Facebook, Instagram, dan WhatsApp Down Selama 6 Jam, Jadi Insiden Terparah Sejak Tahun 2019

Selasa, 05 Oktober 2021 08:55 WIB
Facebook, Instagram, dan WhatsApp Down Selama 6 Jam, Jadi Insiden Terparah Sejak Tahun 2019

Kapanlagi.com - Pengguna Facebook, Instagram, dan WhatsApp dibuat resah pada Senin (4/10/2021) malam lantaran ketiga layanan tersebut mengalami down. Dimulai sejak pukul 23.06 WIB, pihak Facebook membutuhkan waktu hingga enam jam untuk memperbaiki seluruh layanannya sehingga bisa kembali online sekitar pukul 05.00 WIB keesokan harinya, Selasa (5/10/2021).

Dikatakan bahwa insiden ini merupakan pemadaman terparah sejak tahun 2019 silam, di mana situs Facebook sempat offline selama lebih dari 24 jam. Tentunya insiden ini memberikan dampak yang cukup signifikan pada usaha kecil dan para kreator yang bergantung pada layanan ini dalam mendapatkan penghasilan.

Di dalam Facebook sendiri, dikatakan bahwa pemadaman telah merusak hampir semua sistem internal yang digunakan karyawan untuk berkomunikasi dan bekerja. Melansir dari The Verge, beberapa karyawan terpaksa berkomunikasi melalui akun email Outlook yang disediakan untuk pekerjaan, meskipun mereka tidak dapat menerima email dari alamat eksternal. Karyawan yang sudah masuk ke alat kerja seperti Google Documents dan Zoom sebelum pemadaman masih dapat menggunakannya, tetapi karyawan yang perlu masuk dengan email kerja terblokir.

1. Bukan yang Pertama di Tahun 2021

Insiden ini bukan kali pertama Facebook, Instagram, dan WhatsApp tumbang di tahun 2021. Beberapa bulan lalu, tepatnya pada Maret 2021, kejadian serupa juga pernah terjadi hingga membuat banyak warganet mengeluh.

Pada saat itu, tak hanya Facebook, Instagram, dan WhatsApp saja yang down, tapi juga aplikasi chatting Messenger. Layanan-layanan tersebut tidak bisa di-refresh dan pengguna tidak bisa mengunggah postingan apa pun.

Berbeda dari insiden pada 4 hingga 5 Oktober 2021 yang dirasakan oleh pengguna di hampir semua negara di dunia, tumbangnya layanan pada bulan Maret hanya terjadi di Eropa, Australia, Asia, Afrika, dan Asia Tenggara.

2. Banjir Keluhan Pengguna

Sama seperti sebelum-sebelumnya, insiden kali ini juga menuai ribuan laporan dari pengguna Facebook, Instagram, dan juga WhatApp. Melansir dari Liputan6.com, tim Tekno Liputan6.com memantau ada sekitar 60 ribu pengguna yang melaporkan Facebook bermasalah dan 54 ribuan pengguna mengeluhkan WhatsApp down.

Di sisi lain, ada sekitar 1.691 laporan untuk Instagram dan 2.984 laporan masuk terkait masalah Facebook Messenger. Keluhan ini pun ramai diutarakan di Twitter hingga menjadi salah satu topik yang trending baik di Indonesia maupun dunia pada Senin (4/10/2021) malam.

Ada lebih dari 800 ribu cuitan yang mengeluhkan WhatsApp down. Ditambah lagi, tagar #Instagramdown juga diramaikan hingga lebih dari 50 ribu kali oleh para warganet.

(kpl/rsp)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com