Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

E-Sports Dengan Hadiah Tournament Hingga Puluhan Juta Dollar! Berikut Fakta-Fakta Unik Game Paling Populer, 'Dota 2'

Editor KapanLagi.com | Selasa, 12 Oktober 2021 14:46 WIB
E-Sports Dengan Hadiah Tournament Hingga Puluhan Juta Dollar! Berikut Fakta-Fakta Unik Game Paling Populer, 'Dota 2'

Kapanlagi.com - Game merupakan bentuk hiburan yang bertujuan sebagai pelepas stress kita. Walaupun begitu, kompetisi di sebuah game sudah biasa terjadi dan bahkan merupakan suatu tujuan game tersebut dibuat. Kompetisi tersebut kemudian disalurkan melalui ajang turnamen yang disebut E-Sports.

E-Sports merupakan kompetisi game yang diselenggarakan oleh sebuah komite terkait dengan hadiah yang disediakan oleh komite tersebut. Hadiah tersebut kemudian ditambah dengan pemasukan dari berbagai sumber, misalnya pembelian barang in-game.

Turnamen Dota 2, The International merupakan turnamen tahunan yang paling mewah dengan hadiah total paling besar dalam sejarah E-Sports­. Dengan hadiah turnamen yang begitu besar, tentu terdapat fans yang setia dengan game tersebut. Berikut fakta-fakta unik dari game yang berusia lebih dari 10 tahun ini.

 

 

1. Dota 2 Merupakan Sebuah Adaptasi Dari Game Lain

Gambar

Pada umumnya, game memiliki banyak versi hasil buatan fans game tersebut. Versi-versi tersebut biasa disebut mods, singkatan dari modification atau modifikasi. Hal ini sengaja ada agar pemain dapat memilih pengalamn bermain yang bervarisai agar tidak gampang bosan dengan game tersebut.

Game Dota 2 merupakan sebuah karya yang dibuat dengan menggunakan game lain sebagai model dasar dari karakter, dunia, serta suara di permainan tersebut. Namun demikian, Dota 2 tetap merupakan karya pemikiran orang-orang hebat yang memodifikasi game dasar menjadi lebih kompleks dan menarik.

2. Pengembang Game Yang Identitasnya Misterius

Gambar

Developer atau pengembang suatu game yang begitu popular sudah pasti memiliki popularitas yang sepadan dengan karyanya. Namun developer game Dota 2 lebih memilih untuk menyembunyikan identitas aslinya.

Dengan nama publik IceFrog, pengembang Dota 2 terus mengamati perkembangan gamenya di balik layar. Identitas misterius IceFrog terus berlansung hingga sekarang terus menjadi suatu daya tarik tersendiri untuk game Dota 2.

3. Turnamen E-Sports Dengan Hadiah Terbesar

Gambar

Dota 2 memiliki turnamen tahunan dengan total hadiah yang sangat besar dan dari tahun ke tahun terus bertambah. Hadiah tersebut berasal dari pemain di seluruh dunia melalui transaksi di dalam game, misalnya pembelian konten tambahan atau in-game item.

The International merupakan sebutan dari turnamen yang paling bergengsi di Dota 2 yang sudah diselenggarakan sebanyak 8 kali dengan hadiah yang terus memecahkan rekor tiap tahunnya. Tahun 2019 merupakan waktu yang mana The International memecahkan rekor sebagai turnamen E-Sports dengan hadiah paling besar, yaitu $34 juta USD yang langsung di pecahkan oleh rekor tahun ini yang mencapai $40 juta USD.

Ditulis oleh: Rifki Muhammad Shofwani

(kpl/mag)

Editor:   Editor KapanLagi.com

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com