Game Monopoly Tak Lagi Pakai Uang Kertas, Pemain Tak Lagi Bisa Curang Ambil Lebih

Mahardi Eka Putra | Senin, 08 Juli 2019 15:26 WIB
Mahardi Eka Putra | Senin, 08 Juli 2019 15:26

Kapanlagi.com - Ucapkan selamat tinggal pada uang kertas Monopoly. Board game populer satu ini tidak lagi menggunakan uang kertas sebagai alat tukar dalam permainannya. Di Amerika Serikat sendiri, Monopoly sudah memperkenalkan kartu debit sebagai pengganti uang kertas dengan kartu debit sejak 2016. Konsep seperti ini sudah diterapkan dalam seri Monopoly Ultimate Banking.

Pihak Hasbro menilai bahwa Monopoly perlu menyesuaikan diri, terutama untuk terus menarik perhatian para pemain muda. Dalam seri yang satu ini, setiap pemain akan mendapat kartu kredit. Nantinya kartu tersebut akan di-scan setiap kali pemain membelanjakan atau menerima sejumlah uang dari bank.

Bahkan dalam setiap kartu properti dan kartu komunitasnya juga akan menyertakan barcode yang tinggal di-scan setiap kali terjadi transaksi. Reaksi yang didapat dari perubahan ini pun beragam. Ada yang merasa bahwa perubahan ini makin membuat generasi muda tak lagi mengenal uang kas.

"Sementara aku setuju saja dengan penggunaan kartu kredit dalam game ini, aku merasa bahwa proses menghitung uang kas adalah pembelajaran yang apik untuk generasi muda," ujar Rebecca Dube, editor rubrik parenting dalam USA Today saat ini. Bahkan reaksi lucu pun bermunculan di internet yang menyebut bahwa pemain tak bisa lagi curang dengan mengambil uang berlebih ketika bermain.

1 Dari 2 Halaman

1. Sudah Tersedia di Indonesia

Sudah Tersedia di Indonesia Foto: https://twitter.com/oedit/status/1147442708677455872?s=19
Monopoly dengan konsep baru ini sudah bisa dibeli di Indonesia. Salah satu pengguna Twitter, Cuddle Angel Ewita (@oedit) membagi pengalamannya memainkan Monopoly dengan kartu kredit, alih-alih uang kertas. 

"Baru kali ini main Monopoli tapi ga ada duit duitan fisiknya, pakenya kartu debit cuyy," tulisnya sembari memegang token beserta kartu kreditnya. 

 

2 dari 2 halaman

2. Bahkan Kini Ada yang Hanya Pakai Sensor Suara

Bahkan Kini Ada yang Hanya Pakai Sensor Suara
Di 2019 ini bahkan Monopoly mengeluarkan alat baru berupa topi dengan sensor suara sebagai moderator transaksi dalam permainan. 

"Selamat datang miliuner masa depan. Tekan tombol token anda untuk ikut serta dalam permainan dan saya akan mengirim USD 1.500 pada rekening anda," ujar ala tersebut ketika permainan akan dimulai. 

(kpl/dka)


Editor:  

Mahardi Eka Putra

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com