ADVERTORIAL

Evolusi Kamera Handphone dari VGA ke 108MP, Kamu Sudah di Level yang Mana?

Wuri Anggarini| Jum'at, 03 April 2020 11:37 WIB
Wuri Anggarini | Jum'at, 03 April 2020 11:37

Kapanlagi.com - Ngaku aja deh, teknologi kamera seringnya jadi pertimbangan utama sebelum membeli smartphone baru. Nggak bisa dipungkiri memang, jepretan kamera yang mumpuni jadi salah satu hal yang mendukung eksisnya kaum kekinian. Biar bisa upload story paling keren dari mana saja dan kapan saja, bahkan saat sedang menjalani masa-masa Work From Home seperti beberapa minggu terakhir.

Tapi, tahu nggak sih kalau sebelum jadi secanggih sekarang ini, teknologi kamera pada handphone mengalami proses perkembangan teknologi secara bertahap, hingga menghabiskan waktu lebih dari dua dekade untuk bisa bikin kamu menikmati kecanggihannya seperti sekarang ini. Yuk, flashback evolusi kamera handphone dari masa ke masa dulu, kamu sekarang sudah ada di level yang mana nih?

1 Dari 5 Halaman

1. Era Kamera VGA, Detail Blur Kualitas Seadanya

Era Kamera VGA, Detail Blur Kualitas Seadanya (c) Shutterstock
Buat yang pernah mencicipi kamera handphone di akhir tahun 90an dan awal 2000an, pasti sudah nggak asing lagi dengan istilah kamera VGA. Di masa itu, kualitas yang ditawarkan jelas seadanya dengan detail gambar yang bisa dibilang blur. Namun, kamera VGA bisa dibilang sebagai gebrakan baru dalam teknologi handphone, di mana satu per satu vendor berlomba mengeluarkan kamera  handphone VGA dengan berbagai model untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
2 dari 5 halaman

2. Berkembang Menjadi 0,11MP

Beberapa tahun setelah era VGA booming, teknologi kembali berkembang. Selanjutnya, salah satu vendor membuat gebrakan dengan menghadirkan ponsel dengan resolusi kamera 0,11MP. Ponsel ini disebut sebagai yang pertama di dunia dengan fitur kamera terintegrasi.
3 dari 5 halaman

3. Tren Berlanjut, Muncul Kamera 1,3MP

Tren kamera ponsel terus berlanjut. Tepatnya di tahun 2004, salah satu vendor asal Amerika Serikat memproduksi ponsel yang mengusung kamera 1,3MP. Ponsel ini dinilai mulai memiliki kualitas yang membaik karena sudah mampu menangkap gambar dengan resolusi 1280x960 piksel. Selain itu, ada sudah ada tombol kamera khusus dan setting kamera layak yang menampilkan beragam opsi pengambilan foto.
4 dari 5 halaman

4. Standar Kamera Baru: 5MP

Standar Kamera Baru: 5MP (c) Shutterstock
Beranjak ke tahun 2006, ponsel dengan resolusi kamera 5MP menjadi standar baru dalam era tersebut. Satu per satu vendor mulai menyematkan produknya dengan kualitas tersebut. Di masa ini, kamera 5MP sudah mampu menangkap grafis dengan baik, bahkan memiliki kemampuan merekam video dengan kecepatan 30 frame per detik. Standar kamera ponsel 5MP ini berhasil bertahan selama beberapa tahun.
5 dari 5 halaman

5. Zaman Terus Berubah, Resolusi Kamera Semakin Besar Hingga 108MP

Zaman Terus Berubah, Resolusi Kamera Semakin Besar Hingga 108MP (c) Shutterstock
Sejak kehadiran kamera ponsel dengan resolusi 5MP, para vendor pun mulai berlomba memunculkan teknologi kamera baru yang lebih canggih. Mulai dari 8MP, 12MP, hingga puluhan megapixel disematkan sebagai standar baru teknologi kamera canggih smartphone. Mobile photography pun jadi sesuatu yang nggak bisa dipandang sebelah mata, mengingat kualitas gambar yang dihasilkan setara dengan kamera profesional atau DSLR.

Terbaru, kualitas kamera smartphone saat ini sudah mencapai resolusi 108MP dengan resolusi sangat besar dengan detail dan warna yang tersaturisasi dengan baik seperti yang hadir dalam OPPO Reno3. Teknologi canggih Ultra Clear 108MP Image merupakan inovasi baru yang dihadirkan OPPO Reno3 untuk menangkap berbagai momen, baik itu wajah, landscape, bahkan tulisan sekecil apapun.

Bagi pecinta selfie, nggak perlu cemas hasil selfie jadi blur saat kondisi minim cahaya. Pasalnya OPPO Reno3 dibekali dengan  kamera depan 44MP lengkap dengan fitur Ultra Night Selfie untuk menghasilkan foto selfie jernih sepanjang hari. Dijamin nggak bakal ada satu pun momen yang terlewat, bahkan ketika ingin mengabadikan obyek yang jauh atau berada di ketinggian. Fitur 5x Hybrid Zoom yang dimiliki smartphone ini mampu mendekatkanmu kepada obyek yang jauh sekalipun. Hasilnya tetap sempurna karena kemampuan zoomnya mencapai 20x digital zoom.

(c) Instagram/oppoindonesia(c) Instagram/oppoindonesia

 

Buat  yang suka dengan macro photography, kamu juga bakal dimanjakan dengan fitur Super Macro 3cm untuk menghasilkan foto yang sangat dekat dengan detail yang tinggi. Kerennya lagi, OPPO Reno3 membuka sejarah baru dalam mobile photography lewat hasil jepretan OPPO Reno3 yang sangat besar dipasang di gedung Veteran RI.

Tertarik buat ikutan upgrade kamera smartphone kamu dan merasakan sendiri evolusi kamera 108MP dari OPPO Reno3? Rasakan evolusi terbaru smartphone dengan memiliki OPPO Reno3 sekarang juga yang bisa didapat dengan harga Rp 5.499.000. Menariknya, ada penawaran menarik buat kamu khusus untuk pembelian bundling OPPO Reno3 dan Enco Free, kamu berhak memperoleh tambahan diskon sebesar Rp 300.000. Jangan sampai kehabisan, info lebih lanjut klik di sini.

(adv/wri)

Editor:  

Wuri Anggarini

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com