Fakta Unik 3 Kue Tradisional yang Punya Nama dengan Unsur Kota di Indonesia

Wuri Anggarini | Senin, 04 Oktober 2021 08:11 WIB
Fakta Unik 3 Kue Tradisional yang Punya Nama dengan Unsur Kota di Indonesia

Kapanlagi.com - Tren makanan kekinian memang banyak bermunculan. Setelah demam croffle dari Korea yang bikin para foodies rela berburu demi bisa menikmati kelezatannya, sekarang ada lagi kreasi waffle yang dibuat dari paha ayam. Banyaknya tren makanan yang bermunculan memang jadi kabar bahagia buat para foodies agar mereka bisa memanjakan lidah.

Namun, nggak hanya kuliner kekinian saja lho yang punya sisi keunikan tersendiri. Kue tradisional di Indonesia juga punya sisi unik bahkan cita rasa yang nggak lekang oleh waktu. Misalnya saja 3 kue tradisional yang dikenal dengan nama yang mengandung unsur kota di Indonesia. Yuk, bongkar fakta uniknya di sini!

Bika Ambon

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Meskipun punya unsur 'Ambon' dalam namanya yang mirip dengan nama ibu kota Maluku, tapi Bika Ambon sebenarnya berasal dari Medan, lho. Kue dengan ciri khas teksturnya yang lembut dan berongga ini bahkan sudah jadi salah satu ikon kuliner khas Medan yang banyak diburu sebagai oleh-oleh saat traveling ke kota tersebut.

Nama Bika Ambon memang punya sejarah tersendiri. Dilansir dari pariwisata.pemkomedan.go.id, bika adalah kue khas Melayu yang dikenal dengan nama Bingka. Kue ini kemudian dimodifikasi agar berbeda dengan kue Bingka tersebut.

Selain itu, ada juga yang menyebutkan bahwa nama Bika Ambon ini mengarah pada tempat pertama kalinya kue tersebut dibuat, yaitu Jalan Ambon yang ada di Medan. Kata 'ambon' sendiri dalam bahasa Medan artinya lembut.

Sosis Solo

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Sesuai namanya, kuliner ini berasal dari Solo yang pertama kali muncul di era kolonial. Bentuknya memang nggak seperti sosis pada umumnya yaitu daging cincang yang dibalut dengan lembaran lemak. Sosis solo justru punya bentuk yang mirip dengan risol.

Ternyata ada sejarah unik yang mengiringi kehadiran sosis solo di tanah air. Sosis solo merupakan salah satu kuliner akulturasi seni dapur Eropa dan Solo. Bahan pembuatnya yaitu daging sapi giling yang dibungkus dengan telur dadar sangat tipis. Butuh keterampilan khusus untuk membuat kuliner yang satu ini karena kulit sosis solo yang sangat tipis akan dengan mudah sobek jika tidak diolah dengan hati-hati.

Lapis Surabaya

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Sampai saat ini, nggak ada bukti yang menunjukkan kalau Lapis Surabaya adalah kue tradisional yang berasal dari kota pahlawan. Kalau mengintip sejarahnya, Lapis Surabaya merupakan kuliner warisan Hindia Belanda. Lapis surabaya dikenal dengan nama spekkoek yang kemudian berkembang dengan cita rasa sesuai dengan lidah orang Indonesia. Lapis surabaya kini berkembang menjadi oleh-oleh khas kota dengan ikon Suro dan Boyo tersebut. Bahkan, banyak seller yang mengembangkannya dengan lebih kekinian.

Itu tadi beberapa fakta unik tentang kue yang mengandung unsur nama kota di Indonesia. Ternyata, nggak semua nama kota mencerminkan daerah asal mereka! Mana nih jajanan tradisional yang paling jadi favoritmu, KLovers?

Jangan hanya ditahan, saatnya pre order berbagai kuliner tradisional hingga kekinian yang jadi favoritmu hanya di . Platform kuliner yang satu ini merupakan bagian dari KapanLagi Youniverse (KLY) sebagai Digital Media Network yang juga menaungi Liputan6.com, Merdeka.com, KapanLagi.com, Dream.co.id, Brilio.id, Fimela.com, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com. Platform ini memudahkan para pecinta kuliner dalam melakukan pre order menu favorit dari berbagai penjuru nusantara.

Dilengkapi dengan tombol pemesanan yang praktis, tinggal klik saja lalu kamu akan terhubung ke nomor WhatsApp sang seller langsung. Transaksi dilakukan di luar platform yang pastimya bebas ribet dan praktis banget. Kepoin sekarang menu manis dan sedap yang bisa kamu pre order langsung di ManisdanSedap.com.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

(kpl/wri)

Editor :   Wuri Anggarini

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com