Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Disebut Sebagai Makanan Terenak di Dunia, Ini Dia Sederet Fakta Rendang yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Selasa, 18 Januari 2022 20:40 WIB
Disebut Sebagai Makanan Terenak di Dunia, Ini Dia Sederet Fakta Rendang yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Kapanlagi.com - KLovers mungkin sudah pernah mendengar kalau rendang dinobatkan sebagai salah satu makanan terenak di dunia. Makanan khas Sumatera Barat ini terkenal dengan kelezatannya. Perpaduan rasa gurih, manis dan pedas membuat banyak orang tak bisa berhenti melahapnya.

Pada tahun 2013, rendang dinobatkan sebagau Warisan Budaya Tak Benda oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Di tahun 2011, Rendang menduduki peringkat pertama dalam World's 50 Delicious Food menurut survei CNN International.

Dikutip dari Kumparan, rendang berhasil mengalahkan sushi khas Jepang, Tom Yum, pasta, dan nasi goreng yang telah lebih dahulu dikenal oleh masyarakat luar negeri sebagai makanan terenak. Dan ternyata ada sejumlah fakta menarik tentang rendang lho KLovers.

1. Makanan Bangsawan

Ternyata rendang sudah ada sejak tahun 1500-an sebagai makanan bagi para bangsawan. Daya tahan yang lama membuat rendang jadi salah satu kuliner pilihan bagi para bangsawan untuk dibawa berkelana.

Memasak rendang butuh waktu yang nggak sebentar. Setidaknya satu kuali rendang butuh waktu 4 sampai 8 jam saat memasak. Proses mengolah rendang yang sangat lama dengan berbagai rempah tradisional menghasilkan tekstur daging yang lembut. Bumbunya pun menyerap sampai ke dalam daging.

2. Filosofi Rendang

Gambar

Ada filosofi yang terkandung dalam makanan khas Minang ini. Daging sapi merupakan lambang dari Niniak Mamak, yakni sebutan pemimpin suku. Karambia atau kelapa yang menggambarkan Cadiak Pandai atau kaum intelektual. Sedangkan lado yaitu cabai adalah alim ulama, dan pemasak atau bumbu yaitu simbol masyarakat Minangkabau.

Soal cita rasa rendang yang kaya, ternyata masih dipengaruhi oleh cita rasa makanan khas India. Sumatera merupakan pusat perdagangan dunia sehingga banyak pedagang rempah-rempah asal Gujarat, India, yang singgah ke pulau paling barat Indonesia ini, tak terkecuali Sumatera Barat.

3. Pilih Beli Langsung

Karena proses memasaknya yang butuh waktu lama dan rempah yang beragam, nggak jarang banyak orang memilih untuk membeli rendang untuk langsung disantap. Kamu juga bisa membeli rendang langsung dari kota asalnya tanpa harus terbang jauh ke Sumatera.

Caranya gampang banget, langsung aja kepoin di platform ManisdanSedap.com. Kamu bisa memesan rendang dan kuliner favorit lainnya secara pre-order. Tunggu apa lagi? Yuk belanja sekarang!

(kpl/lou)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com