Fakta-Fakta Tersembunyi Dari Kematian Abdullah, Raja Arab Saudi

Arai Amelya | Sabtu, 24 Januari 2015 11:18 WIB
Arai Amelya | Sabtu, 24 Januari 2015 11:18
Kapanlagi.com - Jumat (23/1) dini hari kemarin Kerajaan sekaligus penduduk Arab Saudi tengah dilanda duka. Raja mereka yakni Abdullah bin Abdul Aziz disebutkan telah meninggal dunia. Berita ini tentu saja membuat seluruh dunia turut memberikan ungkapan sedih mereka. Abdullah sendiri dikenal sebagai salah satu tokoh berpengaruh di kawasan Timur Tengah dan dunia.

Lewat kekuasaannya, Abdullah yang naik tahta pada 1 Agustus 2005 silam ini mengeluarkan beberapa keputusan yang menimbulkan pro-kontra. Namun lepas dari itu semua, Abdullah mampu memberikan pengaruh yang membuat dunia internasional sangat menghormati dirinya.

Kini Abdullah telah meninggalkan dunia dengan berbagai warisannya. Namun tak semua hal dari Abdullah diungkapkan publik. Dilansir The Guardian, berikut beberapa di antaranya fakta tersembunyi mengenai sang Raja yang harus kamu ketahui.

1 Dari 6 Halaman

1. Karena Infeksi Paru

Karena Infeksi Paru via Guardian
Raja Abdullah bin Abdulaziz terlahir pada 1 Agustus 1924 dan meninggal di usia yang ke-91 tahun. Kematian putra dari Raja Abdulaziz (Ibnu Saud) ini disebabkan oleh radang paru-paru (Pneumonia) yang dalam beberapa kasus memang kerap menyerang orang-orang yang tinggal di iklim setengah-gurun. Abdullah sudah dirawat di rumah sakit semenjak 31 Desember 2014 lalu.

Tiga minggu berada dalam perawatan intensif, kondisi Abdullah semakin memburuk. Hingga akhirnya raja bergelar Penjaga Dua Masjid Suci ini menghembuskan nafas terakhirnya pada Jumat (23/1) dini hari pukul 01.00. Kabar kematian Abdullah pertama kali disebutkan oleh TV Arab Saudi yang kemudian memutarkan ayat-ayat Alquran seperti lazimnya jika ada seorang Raja Arab Saudi yang meninggal dunia.
2 dari 6 halaman

2. Penggantinya Juga Sakit?

Penggantinya Juga Sakit? via Guardian
Abdullah menjabat sebagai Raja Arab Saudi selama hampir 10 tahun lamanya. Abdullah naik tahta setelah saudara tirinya Fahd bin Abdulaziz Al Saud terkena stroke dan meninggal dunia pada 1 Agustus 2005. Kini dengan kematian Abdullah, maka Salman ibnu Abdulaziz Al Saud naik tahta sebagai Raja terbaru. Salman menjabat sebagai Menteri Pertahanan sejak tahun 2011 dan pernah jadi Gubernur Provinsi Riyadh dari 1963-2011.

Salman ialah saudara tiri Abdullah tetapi saudara kandung Raja Fahd. Namun pengangkatan pria berusia 79 tahun diikuti oleh desas-desus bahwa dia merupakan penderita penyakit Demensia (pikun parah) dan Parkinson, meskipun pemerintah Arab Saudi membantahnya. Dengan naiknya Putra Mahkota Salman sebagai Raja, maka saudara tiri mendiang Raja Abdullah yakni Moqrin bin Abdulaziz naik sebagai Putra Mahkota yang baru.
3 dari 6 halaman

3. Yordania Berkabung 40 Hari

Yordania Berkabung 40 Hari via Guardian
Selama hidupnya, Raja Abdullah memang begitu disegani. Pria penganut Islam Sunni ini bahkan ada di posisi ke-8 sebagai Orang Paling Berpengaruh di Dunia. Tak heran kalau ucapan duka pun mengalir dari berbagai tokoh di seluruh dunia. Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga mengucapkan duka melalui akun Twitternya.

Lalu juga Presiden Amerika Serikat, Barack Obama yang turut berbelasungkawa. Mayoritas mereka memuji sosok Abdullah dalam pengaruhnya di dunia Islam dan dunia. Bahkan Yordania sampai mengumumkan hari berkabung nasional selama 40 hari atas kematian Abdullah. Lalu Universitas Al-Azhar di Mesir sebagai institusi pendidikan Islam Sunni terbesar di dunia turut mengucapkan duka.
4 dari 6 halaman

4. Kepala Negara Terkaya

Kepala Negara Terkaya via Guardian
Selain menjadi salah satu orang paling berpengaruh di dunia, Abdullah juga menjadi kepala negara terkaya di dunia. Disebutkan Abdullah mempunyai kekayaan pribadi menyentuh USD 20 miliar (Rp 250 triliunan), seperti dilansir CBS News. Dengan uang sebanyak itu, Abdullah mungkin bisa membeli beberapa provinsi di Indonesia. Namun dirinya menggunakan harta dan keuangan untuk memerangi terorisme.

Dalam berbagai kebijakan dan pandangannya, Abdullah bahkan sangat gencar memerangi Al-Qaeda, kelompok ekstrimis yang membuat dunia global memandang Islam dengan negatif. Abdullah sendiri punya impian untuk memodernkan Kerajaan Muslim.
5 dari 6 halaman

5. Ogah Disebut \'Yang Mulia\'

Ogah Disebut \'Yang Mulia\' via Guardian
Salah satu hal yang unik dari Abdullah adalah bagaimana dirinya tampak begitu bersahaja. Raja keenam di Kerajaan Arab Saudi ini memang sering menghabiskan waktu bersama suku Badui Arab semenjak muda. Ketika dirinya diangkat menjadi Raja sepuluh tahun lalu, Abdullah rupanya ogah disebut Yang Mulia dan tak mau tangannya dicium oleh rakyat, seperti dilansir New York Times.

Beberapa kebijakan Abdullah pun mendapat sorotan dari dunia global. Seperti memotong tunjangan sekitar 7.000 Pangeran dan Putri Arab Saudi demi kesejahteraan rakyat. Pria yang dikenal alim dan taat beragama ini juga melarang perempuan Muslim di Arab Saudi menyetir kendaraan karena dianggap sesuai dengan dalil agama Islam. Abdullah pun sukses menahan gejolak Revolusi Arab tahun 2011 silam.
6 dari 6 halaman

6. Punya 7 Istri dan 22 Anak

Punya 7 Istri dan 22 Anak via Guardian
Dengan kekayaan lebih dari Rp 250 triliun yang dia miliki itu, tentu banyak dari kamu yang penasaran mau ke manakah larinya? Tenang saja, karena itu semua akan digunakan oleh keluarga besar mendiang Raja Abdullah. Karena Abdullah meninggalkan tujuh orang istri, 22 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 15 anak perempuan!

Istri pertama Abdullah adalah Alanoud Al Fayez dan beberapa di antara lainnya ialah Jawahir binti Ali Hussein, Aida Fustuq, Munira Al Otaishan, Munira binti Abdullah Al Al-Shaykh, Tathi binti Mishan al Faisal al Jarba. Anak lelaki tertua Abdullah, Pangeran Khaled menjadi Wakil Komandan Tentara Nasional Arab Saudi. Lalu salah satu anak perempuannya, Putri Adila adalah sosok panutan kaum hawa di Arab Saudi yang menjadi pengacara dan selalu memperjuangkan hak perempuan.

(gua/aia)


Editor:  

Arai Amelya

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com