Gaji buat Self Reward, Yes or No? Pahami Triknya Biar Nggak Bikin Kantong Jebol

Wuri Anggarini | Rabu, 24 November 2021 10:00 WIB
Gaji buat Self Reward, Yes or No? Pahami Triknya Biar Nggak Bikin Kantong Jebol

Kapanlagi.com - Setelah bekerja keras sebulan penuh, bahkan sampai lembur-lembur kurang tidur, hari gajian pasti sudah jadi momen yang dinantikan. Melihat saldo rekening kembali terisi artinya juga mengucapkan selamat tinggal pada hidup irit dan harus menahan berbagai keinginan saat akhir bulan tiba.

Jangan lupa berikan self-reward untuk diri sendiri sebagai bentuk apresiasi karena sudah bekerja keras. Gaji buat self-reward memang sah saja kok, tapi nggak dikit-dikit mengeluarkan duit dengan alasan self-reward yang bikin pengeluaran jadi nggak terkendali. Biar finansial tetap aman, coba patuhi rules ini biar nggak kebablasan.

Tentukan Budgetnya

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Wajar banget kalau ingin memanjakan diri setelah bekerja keras selama satu bulan penuh. Tapi, langkah awal yang perlu dilakukan agar keuangan tetap terkendali adalah dengan menentukan berapa besarnya self-reward yang bisa kamu gunakan setiap bulannya.

Pastikan selalu berpatok pada budget tersebut agar kondisi keuangan tetap aman. Jika sudah mengetahui berapa budget yang bisa digunakan dari gajian, baru deh kamu bisa menentukan self-reward seperti apa yang kamu butuhkan dan bisa masuk di budget. Misalnya, untuk perawatan diri di salon, staycation, atau cara memanjakan diri lainnya.

Pastikan Tidak Mengganggu Pengeluaran Rutin dan Tabungan

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Biar self-reward tetap terasa membahagiakan, pastikan hal yang satu ini jangan sampai mengganggu pengeluaran rutin, tabungan, hingga dana darurat yang seharusnya dialokasikan. Niat untuk memanjakan diri ini sebaiknya jangan sampai bikin kamu pusing sendiri karena jatah untuk pengeluaran rutin yang terpakai.

Supaya lebih aman, pastikan sudah mengalokasikan berbagai pengeluaran untuk kebutuhan bulanan. Jangan lupa pindahkan tabungan dan dana darurat ke rekening lain agar lebih aman. Biar #BebasDrama dari telat bayar tagihan, manfaatkan saja fitur Subscription dari DANA.

Berbekal fitur ini, kamu bisa menyalakan reminder untuk bayar tagihan setiap bulannya. Di sini kamu bisa mengatur pengingat untuk pembayaran tagihan listrik, air, internet, asuransi, dan masih banyak lagi. Nggak ada lagi tagihan yang telat, kamu pun bisa mulai mengatur self-reward yang ingin diwujudkan.

Kalau Ingin Sesuatu yang Besar, Nabung Dulu Aja

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Terkadang ada masanya kamu ingin memberikan apresiasi istimewa untuk diri sendiri. Misalnya ingin mengganti handphone lama yang sudah lemot atau nggak mendapatkan update Operating System lagi, beli perhiasan untuk mempercantik diri sekaligus investasi, atau beli tas branded yang lagi hype.

Boleh saja kok mewujudkan keinginan dengan budget besar semacam itu. Tapi, biar keuangan lebih stabil dan terkendali, nabung dulu aja! Yup, self-reward nggak harus diberikan saat itu juga. Jadi, nggak ada salahnya menabung selama beberapa bulan demi menjaga keuangan tetap aman.

Misalnya saat ingin punya smartphone keluaran terbaru, kamu bisa menabung selama 3 bulan dengan bantuan fitur DANA Goals demi self-reward yang #BebasDrama. Tinggal buka aplikasi DANA, tap Me, lalu masuk menu DANA Goals. Klik Create Goal, pilih Goal Type, tentukan Goal Name, dan masukkan jumlah uang yang ingin kamu simpan untuk memenuhi self-reward kamu. Gampang banget kan?

Yuk, saatnya Bebas Drama wujudkan self-reward impian bersama aplikasi DANA. Download & pakai aplikasinya sekarang!

(kpl/wri)

Editor :   Wuri Anggarini

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com