Gunung Panderman Kebakaran Hutan, Petugas Utamakan Evakuasi Pendaki

Rahmi Safitri | Senin, 22 Juli 2019 10:40 WIB
Rahmi Safitri | Senin, 22 Juli 2019 10:40

Kapanlagi.com - Kebakaran hutan terjadi di kawasan lereng Gunung Panderman, Kota Batu, Jawa Timur. Api menyala di tengah kegelapan terlihat dari kejauhan sejak Minggu (21/7) malam.

Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu menyampaikan, sejak semalam personil gabungan sudah berkoordinasi di titik kumpul Toyomerto Desa Pesanggrahan. Semua bergerak menuju lokasi dengan mengutamakan penyelamatan para pendaki.

"Penanganan kebakaran hutan dan lahan hari sementara diutamakan evakuasi pendaki yang berada di Gunung Panderman," kata Achmad Choirur Rochiim, Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Senin (22/7).

1 Dari 3 Halaman

1. Kebakaran Sejak Pukul 19.35 WIB

Kata Rochim, kebakaran terjadi di petak 227 dan kebakaran terpantau sejak pukul 19.45 WIB dan terus merembet. Api dapat terlihat oleh masyarakat dari pantauan di posko di Kota Batu dan titik yang lain.

Personel gabungan terdiri dari unsur BPBD, Perhutani, Polres, TNI, LMDH, PMI, Brantas Rescue, Ormas, Relawan saat ini mulai dikerahkan untuk melakukan operasi pemadaman.

"Selanjutnya penanganan dilakukan pemantauan dan antisipasi api agar tidak sampai ke perumahan warga," terangnya.

2 dari 3 halaman

2. Usaha Petugas Agar Api Tidak Meluas

Pemadaman diutamakan hutan produksi, karena menghindari hasil getah pinus yang mudah terbakar. Petugas akan membuat sekat pembatas agar api tidak meluas.

"Akses dan perizinan pendakian Gunung Panderman dan Gunung Buthak mulai hari ini ditutup sampai waktu yang belum ditentukan," terangnya.

Tim Gabungan sudah berkumpul di Pos Pendakian Gunung Panderman untuk selanjutnya dikerahkan menuju titik api. Semalam sudah dilakukan penyiapan logistik, peralatan dan pengecekan kesiapan personil.

 

3 dari 3 halaman

3. Dua Pendaki Selamat

Sementara itu info terbaru menyebutkan kalau dua pendaki semalam di Gunung Panderman berhasil turun dengan selamat. Kabar ini membuat banyak orang merasa lega.

Tunggu informasi selanjutnya yang ingin tahu soal ini. Terutama yang berencana untuk hiking ke sana.

(kpl/dar/pit)


Reporter:  

Darmadi Sasongko

Join Kapanlagi.com