Diresmikan Jokowi, Pabrik Mobil Esemka Langsung Luncurkan Dua Produk

Dhimas Nugraha | Jum'at, 06 September 2019 14:36 WIB
Dhimas Nugraha | Jum'at, 06 September 2019 14:36

Kapanlagi.com - Hari ini, Jumat 6 September 2019, Presiden Jokowi akhirnya meresmikan pabrik dan fasilitas PT Solo Manufaktur Kreasi Esemka di Boyolali. Esemka sendiri merupakan merek mobil asli Indonesia.

Didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, serta pencetus mobil Esemka, Sukiyat, Presiden Direktur Esemka, Eddy Wirajaya dan sejumlah Menteri Kabinet Kerja lainnya.

1 Dari 2 Halaman

1. Luncurkan Dua Produk

Pada peresmian pabrik kali ini, PT Solo Manufaktur Kreasi turut meluncurkan dua produk mobil niaga Esemka. Dua kendaraan tersebut adalah, 1 jenis pick up Bima dengan mesin 1.200 cc dan Bima 1.300 cc.

Melansir dari Merdeka.com, mobil karya anak bangsa ini akan dipasarkan dengan kisaran harga Rp 150 juta. Selain itu, Jokowi menilai kualitas kedua mobil yang diluncurkan tersebut sudah baik.

"Mobil Esemka ini adalah brand Bangsa Indonesia, karya anak bangsa sendiri. Saya sudah lihat sendiri tadi," kata Jokowi, Jumat (6/9) dikutip dari merdeka.com.

2 dari 2 halaman

2. Awal Mula Mobil Esemka

Awal Mula Mobil Esemka Mobil Esemka ©merdeka.com
Mobil Esemka pertama kali dibuat pada tahun 2010 oleh para siswa jurusan otomotif SMK N 1 Trucuk, Klaten, Jawa Tengah. Sempat tak lolos uji emisi, mobil karya anak SMK ini kemudian dipakai oleh Jokowi sebagai mobil dinas kala menjabat sebagai Walikota Solo.

Sukiyat, yang kala itu memimbing anak-anak SMK untuk merakit mobil, ternyata punya ide menarik. Sebelumnya, Sukiyat hanya membantu pelajar SMK melakukan praktik bodi mobil.

Tapi, tak hanya mengajari saja, Sukiyat mengarahkan anak-anak SMK ini untuk membuat bodi Land Cruiser meski aslinya sedan. Sedan itu kemudian berubah menjadi mobil Sport Utility Vehicle (SUV).

Proyek yang cukup lama tertunda ini akhirnya resmi diluncurkan. Ini akan menjadi mobil pertama karya asli anak bangsa.

(kpl/mdk/dim)


Editor:  

Dhimas Nugraha

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com