Disebut Sebagai September Birthstone, Berikut Beberapa Fakta Menarik Batu Safir

Iwan Tantomi | Rabu, 14 September 2022 14:25 WIB
Disebut Sebagai September Birthstone, Berikut Beberapa Fakta Menarik Batu Safir

Kapanlagi.com - Tak ada yang menampik keindahan batu safir. Salah satu batu permata mewah ini bahkan dijuluki sebagai September birthstone. Bahkan, batu safir dipercaya dapat mendatangkan kelimpahan, berkah, dan keuntungan di masa depan.

Hanya saja, masih belum banyak yang tahu tentang batu permata ini. Sebelum berniat memiliki atau membeli high quality jewellery ini sebagai hadiah spesial untuk orang tersayang di bulan September, ada baiknya simak dulu beberapa fakta menarik batu safir sebagai berikut.

Terbentuk dari Mineral Korundum Berwarna Biru

Ilustrasi Korundum Berwarna Biru via Shutterstock.comIlustrasi Korundum Berwarna Biru via Shutterstock.com

Mineral korundum hanya tersusun dari senyawa aluminium dan oksigen di lingkungan yang bebas silikon. Hal ini karena silikon dapat membuat korundum alami jadi susah dikenali. Umumnya, korundum hadir dalam semua warna pelangi, tetapi yang lazim dijumpai berupa kristal buram dengan warna kusam.

Bahkan, di tempat tertentu, korundum murni tidak berwarna sama sekali. Nah, korundum dengan kecenderungan warna biru kemudian disebut sebagai batu safir. Bisa biru murni, biru kehijauan, atau biru keunguan. Sementara korundum dengan warna merah dinamakan rubi.

Batu Permata dengan Ketahanan Alami Terbaik Setelah Berlian

Ilustrasi Korundum Berwarna Biru via Shutterstock.comIlustrasi Korundum Berwarna Biru via Shutterstock.com

Selain itu, korundum punya tingkat ketahanan di angka 9 dari 10 pada skala Mohs, menjadikannya batu permata dengan tingkat ketahanan alami terbaik setelah berlian. Sementara, berlian memiliki tingkat ketahanan di angka 10 dari 10 pada skala Mohs, menjadikannya batu permata dengan ketahanan alami paling baik di bumi.

Karena alasan itulah, batu safir dipilih sebagai alternatif batu permata yang tak kalah berkualitas dan indah tentunya, baik untuk cincin tunangan, maupun sebagai kombinasi pada perhiasan berlian, agar terlihat lebih mewah dan sempurna.

Lekat dengan Catatan Sejarah dan Simbol Kerajaan

Ilustrasi Batu Safir via Shutterstock.comIlustrasi Batu Safir via Shutterstock.com

Menariknya, batu safir juga lekat dengan catatan sejarah. Statusnya sebagai batu permata, bahkan sudah disematkan oleh bangsa Yunani dan Persia kuno selama berabad-abad lamanya. Batu safir juga dianggap berharga oleh bangsa Ibrani kuno, karena diketahui mereka sampai mengukir 10 Perintah Tuhan di atas batu permata tersebut.

Memasuki abad pertengahan, batu safir juga acap dijadikan simbol kerajaan. Tak sedikit raja-raja yang menggunakan batu safir. Mereka percaya batu safir dapat melindungi mereka dalam pertempuran. Selain itu, cincin tunangan Lady Diana yang tersohor juga diketahui menggunakan batu safir 12 carat. Kini cincin tersebut dikenakan Kate Middleton yang kini sudah berstatus sebagai sebagai Princess of Wales.

Batu Safir Banyak Ditemukan di Sri Lanka

Ilustrasi Batu Safir via Shutterstock.comIlustrasi Batu Safir via Shutterstock.com

Fakta menarik lainnya, batu safir banyak ditemukan di Sri Lanka. Negara ini bahkan diketahui sebagai penghasil batu safir terbesar di dunia. Dari 200 jenis batu permata warna-warni di dunia, 70 di antaranya bisa ditemukan di Sri Lanka. Termasuk salah satu yang paling terkenal sekaligus menjadi komoditas utama Sri Lanka adalah Ceylon atau Blue Sapphire.

Tak hanya itu, dalam sejarahnya, Sri Lanka juga dikenal sebagai tempat lahirnya batu safir paling terkenal di dunia, seperti Blue Belle of Asia yang dinobatkan sebagai batu safir terbesar keempat di dunia. Koleksi batu safir seberat 392 carat tersebut laku terjual di acara lelang yang dilangsungkan di Genewa, Swiss pada 2014, dengan harga US$17,3 juta.

Kini Hadir Sebagai Perhiasan Mewah di Indonesia

Credit: MONDIAL Anniversary 2022, Pendant by MONDIALCredit: MONDIAL Anniversary 2022, Pendant by MONDIAL

Tak hanya di Sri Lanka, kini batu safir juga hadir sebagai perhiasan mewah di Indonesia. Dapatkan perhiasan mewah dengan batu safir di Indonesia lewat Azure Collection dari #Mondial.

Koleksi perhiasan tersebut dihadirkan dalam rangka merayakan #AnniversaryMondial di bulan September ini. Hal ini sesuai pula dengan filosofi batu safir sebagai September birthstone yang melambangkan kemuliaan, kejujuran, ketulusan, dan kesetiaan.

Credit: MONDIAL Anniversary 2022, Earrings by MONDIALCredit: MONDIAL Anniversary 2022, Earrings by MONDIAL

Terlebih dari segi desain, #AzureCollection ini begitu mewah, serta melambangkan kemakmuran dan kekinian. Mengusung gaya Art Deco, karakter desainnya mencerminkan konsep geometris yang begitu mengagumkan. Setiap sisi batu permata berwarna biru ini dibentuk secara presisi, hingga menghasilkan perhiasan berlian yang berhiaskan batu safir dengan potongan baguette yang indah.

Credit: MONDIAL Anniversary 2022, Ring by MONDIALCredit: MONDIAL Anniversary 2022, Ring by MONDIAL

Menariknya, Azure Collection dari MONDIAL ini hadir dalam berbagai bentuk perhiasan berlian, seperti anting berlian, cincin berlian, gelang berlian, liontin berlian dan juga kalung berlian. Hasilnya, saat dipakai tak hanya membuatmu terlihat modis dan elegan, tetapi juga bisa dengan bangga berkata #ImDifferent.

Kamu bisa mendapatkan Azure Collection ini dengan datang langsung ke butik-butik MONDIAL terdekat di kotamu. Follow juga akun Instagram @mondial, dan kunjungi website MONDIAL untuk mengetahui update terbarunya!

(kly/tmi)

Editor :   Iwan Tantomi

Join Kapanlagi.com