Doa Setelah Wudhu Lengkap Beserta Arti, Ketahui Juga Syarat dan Rukunnya

Editor KapanLagi.com | Rabu, 14 April 2021 10:11 WIB
Doa Setelah Wudhu Lengkap Beserta Arti, Ketahui Juga Syarat dan Rukunnya

Kapanlagi.com - Ibadah sholat memiliki sejumlah syarat dan rukun yang wajib dilakukan umat muslim salah satunya adalah wudhu. Wudhu termasuk ke dalam syarat sah sholat sebab dapat membersihkan dan menyucikan diri dari hadas kecil mulai ujung kepala hingga ujung kaki. Namun wudhu juga memiliki tata cara beserta doa setelah wudhu yang perlu diketahui umat muslim.

Berdasarkan pengertiannya, wudhu dapat diartikan sebagai cara untuk menyucikan diri dari hadas kecil pada bagian tubuh tertentu menggunakan air. Kata wudhu berasal dari kata wadha'ah yakni berarti bagus dan indah. Wudhu dimaksudkan untuk membersihkan anggota tubuh tertentu dari hadas kecil sebelum menghadap Allah SWT melalui ibadah sholat.

Ini dimulai pada area mulut, hidung, wajah, tangan hingga sampai pada ujung kaki. Namun wudhu juga dapat dilaksanakan dengan menggunakan debu atau sering disebut dengan istilah tayamum apabila tidak ada air pada area terdekat.

Dalam hal ini wudhu termasuk syarat sah sholat yang wajib dikerjakan umat muslim. Sebab tanpa menjalankan wudhu, sholat bisa dianggap tidak sah. Sama seperti sholat, wudhu juga memiliki beragam rangkaian mulai dari niat, syarat, rukun wudhu, dan doa setelah wudhu.

Doa setelah wudhu penting kalian ketahui untuk menyempurnakan wudhu yang kalian lakukan. Adapun bacaan doa setelah wudhu lengkap beserta tata caranya dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini.

Halaman Selanjutnya Syarat Wudhu

(kpl/nlw)

Editor:   Nurul Wahida

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com