Tata Cara Sholat Taubat, Lengkap Beserta Niatnya

Galuh Esti Nugraini| Kamis, 09 April 2020 19:22 WIB
Galuh Esti Nugraini | Kamis, 09 April 2020 19:22

Kapanlagi.com - Sholat taubat merupakan sholat sunnah dua rakaat yang dilakukan oleh seorang muslim yang ingin bertaubat dari kesalahan-kesalahan yang pernah mereka lakukan. Taubat merupakan sesuatu hal yang harus dilaksanakan dengan segera dan tidak untuk di tunda-tunda.

Selain melakukan tata cara sholat taubat, banyak hal yang dapat dilakukan untuk bertaubat di hadapan sang Ilahi. Seperti rajin melakukan sholat wajib, memohon ampunan dan tidak mengulangi kesalahan tersebut kembali.

Sholat taubat merupakan sholat yang mutlak, oleh karena itu dapat dilakukan kapan saja. Tetapi dalam melaksanakan tata cara sholat taubat ada waktu-waktu yang di haramkan untuk dilakukan. Hal tersebut merupakan peraturan dalam sholat sunnah mutlak, termasuk sholat taubat. Untuk itu, dilansir dari berbagai sumber, inilah tata cara sholat taubat beserta niatnya.

1 Dari 5 Halaman

1. Waktu Yang Baik

Waktu Yang Baik credit: Pixabay
Sholat taubat masuk dalam kategori sholat sunnah yang mutlak, yaitu dapat dilakukan pada waktu kapanpun. Tetapi tidak semua waktu dapat digunakan untuk melaksanakan sholat taubat. Dalam melaksanakan tata cara sholat taubat, ada beberapa waktu yang diharamkan oleh Allah SWT, antar lain yaitu:

Saat matahari terbit hingga naiknya matahari setinggi lembing, yaitu pada habis sholat subuh hingga matahari benar-benar selesai terbit yaitu saat masuk waktu untuk sholat sunnah dhuha.

Kedua, saat matahari tepat di puncaknya (zenith) hingga matahari mulai condong. Atau antara waktu sholat dzuhur yaitu pada pukul 11.30 hingga 12.00 WIB.

Dan terakhir yaitu sesudah ashar hingga matahari terbenam, yaitu ketika matahari terbenam hingga sempurna terbenamnya, antara pukul 17.30 hingga 18.00 WIB.

2 dari 5 halaman

2. Niat

Niat credit: Pixabay
Dalam tata cara sholat taubat, sebagaimana kita membacakan niat dengan mengucapkannya dalam hati, sama seperti saat kita membaca niat saat akan melaksanakan sholat wajib. Hal terpenting dalam membaca niat dalam tata cara sholat taubat adalah saat kita berniat sholat hanya untuk Allah SWT dan dilakukan dengan hati yang ikhlas.

Dan bacakan lah niat tersebut hanya untuk mendapatkan ridho dari sang ilahi, Allah SWT. Adapun niat sholat taubat sebagai berikut:

Usholli sunnatat taubati rok'ataini mustaqbilal qiblati lillahitaala.

Saya berniat salat sunah tobat dua raka'at dengan menghadap kiblat karena Allah SWT.

3 dari 5 halaman

3. Memulai Sholat

Memulai Sholat credit: Pixabay
Tata cara sholat taubat selanjutnya yaitu, setelah kita membaca niat maka kita dapat langsung melakukan sholat taubat seperti sholat pada umumnya. Adapun memulai sholat sebagai berikut:

- Pertama yang kita lakukan adalah melakukan gerakan takbirotul Ihram atau bertakbir untuk membuka awal sholat. Caranya yaitu dengan mengangkat kedua tangan dan mengarahkannya ke daun telinga.

- Kedua membaca doa istiftah atau iftitah untuk mengawali bacaan dari sholat taubat. Membaca doa iftitah hukumnya sunnah, kalian bisa melaksanakannya bisa juga tidak.

- Selanjutnya membacakan surat Al-fatihah dan surat-surat pendek yang ada pada Al-qur'an.

- Setelah itu kalian dapat melakukan rukuk dan membacakan doa rukuk sebanyak 3 kali.

- Lalu melakukan i'tidal dan membaca doa i'tidal.

- Kemudian sujud dan membaca doa sujud sebanyak 3 kali.

- Duduk di antara dua sujud dan membaca doanya.

- Sujud lagi untuk yang ke dua kalinya, serta lakukan bacaan doa sujud kembali sebanyak 3 kali.

- Setelah selesai rakaat pertama, lakukan lah kembali rakaat kedua dengan gerakan yang sama seperti kegiatan pertama. Caranya yaitu dengan di awali membaca surat Al-fatihah dan seterusnya.

- Setelah melakukan rakaat yang kedua, kalian bisa langsung lakukan tasyahud akhir dan salam untuk menutup sholat taubat.

Ini menyatakan bahwa kalian telah melakukan sholat taubat sebanyak dua rakaat. Kalian bisa melakukan lagi semampu kalian untuk melakukan sholat taubat tersebut.

4 dari 5 halaman

4. Doa dan Zikir

Doa dan Zikir credit: Pixabay
Setelah melakukan tata cara sholat taubat, kalian dapat berdoa kepada sang Ilahi dan meminta ampun atas kesalahan yang telah kalian lakukan. Berdoa lah dengan niat yang tulus dan ikhlas bahwa hal tersebut tidak akan terulang kembali. Bila terulang, maka Allah SWT belum menerima taubat kalian dengan sepenuhnya.

Setelah melakukan doa, kalian dapat berzikir untuk mengurangi dosa-dosa yang ada dalam diri. Zikir memiliki 3 jenis, antara lain yaitu:

- Zikir untuk mengingat Allah SWT seperti menyanjung dan memuji

- Kedua yaitu zikir untuk mengingat perintah, larangan dan hukuman yang Allah SWT berikan kepada semua umatnya.

- Dan terakhir yaitu zikir untuk mengingat nikmat dan kebaikan yang Allah SWT berikan kepada seluruh hambanya.

5 dari 5 halaman

5. Bacaan Zikir

Bacaan Zikir credit: Pixabay
Adapun bacaan-bacaan zikir yang dapat kita lakukan setelah sholat taubat antara lain,

Astagfirullahal ladzii laa ilaaha illaa huwal Hayyul qayyuumu wa atuubu ilaihi.

Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepadanya.

Subhaanalloohil 'azhiim.

Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya

Lakukanlah bacaan zikir di atas masing-masing 100 kali dengan meresapi artinya serta dengan hati yang setulus-tulusnya.

Demikianlah tata cara sholat taubat beserta niatnya, semoga dapat bermanfaat serta dapat segera dilaksanakan dengan niat yang sungguh sungguh dan hati yang tulus.

(kpl/dhm/gen)

Editor:  

Dhia Amira

 
Join Kapanlagi.com