7 Langkah Agar Tidak Tertular Virus Corona Covid-19, Perlu Diketahui

Galuh Esti Nugraini| Selasa, 24 Maret 2020 20:55 WIB
Galuh Esti Nugraini | Selasa, 24 Maret 2020 20:55

Kapanlagi.com - Saat ini virus corona telah mewabah hingga ke Indonesia, banyak sekali masyarakat Indonesia yang tertular oleh wabah ini. Beberapa daerah sudah memberikan larangan keluar rumah dan beraktivitas.

Banyak sekolah yang telah diliburkan untuk menghentikan penyebaran virus corona. Beberapa kantor swasta dan pemerintah telah memberikan perintah untuk bekerja dari rumah.

Di situasi yang sekarang ini, banyak masyarakat yang berusaha untuk menjaga semaksimal mungkin tubuh mereka agar terjauh dari virus corona. Walaupun begitu, karena tingkat penyebarannya yang cepat, banyak juga yang akhirnya tertular virus corona ini.

Untuk itu, kapanlagi akan memberikan kalian beberapa tips, bagaimana langkah agar kita tidak tertular virus corona dengan baik. Dikutip dari berbagai sumber, inilah 7 langkah agar kita tidak tertular virus corona.

1 Dari 7 Halaman

1. Mencuci Tangan dengan Baik Dan Benar

Mencuci Tangan dengan Baik Dan Benar (credit: WHO)
Mencuci tangan adalah langkah pertama yang dapat kita lakukan untuk meminimalisir penyebaran virus corona. Mencuci tangan dengan baik dan benar dapat menghilangkan kuman-kuman yang ada di tangan kita.

Menurut WHO (World Health Organization), mencuci tangan yang baik dan benar dilakukan dengan 11 langkah. Bila kita melakukannya dengan benar, maka itu merupakan langkah agar kita tidak tertular virus corona.

Lama mencuci tangan yang baik adalah 20-30 detik. Menurut UNICEF, memperhitungkan apakah kita sudah mencuci tangan selama 20-30 detik dengan cara menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun sebanyak 2 kali.

2 dari 7 halaman

2. Menggunakan Masker

Menggunakan Masker (Credit : Pixabay)
Langkah agar kita tidak tertular virus corona selanjutnya yaitu, menggunakan masker. Saat ini penting untuk bepergian kemanapun menggunakan masker.

Masker salah satu benda penting yang harus kita gunakan selama wabah virus corona berlangsung. Karena kita tidak mengetahui, mana saja yang tertular atau tidak oleh virus corona.

Menurut WHO, bila kita merasa batuk atau bersin-bersin, maka gunakan masker untuk menghindari orang lain tertular dengan kita yang telah memiliki gejala-gejala virus corona atau virus lainnya.

Penggunaan masker juga harus di gunakan bersama dengan pembersih tangan seperti sabun atau hand sanitizer. Karena walaupun tangan kita telah mengenakan masker, tetapi kita tidak membersihkan tangan kita menggunakan sabun atau hand sanitizer, maka akan percuma saja.

Penggunaan masker dilakukan untuk melindungi kita dari paparan bersin atau batuk seseorang. Bagi kita yang telah terinveksi atau memiliki gejala-gejala virus corona, maka penggunaan masker dilakukan untuk mengurangi penularan. 

3 dari 7 halaman

3. Selalu Sedia Hand Sanitizer

Selalu Sedia Hand Sanitizer (Credit : Pixabay)
Penggunaan hand sanitizer merupakan langkah agar kita tidak tertular virus corona selanjutnya. Menggunakan hand sanitizer diperlukan saat kita berada di luar rumah, atau berada di tempat yang dikunjungi banyak orang. Kita membutuhkan Hand Sanitizer, untuk mengurangi penyebaran virus corona melalui sentuhan terhadap benda-benda sekitar.

Penyebaran virus corona bukan hanya melalui cairan yang keluar melalui bersin atau batuk. Tapi juga melalui benda benda sekitar yang telah terpapar. Untuk menghindari hal tersebut, penggunaan Hand Sanitizer sangatlah penting bagi kita yang beraktivitas di luar.

4 dari 7 halaman

4. Menjaga Jarak (Social Distancing)

Menjaga Jarak (Social Distancing) (Credit : Pixabay)
Saat ini pemerintah Indonesia telah memberlakukan Social Distancing, atau menjaga jarak antar sekeliling. Cara ini dilakukan untuk langkah agar kita tidak tertular virus corona dan untuk mengurangi tingkat penyebaran virus corona.

Kita tidak dapat mengetahui, apakah kita sudah terkena virus corona ataukah belum, karena hal itu dapat terdeteksi setelah 2 minggu. Maka dari itu, saat kita berada di luar rumah dan berada di keramaian, melakukan social distancing adalah hal yang wajib kita lakukan dalam langkah agar kita tidak tertular virus corona.

Ukuran untuk menjaga jarak dengan seseorang sekitar 2 meter. Atau dapat kita lakukan dengan memanjangkan tangan kita ke depan untuk memberikan jarak dengan orang lain.

5 dari 7 halaman

5. Tidak Bepergian

Tidak Bepergian (Credit : Pixabay)
Bepergian ke tempat yang telah banyak memiliki pasien virus corona bukanlah hal yang bijak dilakukan. Karena itu dapat memungkinkan kita untuk terkena virus corona yang sedang mewabah.

Beberapa negara telah melakukan larangan bagi wisatawan asing yang akan datang untuk berlibur, termasuk Indonesia. Larangan ini dilakukan untuk mengurangi penyebaran virus melalui orang-orang yang datang atau pun yang tinggal.

Bagi kita yang akan melakukan perjalanan keluar kota, sebaiknya untuk ditunda, karena itu merupakan langkah agar kita tidak tertular virus corona. Lakukan kembali perjalanan kita untuk keluar kota saat situasi mulai membaik dan stabil.

6 dari 7 halaman

6. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Menjaga Daya Tahan Tubuh (Credit : Pixabay)
Menjaga daya tahan tubuh adalah hal yang penting yang dapat kita lakukan dalam melakukan langkah agar kita tidak tertular virus corona. Banyak cara untuk menjaga daya tahan tubuh kita tetap membaik.

Yaitu dengan cara memberikan asupan tubuh dengan sayuran dan buah-buahan. Kita juga dapat mengonsumsi vitamin agar daya tahan tubuh kita tetap stabil. Kita saat ini juga harus mengurangi pembelian makanan di luar.

Kita dapat memasak sendiri makanan yang akan kita makan. Akan lebih sehat dan higienis bila kita memasak makanan kita sendiri di rumah.

Kita juga dapat membuat minuman-minuman sehat seperti jamu dan ramuan lainnya yang alami untuk membuat tubuh kita tetap sehat. Karena tubuh yang kurang asupan makanan yang sehat dapat terserang penyakit dan juga virus corona yang sedang mewabah.

7 dari 7 halaman

7. Jaga Imunitas Tubuh Tetap Baik

Jaga Imunitas Tubuh Tetap Baik (Credit : Pixabay)
Dan ini adalah cara terakhir dalam langkah agar kita tidak tertular virus corona, yaitu menjaga imunitas tubuh. Imunitas atau sistem imun adalah kekebalan tubuh yang kita miliki. Setiap manusia memiliki sistem kekebalan tubuh yang berbeda-beda kadarnya.

Imunitas merupakan serangkaian sel-sel yang dapat memberikan kita sebuah pertahanan dalam diri dari pengaruh biologis luar. Pengaruh itu antara lain adalah virus corona.

Sistem imun yang baik, dapat menghancurkan pengaruh biologis dari luar dan memberikan diri dengan pertahanan agar tidak mudah terserang penyakit.

Banyak sekali cara untuk menaikkan sistem imun atau menjaga sistem imun kita tetap baik dan stabil. Yaitu dengan beberapa cara seperti, memberikan asupan yang baik bagi tubuh, tidur yang cukup dan tetap bahagia.

Kebahagiaan adalah kunci untuk menambah sistem imun dalam diri kita. Pikiran yang positif adalah kunci untuk selalu hidup bahagia dan tetap membuat sistem imun kita membaik.

Stress adalah cara untuk membuat sistem imun dalam diri kita akan terus menurun. Dan itu adalah hal yang tak baik kita lakukan, saat terjadi wabah virus corona.

Itulah 7 cara agar kita tidak tertular virus corona. Cara-cara diatas bila telah kita lakukan, maka sedikit kemungkinan untuk kita terkena paparan virus corona. Tetap waspada pada sekeliling, hidup sehat dengan mengonsumsi makanan baik dan tetap terus bahagia adalah kunci untuk tetap terus hidup sehat.

(kpl/dhm/gen)


Editor:  

Dhia Amira

Join Kapanlagi.com