Google Adsense Adalah Layanan Iklan di Internet yang Bisa Jadi Sumber Penghasilan, Ketahui Cara Mengaktifkannya

Editor KapanLagi.com | Jum'at, 03 September 2021 14:44 WIB
Google Adsense Adalah Layanan Iklan di Internet yang Bisa Jadi Sumber Penghasilan, Ketahui Cara Mengaktifkannya

Kapanlagi.com - Di era digital seperti saat ini, internet bisa jadi satu peluang bagi seseorang untuk mengembangkan bisnis dan mendapat penghasilan lebih. Salah satu caranya bisa dilakukan dengan mengaktifkan google adsense. Secara umum, pengertian google adsense adalah layanan periklanan berbasis website. Dengan memanfaatkan layanan ini, usaha yang dijalankan bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

Belakangan istilah google adsense semakin populer di kalangan masyarakat. Hal ini dipicu semakin banyaknya orang yang memanfaatkan internet dalam berbisnis, seperti dengan menjadi youtuber, blogger, hingga menjual produk secara online. Keuntungan dari google adsense tak saja dirasakan oleh pengiklan. Setiap pihak yang memiliki platform aktif di internet bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan penghasilan.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang google adsense serta cara mengaktifkannya, simak ulasan berikut yang telah kapanlagi.com rangkum dari liputan6.com.

 

1. Pengertian Google Adsense Adalah

Saat ini google adsense menjadi salah satu layanan periklanan paling populer di internet. Sesuai dengan namanya, penyedia sekaligus ppengembang layanan google adsense adalah Google Incorporation. Karena itu, layanan ini mempunyai jangkauan yang sangat luas, bahkan bisa mencapai lebih dari 10 juta situs pengguna.

Google adsense memberikan fasilitas atau layanan pada setiap orang yang menjalankan website atau blog, sehingga dapat memasang iklan di tampilan web atau blog mereka. Dalam hal ini, iklan dapat berupa teks, gambar dan video yang terpampang di suatu blog atau web.

2. Sistem Kerja Google Adsense

Sistem kerja google adsense adalah dengan memanfaatkan cache dari browser pengguna. Dengan demikian, google dapat mengetahui, apa sedang pengguna butuhkan. Sehingga, iklan yang terpampang juga akan relevan karena sesuai kebutuhan. Singkatnya, ketika ada pengunjung blog atau web yang mengklik iklan tersebut, maka pemilik web atau blog akan mendapatkan penghasilan tambahan.

3. Keuntungan dari Google Adsense

Bukan tanpa alasan, mengapa google adsense saat ini begitu digemari dan banyak dimanfaatkan. Pasalnya, layanan iklan dari salah satu perusahaan teknologi terbesar ini memang menawarkan banyak sekali keuntungan. Adapun beberapa keuntungan dari google adsense adalah sebagai berikut.

1) Iklan yang Relevan

Iklan dalam google adsense dapat disesuaikan dengan konten dalam web atau blog. Sehingga, kemunculan iklan tidak akan terlalu mengganggu fokus.

2) Menyediakan Format Iklan yang Bervariasi

Sebagaimana yang di singgung sebelumnya, google adsense menyediakan beberapa format iklan, di antaranya teks, gambar, iklan HTML, iklan video, dan banyak lagi.

3) Bentuk Iklan Dapat Disesuaikan

Tak saja punya beragam format, google adsense juga menawarkan iklan yang dapat disesuaikan ukuran, bentuk, dan latar belakang maupun bordernya.

4) Bisa Jadi Sumber Penghasilan Tambahan

Seperti yang disinggung sebelumnya, keuntungan google adsense tak saja didapat oleh pihak pengiklan, melainkan juga untuk pemilik blog atau web. Karenanya keuntungan utama dari Google AdSense adalah bayaran yang nantinya pengguna terima bisa jadi sumber penghasilan tambahan.

5) Tersedia Data Statistik

Google Adsense menyediakan statistik dan analisis lengkap pengunjung dan penghasilan website. Lewat fitur ini, pengguna bisa melihat jumlah klik, penghasilan setiap klik dan total penghasilan, popularitas website, dan popularitas dari suatu halaman web.

6) Relatif Aman Karena Transparan

Google bertindak sebagai perantara antara kedua sisi dan memperhatikan seluruh proses yang transparan. Artinya, setiap metrik yang diperlukan dapat dilacak dalam akun Google Analytics.

4. Cara Mengaktifkan Google Adsense untuk Web Atau Blog

Setelah mengetahui apa itu google adsense, lantas bagaimana cara mendapatkan keuntungan-keuntungan dari google adsense? Untuk bisa menikmati keuntungan dari google adsense, pertama-tama kalian harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Adapun beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mengaktifkan google adsense adalah sebagai berikut.

1) Buka browser lalu akses https://www.google.com/adsense/start.

2) Klik pilihan "Daftar Sekarang".

3) Setelah itu masukkan url web atau blog yang ingin dipasangi iklan. Perhatikan lebih lanjut cara dalam memasukkan URL. (Jika situs kalian berada di salah satu situs partner host Google (seperti Blogger atau YouTube, dan sejenisnya), kalian bisa menyelesaikan langkah-langkah tersebut cukup dengan mengklik "Lanjutkan di...", setelah memasukkan URL. Dengan demikian, selanjutnya pihak google akan menyiapkan akun kalian, karena situs partner host menggunakan proses pembuatan akun yang berbeda.)

4) Masukkan alamat email.

5) Pilih apakah kalian ingin AdSense mengirimkan rekomendasi performa dan bantuan yang disesuaikan. (Sebagai saran, sebaiknya kalian memilih "Ya agar kami dapat membantu Anda memaksimalkan AdSense", "Kamu dapat mengubah setelan kontak nanti".)

6) Klik "Simpan dan lanjutkan".

7) Login dengan Akun Google.

8) Pilih negara atau wilayah.

9) Tinjau dan setujui Persyaratan dan Ketentuan AdSense.

10) Klik "Buat akun".

Itulah di antaranya ulasan tentang google adsense adalah layanan iklan dari google untuk web atau blog. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan!

(kpl/psp)

Editor:   Puput Saputro

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com