Gempa Berkekuatan Magnitudo 7,1 Guncang Fukushima - Jepang, Dipastikan Tak Berpotensi Tsunami

Editor KapanLagi.com | Minggu, 14 Februari 2021 13:32 WIB
Gempa Berkekuatan Magnitudo 7,1 Guncang Fukushima - Jepang, Dipastikan Tak Berpotensi Tsunami

Kapanlagi.com - Gempa terjadi di Fukushima - Jepang pada Sabtu (13/2). Dilansir dari Liputan6.com, otoritas Jepang menyatakan gempa tersebut berkekuatan magnitudo 7.1. Lebih lanjut, DW.com mengungkap, pusat gempa berada di lepas pantai prefektur Fukushima pada kedalaman 60 kilometer (36 mil).

Pihak Badan Meteorologi Jepang menerangkan gempa ini tidak berpotensi tsunami. "Tidak ada informasi tentang kerusakan atau korban jiwa, dan tidak ada bahaya tsunami," kata pihak berwenang pada DW.com.

1. Masyarakat Mengevakuasi Diri

Walaupun tidak ada potensi tsunami, masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir diimbau untuk segera mengevakuasi diri ke lokasi yang lebih tinggi. Pasalnya, dikhawatirkan gempa susulan akan terjadi.

Gara-gara gempa ini, listrik padam terjadi di beberapa daerah Fukushima, Miyagi, Iwate, dan Tochigi, yang berdampak pada 800 ribu rumah. Menurut Liputan6.com, Perdana Menteri Yoshihide Suga segera menginstruksikan badan-badan pemerintah untuk memantau kerusakan, mengevakuasi korban.

2. Dirasakan di Tokyo

Gempa, yang juga dirasakan di Tokyo (dalam skala 4), terjadi pada pukul 23.08 waktu setempat. Guncangan lebih besar dirasakan di dekat episentrum, yakni di Miyagi, Nakadori, dan Hamadori di wilayah pesisir di Fukushima (skala 6).

3. Tak Ada Korban WNI

Dalam menanggapi gempa yang terjadi di Fukushima, Kementerian Luar Negeri RI menyampaikan tidak adanya korban WNI (Warga Negara Indonesia) dalam bencana tersebut.

Dalam pernyataan tertulis KBRI Tokyo di laman Kemlu.go.id pada Minggu (14/2/2021), disampaikan bahwa "KBRI Tokyo telah menjangkau simpul- simpul masyarakat dan sejauh ini tidak terdapat laporan WNI yang menjadi korban."

(kpl/tdr)

Editor:   Tantri Dwi Rahmawati

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com