Heboh, Tepi Pantai Ini Bakal Bersinar Biru Jika Musim Panas lho!

Lusi Vita | Sabtu, 27 Juni 2015 07:18 WIB
Heboh, Tepi Pantai Ini Bakal Bersinar Biru Jika Musim Panas lho!
Kapanlagi.com - Bagi penggemar jalan-jalan wisata ke luar negeri, tampaknya Jepang bisa jadi salah satu destinasi yang asik dan dijamin nggak bakal rugi bila ada kesempatan buat berkunjung ke sana. Selain menawarkan pemandangan alam, wisata budaya, ragam fashion dan suasana kota yang menarik, Jepang juga punya pantai yang tepiannya bisa bersinar biru setiap malam di musim panas.

Yap, setiap satu tahun sekali tepatnya pada bulan Maret hingga Juni di Pantai Toyama sepanjang 14 km dari tepiannya bakal bersinar biru terang. Dimana, fenomena ini murni dari alam bukan buatan manusia. Kerlap-kerlip biru yang mewarnai air laut setiap malam memang seperti kunang-kunang yang bisa berenang.

Tapi, apakah kalian tahu? Ternyata penyebabnya adalah cumi-cumi bersinar yang tadinya hidup di bawah permukaan air laut sedalam 365 meter ini terbawa arus dan ombak. Sehingga, di sepanjang musim tersebut hewan bertubuh lunak ini selalu mewarnai permukaan lautan, seperti dilansir Odditycentral.

Pantai Toyama di Jepang bakal bersinar seperti ini setiap musim panas ©OdditycentralPantai Toyama di Jepang bakal bersinar seperti ini setiap musim panas ©Odditycentral

Hewan laut yang biasa disebut dengan Glowing Firefly Squids ini memiliki ukuran tubuh yang kurang dari satu meter atau tepatnya sekitar 0,7 meter. Sedangkan, warna biru terang yang memantul dari dalam air ini sebenarnya berasal dari tubuh cumi-cumi tersebut yang memang punya kelebihan memiliki organ cahaya berwarna biru.

Dimana, organ cahaya ini biasanya mengelilingi matanya dan seluruh tentakelnya yang akhirnya menghasilkan reaksi kimia sehingga membuat binatang itu memberi pantulan sinar alias gemerlap seperti lampu-lampu kecil di permukaan laut atau di bibir pantai. Wah, keren sekali ya jika dibayangkan.

Dengan potensi yang dimiliki oleh salah satu pantai terindah di Jepang ini, dijadikan alat untuk memancing wisatawan asing. Hingga dibuatkan khusus trip petualangan menggunakan kapal dini hari untuk berlayar sepanjang 1 hingga 2 kilometer untuk melihat pemandangan yang jauh lebih baik dari tepi pantai. Penasaran? Apa kalian juga ingin mengunjungi pantai ini? (odd/vit)

Editor :  

Lusi Vita

Join Kapanlagi.com