Hotman Paris 'Damaikan' Tuntutan Garuda pada Youtuber Rius Vernandes

Rezka Aulia | Jum'at, 19 Juli 2019 12:10 WIB
Rezka Aulia | Jum'at, 19 Juli 2019 12:10

Kapanlagi.com - Perselisihan youtuber Rius Vernandes dan maskapai Garuda Indonesia akhirnya usai sudah. Rius yang dituntut oleh Serikat Karyawan Garuda Indonesia (Sekarga) atas tuduhan pencemaran nama baik Perseroan. Kedua pihak ini sepakat untuk berdamai dan menggugurkan tuntutan hukum yang tengah berlangsung.

Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea terlibat dalam perdamaian ini. Semula ia diminta untuk menjadi kuasa hukum salah satu pihak. Namun ia memutuskan untuk menjadi mediator alias juru damai kedua pihak.

"Hotman diminta Garuda jadi kuasa hukum tapi Hotman memilih jadi mediator dan akhirnya damai dengan Rius (terlapor) dan Garuda (pelapor)," tulis Hotman dalam video yang ia unggah (19/7).

1 Dari 3 Halaman

1. Perdamaian Dihadiri Dirut Garuda

Perdamaian Dihadiri Dirut Garuda © Liputan6.com
Proses damai ini dihadiri langsung oleh Ari Askhara selaku Direktur Utama Garuda Indonesia. Ari memastikan serikat pekerja benar-benar mencabut tuntutan hukum atas Rius.

"Saya kira cukup ramai pemberitaan. Hari ini, pagi ini kita mencapai kesepakatan menyelesaikan kekeluargaan untuk sama-sama menjaga Garuda sebagai aset bangsa. Ke depan kami punya komitmen yang sama menjaga kelangsung Garuda Indonesia sendiri," ujarnya di Jakarta, Jumat (19/7).

Hotman selaku moderator pun memberi pernyataan resminya. "Pelaku dan terlapor setuju mencabut dan tidak akan melanjutkan lagi perkara ini. Tidak akan melanjutkan lagi pernyataan di media massa," tegas Hotman.

2 dari 3 halaman

2. Kronologi Kasus

Kronologi Kasus © youtube/Rius Vernandes
Rius Vernandes merupakan youtuber dengan 500 ribu subscriber yang kerap melakukan review pelayanan maskapai kenamaan. Dalam penerbangan dari Sydney menuju Denpasar bersama Garuda di kelas bisnis, Rius disodori kartu menu yang ditulis tangan. Pengalaman ini ia unggah ke insta-story dan langsung menjadi viral.

Sekarga menilai tindakan Rius ini akan berdampak pada reputasi perusahaan. Unggahn Rius bisa memberi dampak negatif dan merugikan perusahaan tempat para karyawan mencari nafkah. Kini setelah perdamaian disepakati, pihak Sekarga memastikan akan mencabut tuntutan hukum yang berjalan.

3 dari 3 halaman

3. Larangan Mengambil Gambar di Pesawat

Kasus yang menimpa Rius ini viral dan menjadi pembicaraan banyak pihak. Garuda sempat menerbitkan larangan pengambilan gambar dan video dalam penerbangan. Larangan ini pun langsung direspon negatif para netizen, banyak yang menilai pelarangan ini tak efektif dan tidak berdasar.

Tak lama setelah larangan ini menjadi kontroversi, Garuda kembali mencabut larangan mereka. M. Ikhsan Rosan selalu Corporate Secretary Garuda menyatakan penumpang boleh mengambil gambar di dalam kabin pesawat.

"Selama memperhatikan dan tidak mengganggu kenyamanan dan privasi penumpang lainnya". jelas dia dalam keterangan tertulis, Rabu (17/7/2019).

Sumber: Liputan6/Bawono Yadika/Septian Deny 

(kpl/lip/rna)


Editor:  

Rezka Aulia

Join Kapanlagi.com