Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Jangan Asal Diurut, Ini 5 Cara Awal Mengatasi Kaki Keseleo

Editor KapanLagi.com | Rabu, 23 September 2020 17:11 WIB
Jangan Asal Diurut, Ini 5 Cara Awal Mengatasi Kaki Keseleo

Kapanlagi.com - Keseleo pada umumnya bisa terjadi pada siapapun. Biasanya, orang yang sering mengalami keseleo yaitu orang yang sedang berolahraga, menggunakan sepatu berhak tinggi, hingga secara tidak sengaja saat berjalan seseorang juga dapat keseleo. Sendi yang paling sering mengalami cedera atau keseleo biasanya pergelangan kaki.

Jika hal ini terjadi, maka akan muncul rasa tidak nyaman karena nyeri dan bengkak yang terasa nyut-nyutan. Semakin besar pembengkakan dan rasa nyeri yang dirasakan, artinya semakin parah tingkat cedera yang kalian alami. Tak heran jika kalian akan merasa kesusahan saat berjalan lantaran terasa menyiksa. Keseleo sendiri merupakan cedera yang diakibatkan oleh peregangan otot yang melebihi kapasitas normal.

Biasanya, secara reflek saat seseorang mengalami keseleo banyak dari mereka melakukan urut pada area yang terasa sakit. Namun, perlu kalian ketahui jika mengatasi keseleo dengan cara diurut merupakan cara yang kurang tepat. Sebab, apabila kalian urut sendiri secara asal, justru hal tersebut akan membuat keseleo kalian makin parah. Hal ini lantaran kalian tidak betul-betul mengetahui bagian pembuluh mana yang bermasalah.

Nah, maka dari itu, kalian perlu mengetahui cara awal mengatasi kaki keseleo yang bisa kalian lakukan sendiri sebelum berobat ke yang lebih ahli. Daripada penasaran, yuk simak ulasan lengkap berikut ini.

1. Jangan Menggerakkan Kaki yang Keseleo

Gambar

Cara pertama yang kalian lakukan saat mengatasi kaki keseleo yaitu tetap tenang dan jangan panik. Selanjutnya, apabila kalian keseleo jangan menggerakkan kaki yang cedera apalagi mencoba untuk berjalan. Jadi kalian harus mengistirahatkan dan melindungi area otot dengan tidak melakukan aktivitas yang berlebihan. Sebab, apabila kalian tetap melakukannya, maka akan menambah tingkat keparahan keseleo itu sendiri. Cara mengatasinya, kalian bisa menggunakan alat bantu seperti penopang atau tongkat untuk memudahkan dalam berjalan.

2. Kompres Air Es

Cara awal selanjutnya untuk mengatasi keseleo yakni dengan mengkompres air es. Kompres bagian kaki yang keseleo dengan air es tujuannya untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan. Kalian bisa melakukan dengan kompres dingin daerah yang cedera sesegera mungkin selama 20 sampai 30 menit. Perlu kalian perhatikan untuk menghindari memberikan es langsung ke bagian kulit. Cara ini bisa kalian lakukan tiga kali dalam sehari hingga cedera mengempis.

3. Perban Khusus Keseleo

Gambar

Selain mengkompres bagian yang cedera dengan air es, langkah awal yang bisa kalian lakukan yaitu dengan perban kaki yang cedera menggunakan perban khusus. Kalian bisa perban dan sedikit memberikan tekanan saat membalut perban ke area yang cedera. Hal ini berguna untuk mengurangi pembengkakan. Kalian juga jangan lepas perban sampai bengkak menghilang.

Selain itu, kalian bisa mengendurkan sedikit perbannya, jika area keseleo menjadi biru, dan terasa dingin. Saat melakukan proses penekanan ini, durasi yang dibutuhkan yakni 1-2 hari. Namun bisa juga hingga 2 minggu jika kalian mengalami keseleo yang sudah parah.

4. Mengangkat Bagian Kaki yang Keseleo

Mengatasi keseleo dengan pertolongan pertama yang bisa kalian lakukan yakni dengan menyangga kaki yang bermasalah tersebut untuk meninggikan posisinya di atas jantung selama 48 jam pertama. Hal ini dapat mengurangi pembengkakan yang terjadi.

Caranya, saat kalian dalam posisi tidur, angkat kaki kalian dan ditopang dengan alat yang posisinya lebih tinggi. Hal ini guna memberikan posisi kaki agar lebih tinggi dari dada, guna membantu menguras cairan pada pergelangan kaki yang mengalami luka.

5. Hal yang Perlu Dihindari

Gambar

Jika dalam waktu dua hari kalian mengalami cedera, selain melakukan cara di atas, kalian juga harus menghindari sederet hal seperti merendam air panas, sauna, atau menggunakan koyo. Selain itu, kalian juga dilarang mengonsumsi alkohol yang justru akan meningkatkan pendarahan dan pembengkakan yang memperlambat pemulihan. Jangan dulu untuk melakukan aktivitas olahraga seperti berlari yang akan memperparah cedera, hingga jangan memijat area cedera yang justru dapat meningkatkan risiko pendarahan dan pembengkakan.

Itulah sederet cara awal mengatasi kaki keseleo yang bisa kalian lakukan untuk pertolongan pertama. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:   Dita Tamara

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com