ADVERTORIAL

Highlight Kemeriahan Virtual Expo Lokal Keren Jatim Road to BRILIANPRENEUR 2021, Banyak Pencapaian yang Bikin Bangga

Wuri Anggarini | Selasa, 21 September 2021 15:50 WIB
Highlight Kemeriahan Virtual Expo Lokal Keren Jatim Road to BRILIANPRENEUR 2021, Banyak Pencapaian yang Bikin Bangga

Kapanlagi.com - Mendukung kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia memang nggak cukup hanya dengan kata-kata. Salah satu pembuktian paling ampuh adalah dengan setia berbelanja produk UMKM lokal buatan dalam negeri yang ternyata sangat penting dalam upaya pemulihan ekonomi di masa pandemi seperti sekarang ini. Coba ngaku dulu, barang terakhir yang kamu check out di e-commerce apakah berasal dari karya dalam negeri?

Pemerintah dan berbagai pihak juga terus melakukan sosialisasi dan aksi nyata untuk bangkitkan UMKM Indonesia. Salah satunya lewat gerakan Lokal Keren Jatim Road to BRILIANPRENEUR 2021 yang digelar oleh BRI. Sukses digelar sebulan penuh yaitu mulai 1-31 Agustus 2021, ada beragam pencapaian luar biasa yang bikin bangga dari virtual event yang satu ini. Intip kembali highlightnya, yuk!

251 UMKM Terpilih, Wujud Nyata Dukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia

For your information, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dengan judul Lokal Keren Jatim Road to BRILIANPRENEUR 2021 ini adalah wujud kepedulian terhadap UMKM yang diinisiasi oleh Presiden Republik Indonesia lewat Kemenko Maritim dan Investasi bersama Kementerian BUMN. Pemerintah lewat Kementerian BUMN kemudian menunjuk BRI sebagai penyelenggara dengan berkolaborasi bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan menggandeng 2 top brand lain, yaitu Jaya Board dan Wingsfood.

Total ada 251 UMKM Jawa Timur yang terpilih mengikuti event ini dan mendapat kesempatan untuk turut serta dalam virtual expo lewat situs lokalkerenjatim.id, di mana acara tersebut memberikan kesempatan untuk memperkenalkan produk mereka secara lebih luas lagi, baik di dalam maupun luar negeri.

Dari Opening Ceremony hingga Podcast Inspiratif

Credit: Instagram/bankbri_idCredit: Instagram/bankbri_id

Selama sebulan penuh, Lokal Keren Jatim Road to BRILIANPRENEUR 2021 menghadirkan rangkaian event yang menghibur dan inspiratif. Dimulai dari Opening Ceremony super meriah yang ikut dihadiri Menteri Koordinator Kemaritiman & Investasi, Luhut B. Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, Menteri BUMN, Erick Thohir, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa serta Direktur Utama BRI, Sunarso. Opening ceremony berlangsung makin meriah karena menghadirkan live perform dari Padi Reborn.

Selanjutnya masih ada rangkaian acara inspiratif lainnya, seperti lelang kolaborasi UMKM dengan desainer ternama. Seluruh hasil lelang dari kegiatan ini disumbangkan kepada Dekranasda Jawa Timur untuk memajukan UMKM lokal di Jawa Timur.

Nggak hanya itu, selama sebulan penuh gelaran virtual ini berlangsung ada juga 10 episode podcast ditambah satu episode podcast spesial yang menarik dan inspiratif yang menghadirkan para speakers ternama di bidangnya dengan total viewer youtube lebih dari 60 ribu. Sebut saja podcast episode pertama yang menyajikan tema Berburu Makanan Enak Jawa Timuran yang menghadirkan F&B Practitioner Putri Habibie dan Food Vlogger Farida Nurhan.

Selanjutnya ada inspirasi Cara Cantik dengan Produk Lokal yang menghadirkan obrolan bersama Linda Wan, Founder Heslin Beauty dan Selly Sherwin yang dikenal sebagai beauty influencer.

Tema lain yang nggak kalah menarik juga ada, seperti Fesyen Lokal Tampil Fenomenal yang membawa obrolan bersama Warisatul Hasanah, Founder Al Warits Batik Aromatherapy bersama Clarissa Ivenna yang populer sebagai content creator dan entrepreneur.

Pencapaian Lain yang Nggak Kalah Membanggakan

Credit: Instagram/bankbri_idCredit: Instagram/bankbri_id

Banyak pencapaian lain yang berhasil dicapai dari perhelatan virtual Lokal Keren Jatim Road to BRILianpreneur yang berlangsung sepanjang bulan Agustus 2021 lalu. Mengusung misi untuk memajukan UMKM Indonesia khususnya yang ada di Jawa Timur, virtual expo yang digelar mampu meraih sales volume sebesar Rp 11,2 miliar yang artinya berhasil menembus dari target sebelumnya yaitu Rp 10 miliar.

Selain itu, lewat event ini BRI juga memberikan banyak insight baru untuk pelaku UMKM lewat berbagai kegiatan, seperti business matching, 3D virtual showcase, on boarding UMKM di marketplace, dan masih banyak lagi. Khusus business matching, sepanjang Lokal Keren Jatim berlangsung para UMKM berhasil meraih total sales contract sebesar Rp 4,9 miliar baik dari buyer lokal maupun buyer luar negeri (ekspor). Pencapaian ini melebihi target transaksi business matching yang dibuat sebelumnya yaitu Rp 2,5 miliar. Setiap program yang disiarkan secara streaming pun menjangkau masyarakat secara lebih luas. Hal ini dibuktikan lewat total viewers hingga lebih dari 600ribu.

Lebih jauh lagi, gelaran Lokal Keren Jatim Road to BRILIANPRENEUR 2021 yang sukses diselenggarakan ini telah memberikan banyak dampak positif untuk masyarakat, khususnya UMKM yang ada di Jawa Timur. UMKM tetap bisa mempertahankan dan membuktikan kualitas produk unggulannya lewat kurasi ketat dari pihak penyelenggara. Selain itu, banyak ilmu yang bisa dipetik dari para pelaku UMKM lewat business matching hingga podcast yang dihadirkan. Mereka pun bisa terus melakukan promosi secara online lewat marketplace.

Selain membawa dampak positif untuk UMKM, masyarakat juga bisa merasakan keuntungan berbelanja di Lokal Keren Jatim Road to BRILIANPRENEUR 2021 dengan adanya berbagai promo dari BRI. Seru banget!

Sederet pencapaian yang berhasil diraih Lokal Keren Jatim Road to BRILIANPRENEUR 2021 terbukti bikin bangga kan! Bukan hanya lewat event-event yang digelar oleh pemerintah saja, sekarang saatnya kamu juga berpartisipasi memajukan produk UMKM nasional dengan dukung terus Bangga Buatan Indonesia ya, KLovers!

(kpl/wri)

Editor :   Wuri Anggarini

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com