahkan ada beberapa kasus pasien yang mengalami mual dan diare pada satu atau dua hari sebelumnya.

- Hari ke-5

Pasien mulai mengalami kesulitan bernapas. Kondisi ini kebanyakan terjadi pada lansia dan mereka yang memiliki riwayat penyakit lainnya.

- Hari ke-7

Menurut Penelitian Universitas Wuhan, hari ke 7 rata-rata pasien menunjukkan gejala semakin parah dan masuk ke rumah sakit.

- Hari ke-8

Pada pasien kondisi parah, sering mengalami sindrom pernafasan akut. Hal ini ditandai kesulitan bernafas, dan terdapat cairan di paru-paru pasien.

- Hari ke-10

Jika pasien tidak ada perkembangan dan semakin memburuk, kemungkinan besar, pasien akan di rawat di ICU.

- Hari ke-17

Rata-rata orang yang sembuh dari covid-19, memerlukan kurang lebih waktu 2,5 minggu untuk bisa kembali ke rumah.

3 dari 3 halaman

3. Cara Pencegahan Virus Corona

Cara Pencegahan Virus Corona (credit: freepik)
Kamu juga perlu melakukan pencegahan agar virus corona tidak semakin mewabah. Hal yang perlu kamu lakukan ialah:

- Sesering mungkin cuci tangan

Cuci tangan dapat dilakukan sesering mungkin dengan durasi selama 20 detik. Pastikan seluruh bagian tangan ter cuci bersih seperti di bagian sela-sela jari tangan, punggung tangan, dan pergelangan tangan.

- Menjaga daya tahan tubuh

Menjaga daya tahan tubuh dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, seperti perbanyak sayuran hijau dan buah-buahan. Lakukan olahraga dan istirahat yang cukup, meminum air putih 8 gelas per hari

- Menghindari kontak dengan hewan yang berpotensi menularkan covid-19

Sebelumnya, corona virus diduga berasal dari kelelawar dan disebarkan oleh beberapa hewan mamalia dan reptil. Selain itu, hindari untuk memakan daging dari hewan yang berpotensi menularkan.

- Terapkan social distancing

Menjaga jarak dalam rangka menekan curva penyebaran virus corona. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menjaga jarak minimal 1 meter dengan mereka yang batuk atau bersin.

- Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut

Tangan menyentuh banyak benda maupun permukaan yang rawan terhadap virus. akibatnya virus bisa menempel jika anda tidak mencuci tangan terlebih dahulu.

- Jaga kebersihan lingkungan

Bersihkan daerah-daerah yang sering digunakan untuk bersentuhan seperti: gagang pintu, tombol lift, kran air, pagar, dan toilet.

- Lakukan bersin dengan cara yang benar

Kamu dapat melakukan bersin atau batuk dengan cara menutupi hidung menggunakan siku tangan. Selain itu, anda dapat menggunakan tisu untuk menutup mulut.

(kpl/dtm/gen)

Editor:  

Dita Tamara

Join Kapanlagi.com