Gabut Arti Sebenarnya Adalah 'Gaji Buta', Ini Penjelasannya dalam Singkatan Gaul Kekinian

Editor KapanLagi.com | Minggu, 17 Oktober 2021 10:22 WIB
Gabut Arti Sebenarnya Adalah 'Gaji Buta', Ini Penjelasannya dalam Singkatan Gaul Kekinian

Kapanlagi.com - Istilah gabut termasuk salah satu bahasa gaul kekinian di kalangan anak muda. Gabut arti sebenarnya adalah Gaji Buta yakni saat seseorang merasa bingung dan bosan karena tidak melakukan kegiatan atau pekerjaan apapun.

Sebelum istilah gabut populer, kalian tentu pernah mendengar bahasa gaul bete atau boring. Ya, bahasa gaul ini digunakan untuk menyebut keadaan saat kalian merasa bosan dengan situasi. Namun berbeda dengan kata gaul bete atau boring, arti gabut dalam singkatan gaul kekinian kerap digunakan dalam percakapan ala anak muda zaman now.

Gabut arti sebenarnya berasal dari singkatan Gaji Buta. Namun singkatan tersebut hanyalah sebuah istilah. Sebab gabut arti dalam singkatan gaul yakni keadaan ketika kalian tidak melakukan aktivitas apapun sehingga merasa bingung ingin melakukan suatu kegiatan.

Berikut penjelasan selengkapnya tentang arti gabut. Sebab gabut arti sebenarnya adalah gaji buta yang kini digunakan sebagai singkatan gaul kekinian di kalangan anak muda. Ini arti gabut telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Pengertian Gabut

Kebanyakan singkatan gaul kekinian memang berasal dari dua kata ataupun berbahasa Inggris. Nah, telah disinggung pada ulasan sebelumnya gabut arti sebenarnya adalah gaji buta. Sedangkan gaji buta sendiri bermakna ketika seseorang tidak melakukan pekerjaan apapun namun tetap mendapatkan upah atau gaji.

Namun dalam singkatan gaul kekinian zaman now, arti gabut digunakan untuk menunjukkan kondisi saat seseorang tidak melakukan aktivitas apapun dan bingung mau melakukan suatu kegiatan. Akhirnya mereka justru dilanda kegabutan. Arti gabut memang sedikit mirip dengan boring atau bosan, hanya saja kalau gabut kalian benar-benar tak melakukan pekerjaan apapun dalam satu waktu. Itulah tentang gabut arti sebenarnya adalah gaji buta yang kini populer digunakan sebagai singkatan dan bahasa gaul ala anak zaman now.

2. Tips Mengatasi Gabut

Setelah tahu arti gabut yang sebenarnya, tidak ada salahnya buat kalian juga mengetahui tips mengatasi gabut. Apalagi buat kalian yang tengah gabut namun justru mager (malas gerak) tentu perlu tahu tips mengatasi gabut.

Tips mengatasi gabut sebenarnya sangat mudah. Namun, tips mengatasi gabut juga bisa kalian sesuaikan dengan minat dan hobi yang bikin perasaanmu jadi happy. Sebagai inspirasi dan referensi berikut tips mengatasi gabut dengan mudah yang mungkin dapat kalian praktikkan.

- Mengasah kemampuan di satu bidang sesuai minat dan bakat kalian. Misalnya saja bikin konten kreatif, menulis, ataupun melukis.

- Lakukan hobi yang bikin perasaanmu jadi lebih tenang dan happy.

- Lakukan kegiatan positif seperti mengikuti pelatihan, workshop, seminar, ataupun kegiatan bermanfaat lainnya. Selain menambah ilmu pengetahuan tentu bisa membantumu mengatasi rasa gabut.

- Coba untuk melakukan perawatan diri seperti facial, manicure pedicure, ataupun perawatan rambut.

- Lakukan kegiatan menyenangkan seperti membaca, menonton film, ataupun mendengarkan musik.

- Berolahraga untuk mengatasi rasa gabut. Selain menyehatkan olahraga juga bisa menjaga pikiran kalian tetap baik.

- Membersihkan rumah untuk mengatasi rasa gabut yang melanda.

- Memasak resep makanan baru bisa jadi pilihan mengatasi gabut. Cara ini bahkan bisa jadi ladang bisnis buat kalian yang hobi memasak resep.

3. Penyebab Rasa Gabut

Ada beberapa penyebab rasa gabut dapat muncul. Rasa gabut sebenarnya memang hampir mirip dengan bete atau boring, penyebab gabut juga bisa terjadi karena hal tersebut. Nah, umumnya ada beberapa penyebab rasa gabut ataupun bosan bisa kalian rasakan. Berikut penyebab rasa gabut yang bisa muncul setiap saat dilansir dari merdeka.com.

- Hilangnya minat melakukan sesuatu sehingga tidak ada pemicu atau tantangan baru lagi.

- Mudah merasa bosan karena pekerjaan yang monoton.

- Cenderung ingin menemukan kegiatan baru untuk mengatasi rasa bosan dan gabut.

- Berkurangnya kesadaran emosional dalam diri sehingga memicu kebosanan.

- Merasa kurang bergerak bebas sehingga memicu rasa bosan.

- Pengaruh budaya dan lingkungan.

Itu adalah penyebab rasa gabut yang mungkin saja bisa terjadi. Meski begitu setiap orang juga bisa mengalami rasa gabut dengan penyebab mereka masing-masing.

4. Istilah-Istilah Gaul Kekinian Lainnya

Setelah memahami arti gabut, cara mengatasi gabut serta penyebab gabut, ada juga istilah gaul kekinian zaman sekarang ala anak muda. Istilah gaul ini kerap muncul di sosial media serta percakapan sehari-hari. Langsung saja simak referensi istilah gaul kekinian lainnya selain kata gabut.

1. Mager: Malas gerak.

2. FYI: For Your Information (Informasi untukmu)

3. Kepo: Knowing Every Particular Object atau rasa ingin selalu tahu.

4. Modus: Modal Dusta

5. Halu: Sama dengan halusinasi

6. Gercep: Gerak Cepat.

7. LOL: Laugh Out Loud (Tertawa terbahak-bahak)

8. PHP: Pemberi Harapan Palsu.

9. Pansos: Panjat Sosial.

10. Ngab: Bang.

11. BTW: By The Way (Ngomong-ngomong)

12. Kuy: Yuk.

13. OOTD: Outfit of The Day (Busana yang dikenakan hari ini)

14. Woles: Selow atau Santai.

15. Baper: Bawa perasaan.

16. Caper: Cari Perhatian.

17. OOT: Out of Topic (Tidak sesuai topik yang dibicarakan)

Itulah penjelasan tentang gabut. Di mana gabut arti sebenarnya adalah gaji buta. Semoga dengan ulasan di atas dapat membantumu mengetahui makna dari istilah gaul kekinian.

(kpl/gen/nlw)

Editor:   Nurul Wahida

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com