Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Haul ke-84 WR Supratman Sang Pencipta Lagu Indonesia Raya, Bertepatan Dengan HUT RI ke-77

Rabu, 17 Agustus 2022 23:46 WIB
Haul ke-84 WR Supratman Sang Pencipta Lagu Indonesia Raya, Bertepatan Dengan HUT RI ke-77

Kapanlagi.com - Tepat di HUT RI ke-77, ketua umum Yayasan Wage Rudolf Supratman, Buddy Harry bersama masyarakat berziarah ke makam WR Supratman di Surabaya, Jawa Timur. Pencipta lagu Indonesia Raya ini meninggal pada 17 Agustus 1938 atau tepat hari ini 84 tahun yang lalu.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan kepada kaum milenial agar tetap konsisten serta mempertahankan marwah perjuangan sang maestro yang kala itu menciptakan sebuah mahakarya yang abadi kecintaannya kepada bangsa Indonesia. Indonesia Raya akan tetap menggelora di Tanah Air tercinta ini bersama lagu-lagu perjuangan lainnya.

Credit: sindonews.comCredit: sindonews.com

Pada tempat terpisah, Sekretaris Jendral Yayasan WR Supratman Angga Satria melalui akun Instagram pribadinya pribadinya mengutip secuil kisah WR Soepratman yang dimakamkan di Kota Surabaya. Surabaya dijuluki sebagai kota pahlawan dan hanya satu-satunya kota di dunia yang dijuluki heroes city.

Meski haul ke-84 ini diadakan dengan kesederhanaan yang ada, namun harapannya generasi muda dapat tetap konsisten menyerap kembali nilai-nilai luhur Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Pada momen Sumpah Pemuda inilah pertama kali lagu Indonesia Raya dikumandangkan.

1. Meninggal di Usia Relatif Muda

Gambar

Sebagai informasi, Wage Rudolf Supratman yang lahir pada 19 Maret 1903 meninggal pada usia 35 tahun atau tepat pada 17 Agustus 1938. 84 tahun setelah kematian pria yang juga bekerja jadi guru dan wartawan ini, sekelompok generasi penerus berusaha menapaktilasi perjuangan sang komponis.

Setelah Indonesia merdeka, lagu Indonesia Raya akhirnya ditetapkan sebagai lagu kebangsaan, manifestasi dari persatuan bangsa. Faktanya, sang pencipta lagu itu, Wage Rudolf Supratman, tidak sempat menikmati hidup dalam suasana kemerdekaan.

(kpl/ums)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com