Jadwal Libur Imlek Sudah Tersedia, Yuk Kunjungi Destinasi Wisata Ini

Iwan Tantomi| Jum'at, 24 Januari 2020 07:00 WIB
Jadwal Libur Imlek Sudah Tersedia, Yuk Kunjungi Destinasi Wisata Ini

Kapanlagi.com - Bahagia itu sederhana kok, sesederhana waktu melihat tanggal merah di kalender awal tahun. Bagi jiwa-jiwa yang masih belum bisa move on dari suasana libur panjang akhir tahun kemarin, perayaan Imlek yang jatuh pada 25 Januari 2020 pasti jadi oase menyegarkan. Sudah siap merencanakan traveling lagi? Yuk, saatnya intip perayaan imlek unik di kota-kota berikut ini!

Semarang

©Shutterstock

Belum pernah merasakan kemeriahan Imlek di Semarang? Kalau gitu jangan lewatkan tahun ini deh! Semarang selalu punya konsep perayaan Imlek yang unik tiap tahunnya yang digelar di Pasar Semawis. Pasar yang digelar setiap hari Jumat, Sabtu, dan Minggu di kawasan Pecinan ini selalu menghadirkan kemeriahan Imlek yang unik sejak tahun 2005, seiring dengan tahun baru Imlek yang disahkan menjadi hari libur nasional.

Setiap tahunnya selalu ada konsep berbeda yang dihadirkan oleh Pasar Imlek Semawis demi menarik perhatian pengunjung. Khusus tahun ini, tema yang diangkat adalah Wayang Potehi. Ada makna tersendiri di balik tema yang dipilih tersebut. Wayang Potehi menggambarkan keberagaman dan juga wujud seni budaya yang harus dilestarikan. Jangan lupa bawa kamera buat mengabadikan momen seru di sana!

Singkawang

©Shutterstock

Bicara soal perayaan Imlek, Singkawang nggak boleh dilupakan dari list. Setiap tahunnya selalu ada sederet festival yang bikin suasana Imlek makin penuh suka cita. Tahun ini misalnya, perayaan Imlek sudah dimulai sejak 17 Januari 2020 dengan melakukan penataan kota seperti memasang lampion dan ornamen cantik lainnya. Pagelaran seni dan budaya hingga karnaval juga sudah diagendakan pada awal bulan Februari.

Puncak perayaan Imlek di Singkawang ditandai dengan dilaksanakannya salah satu tradisi yaitu Pawai Tatung. Warga Singkawang yang merayakan Imlek akan menggelar sebuah pertunjukan berbau mistis, di mana beberapa orang memakai baju adat lalu dirasuki arwah leluhur. Imlek ditutup dengang Festival Cap Go Meh di Singkawang yang juga jadi salah satu festival paling mencuri perhatian wisatawan dari daerah lain.

Solo

©Shutterstock

Kota ini dikenal dengan tradisi uniknya saat perayaan Imlek tiba, yaitu Grebeg Sudiro. Tradisi ini bahkan sudah dibuka pada 14 Januari 2020 lalu lewat event peluncuran perahu wisata. Kamu bisa mencoba wisata naik perahu Kali Pepe yang berada di bawah jembatan Pasar Gede. Selain itu, kawasan Pasar Gede juga bakal dipenuhi oleh ribuan lampion. Pastinya bakal jadi spot Instagramable yang bisa kamu buru selama liburan di sana.

Pulau Kemaro, Palembang

©Shutterstock

Kemeriahan Imlek juga bisa dirasakan dengan mengunjungi Pulau Kemaro, Palembang. Kawasan tersebut sudah dikenal sebagai pusat perayaan Imlek di Palembang selama bertahun-tahun, terlebih karena ada cerita yang tersimpan dari pulau tersebut. Misalnya kisah cinta antara Tan Bun An yang merupakan Pangeran dari Tiongkok dan Siti Fatimah yang merupakan puteri raja Palembang. Menurut legenda, inilah yang membuat budaya Indonesia dan Tiongkok begitu kental di Pulau Kemaro.

Perayaan Imlek di sini semakin meriah dengan tradisi menyembelih kambing hitam dan pertunjukan kesenian seperti barongsai dan wayang orang khas Tiongkok. Kemeriahan di sini akan berlangsung hingga penutupannya pada Festival Cap Gomeh yang berlangsung 15 hari setelah Imlek tiba.

Riau

©Shutterstock

Riau juga punya tradisi unik yang membuat perayaan Imlek selalu menarik. Tepatnya di kota Selatpanjang, tradisi Perang Air atau yang biasa disebut Cian Cui cuma bisa kamu temukan di sini. Kemeriahan yang dikemas menjadi sebuah festival ini sudah berlangsung sejak tahun 2013. Saat momen Perang Air berlangsung, warga Selatpanjang akan saling menyerang dengan air yang digunakan sebagai senjata lewat gayung, selang, atau ember. Meskipun tradisi ini untuk merayakan Imlek, tapi seluruh warga berbaur dalam kemeriahannya. Dijamin seru dan bikin kamu ingin ikutan main air juga deh!

Wah, jadi makin nggak sabar menikmati perayaan Imlek di kota-kota tersebut kan? Mana yang paling ingin kamu kunjungi nih? Biar liburan semakin menyenangkan, jangan lupa siapkan budget khusus supaya kondisi keuangan bisa tetap lancar. Jangan lupa manfaatkan promo dan cashback yang bisa bikin liburan lebih hemat, seperti promo Hoki Bareng DANA untuk menyambut Imlek tahun ini. Kamu bisa mengikuti Misi Cuan Berhadiah dan Kirim Angpao Dapat Hadiah untuk memenangkan iPhone 11, Galaxy Buds, Galaxy Note 10+, dan Saldo DANA. Seru lho!

Periode promo Hoki Bareng DANA dapat diikuti mulai dari 24 Januari hingga 31 Januari 2019. Selesaikan misi demi misi mulai dari Upgrade DANA Premium, Kirim Uang Antar DANA untuk dapatkan cashback 10% maksimal Rp10.000 dengan minimal transfer Rp10.000, misi Simpan Kartu Bank, dan yang terakhir Kirim Uang Antar Bank. Selesaikan semua misinya, dapatkan kesempatan memenangkan voucher undian beserta hadiah premium lainnya.

Setuju kan kalau DANA bikin liburan jadi lebih mudah? Buruan ganti dompetmu sekarang juga! Info lebih lengkap klik di sini.

(kly/tmi)

Editor :

Iwan Tantomi

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com