Jadi Lambang Kejayaan Sejak Dulu, Sudah Tahu Fakta Unik Perhiasan Emas Berikut Ini?

Wuri Anggarini | Kamis, 20 Januari 2022 09:00 WIB
Jadi Lambang Kejayaan Sejak Dulu, Sudah Tahu Fakta Unik Perhiasan Emas Berikut Ini?

Kapanlagi.com - Ngobrolin soal emas memang selalu jadi topik yang menarik. Selain bisa menjadi koleksi perhiasan cantik, seperti cincin emas atau perhiasan emas wanita lainnya, logam mulia ini juga memiliki nilai investasi tinggi yang masih banyak diincar sampai sekarang.

Kalau menelusuri sejarahnya, ternyata popularitas emas sebagai logam mulia sudah dikenal sejak lama. Bahkan, emas juga menjadi simbol kejayaan dari masa ke masa. Selain itu, masih ada beberapa fakta unik lain tentang perhiasan emas yang mungkin belum banyak diketahui nih. Apa saja?

Emas Sudah Jadi Ornamen Sejak Zaman Mesir Kuno

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Memang belum ada catatan sejarah yang pasti tentang kapan pertama kali emas ditemukan. Namun, logam mulia ini sudah menjadi ornamen istana dan pakaian raja sejak zaman Mesir kuno. Selain itu, ditemukan juga jejak koin emas di zaman Mesir kuno, tepatnya pada tahun 3000 SM.

Selanjutnya, penemuan emas juga tercatat menjadi perhiasan yang ada di makam Raja Zer, yang menjadi dinasti kerajaan pertama di Mesir. Penemuan ini sekaligus menjadi bukti kalau emas sudah menjadi benda dengan nilai tinggi sejak ribuan tahun yang lalu.

Bongkahan Emas Terbesar di Dunia Ditemukan pada 1980

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Kalau selama ini hanya melihat emas yang dirancang sebagai model perhiasan emas terbaru dengan bentuk kecil dan elegan, ternyata bongkahan emas terbesar di dunia pernah ditemukan pada 1980, lho. Dengan bobot mencapai 27,2 kg, penemuan emas ini cukup menggegerkan dunia karena memiliki bentuk unik seperti tangan.

Bongkahan emas terbesar ini berhasil ditemukan oleh penambang amatir di Australia, yaitu sekitar daerah Wedderburn, Victoria. Emas terbesar ini kemudian diberi nama Hand of Faith yang kemudian dipamerkan di Golden Nugget Casino, Las Vegas, Amerika Serikat.

Emas Putih Sebenarnya Emas yang Berwarna Kuning

Credit: Instagram/franknco_idCredit: Instagram/franknco_id

Emas putih yang banyak dijumpai di toko perhiasan sebenarnya merupakan emas yang berwarna kuning. Perhiasan tersebut dibuat dari campuran nikel atau palladium, sehingga menghasilkan warna kuning pucat.

Lalu, bagaimana dengan warna putih cantik yang biasa menghiasi perhiasan kesayangan ya? Ternyata, warna ini muncul karena dilapisi dengan bahan rhodium putih. Seiring berjalannya waktu, warna putih ini bisa luntur dan menampilkan warna perhiasan yang sebenarnya. Tapi, kamu tetap bisa kembali memberikan lapisan rhodium pada gelang emas atau cincin emas wanita favorit.

Brankas Emas Terbesar di Dunia Terletak di Fort Knox

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Buat yang penasaran dengan tempat penyimpanan emas terbesar di dunia, jawabannya adalah Fort Knox. Tempat ini sebenarnya adalah basis militer Amerika Serikat di Kentucky, yang kemudian dimanfaatkan untuk menyimpan cadangan emasnya. Menurut kabar yang beredar, ada sekitar 2,3% emas yang pernah ditambang manusia tersimpan di tempat ini.

Transformasi Emas dalam Berbagai Desain Perhiasan Unik

Seiring zaman yang semakin modern, emas pun banyak dikreasikan menjadi ornamen dan perhiasan dengan berbagai desain unik. Salah satunya adalah yang dihadirkan lewat koleksi terbaru Frank Gold dari Frank & co. Lini perhiasan terbaru dari Frank & co. ini menghadirkan plain gold jewellery 18K berstandar SNI dengan desain unik khas Italia, terbuat dari material premium dan menggunakan teknologi paling canggih dari Italia.

Grande Ring Collection dari Frank Gold (c) Frank & co.Grande Ring Collection dari Frank Gold (c) Frank & co.

Ada 2 koleksi yang hadir dalam #FrankGold ini. Yang pertama adalah Grande Ring Collection, yaitu cincin emas dengan desain simpel, trendi, dan cocok digunakan sehari-hari. Sesuai namanya, cincin emas wanita ini berukuran besar yang dapat level up your look dengan cara yang unik dan tetap fashionable.

Geometric Collection dari Frank Gold (c) Frank & coGeometric Collection dari Frank Gold (c) Frank & co

Selanjutnya, ada Geometric Collection yang memberikan tampilan 3 in 1 saat menggunakannya. Berikan sedikit putaran, dengan angle yang berbeda kamu bisa menampilkan gaya cincin yang beda dan trendi. Dengan bentuknya yang unik, koleksi yang satu ini cocok menemani konsep stacked jewellery dan bisa digunakan untuk menemani daily outfit.

Selain cincin emas, ada juga koleksi bangle atau gelang emas dari Geometric Collection. Terdiri dari 5 desain unik dengan 3 warna cantik (yellow gold, rose gold dan white gold) dalam satu set nya, pastinya cocok banget menemani gaya sehari-hari yang makin stylish. Apalagi gelang emas ini juga cocok untuk di stacking dengan perhiasan lainnya.

Dengan mix and match outfit dan perhiasan emas dari #Franknco, kamu bisa menampilkan aura penuh pesona dalam gaya sehari-hari. Jangan lupa cek koleksi perhiasan wanita lainnya dari Frank & co. yang bisa menjadi ide hadiah unik atau kado untuk sahabat perempuan dengan mengunjungi website Frank & co. Follow juga Instagram @franknco_id biar nggak ketinggalan update koleksi lainnya!

(kpl/wri)

Editor :   Wuri Anggarini

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com