City Trip Sambil Mudik ke Jogja, Ini Pilihan Destinasinya

Zaki Mursidan Baldan| Senin, 06 April 2020 07:43 WIB
City Trip Sambil Mudik ke Jogja, Ini Pilihan Destinasinya

Kapanlagi.com - Lebaran jadi salah satu momen yang ditunggu, terutama kalau kamu berstatus sebagai anak rantau. Demi berkumpul bersama keluarga di kampung halaman, nggak sedikit yang jauh-jauh hari sudah berburu tiket. Seperti Lebaran dari tahun ke tahun, salah satu yang paling diburu adalah tiket pesawat murah. Selain sebagai tujuan mudik, Kota Gudeg juga menarik banget buat dijadikan destinasi bareng keluarga saat musim liburan.

Biar kebahagiaan makin lengkap, agenda city trip ke Jogja bareng keluarga saat Lebaran diisi dengan berkunjung ke mana aja ya?

Kawasan Malioboro

Kurang lengkap rasanya kalau mudik ke Yogyakarta tanpa mampir ke kawasan Malioboro. Membentang dari depan Hotel Inna Garuda hingga titik nol kilometer, pusat kota ini selalau ramai dikunjungi. Wisatawan mancanegara atau lokal selali dimanjakan saat berbelanja suvenir khas, berfoto, hingga sekadar duduk-duduk sambil menikmati alunan lagu dari pengamen jalanan Jogja yang entertaining banget.

Benteng Vredeburg

Masih berada di kawasan Malioboro, benteng peninggalan zaman kolonial ini masih jadi spot favorit para wisatawan. Dibangun di abad ke-18, Benteng Vredeburg kini dijadikan museum dengan berbagai beda koleksi peralatan rumah tangga, senjata, hingga peralatan perang. Nggak ketinggalan, di sini kamu juga bisa menemukan bermacam diorama yang memperlihatkan perjuangan rakyat Yogyakarta melawan pasukan Belanda.

Taman Sari

Dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubowo I, taman ini juga dikenal sebagai taman air karena di dalamnya terdapat danau buatan. Dulunya, taman ini dijadikan sebagai tempat rekreasi anggota kerajaan sekaligus dijadikan benteng pertahanan dari serbuan penjajah Belanda.

Selain lokasinya yang cukup luas, arsitektur yang indah memberikan banyak spot asyik buat foto-foto seru bareng keluarga. Mulai dari bangunan di sebelah danau yang dinamai Umbul Binangun Kolam Garjiwati, danau buatan di sebelah barat Taman Sari, hingga lorong bawah tanah yang jauh dari suasana mencekam.

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Berada di pusat kota, destinasi yang satu ini jangan sampai dilewatkan begitu saja. Di kawasan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat ada empat museum yang menyimpan berbagai koleksi bersejarah, mulai dari Museum Batik, Museum Lukisan, Museum Kereta dan Museum Sri Sultan Hamengkubuwono.

Namun mesti diingat, ada beberapa peraturan yang wajib dipatuhi oleh semua wisatawan yang datang. Mulai dari menghindari selfie membelakangi abdi dalem atau membelakangi bangunan keraton, hingga melepas topi karena dianggap nggak menghormati penghuni keraton.

Tugu Pal Putih

Selain Malioboro, tugu yang berada di perempatan Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Pangeran Mangkubumi ini dikenal sebagai maskotnya kota Yogyakarta. Waktu terbaik untuk mengunjungi Tugu Pal Putih adalah di malam hari dimana banyak wisatawan berfoto hingga menikmati angkringan atau nongkrong di beberapa kafe di sekitarnya.

Bikin pengalaman mudikmu makin seru, #MulaiAjaDulu di Tokopedia. Selain tiket pesawat, penuhi semua kebutuhan Ramadan di Tokopedia. Serta nikmati berbagai promo Ramadhan, hadiah dan penawaran menarik lainnya mulai 1 April-13 Mei 2020. Jangan lupa top up OVO, karena dengan OVO transaksi belanja online jadi lebih praktis!

(kpl/zki)

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com