Jangan Sepelekan, Ini 5 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari Setelah Berolahraga

Dita Tamara| Sabtu, 11 Juli 2020 11:11 WIB
Dita Tamara | Sabtu, 11 Juli 2020 11:11

Kapanlagi.com - Menerapkan gaya hidup sehat memang sangat perlu dilakukan. Tak jarang banyak orang yang melakukan olahraga demi kualitas tubuh yang baik dan menyehatkan. Apabila kalian termasuk orang yang rutin berolahraga, tentu hal tersebut akan berdampak baik bagi tubuh kalian. Oleh sebabnya, itulah mengapa olahraga sangat wajib dilakukan setiap harinya demi menurunkan risiko penyakit yang menghampiri.

Namun, sebelum melakukan olahraga, ada baiknya kalian mengetahui beberapa hal yang perlu kalian lakukan dan yang harus dihindari. Meski telah melakukan olahraga, ada beberapa kebiasaan yang kerap diabaikan yang justru menjadi sebuah kebiasaan.

Padahal jika terus dilakukan hal ini dapat membuat efek yang kurang baik terhadap tubuh. Lalu kebiasaan buruk seperti apakah yang harus dihindari? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan lengkap berikut ini.

1 Dari 5 Halaman

1. Melewatkan Pendinginan

Melewatkan Pendinginan (credit: freepik)
Sebelum berolahraga, kalian harus melakukan pemanasan agar otot tidak tegang. Sama halnya seperti pemanasan, setelah olahraga kalian juga harus melakukan pendinginan. Namun, kebanyakan orang melewatkan hal tersebut dan buru-buru melakukan aktivitas lainnya. Padahal, mendinginkan tubuh usai berolahraga sangat penting untuk pemulihan tubuh.

Dalam melakukan pendinginan setelah olahraga, ada baiknya kalian berjalan santai selama 5 menit. Sebab, sebelumnya tubuh mengeluarkan tenaga dan otot di pompa keras. Cara ini bisa membantu menghilangkan lelah lebih cepat serta membantu tubuh kalian pulih.

2 dari 5 halaman

2. Melakukan Pekerjaan Berat

Melakukan Pekerjaan Berat (credit: freepik)
Bagi sebagian orang tentu pernah melakukan pekerjaan berat seusai olahraga. Padahal, kebiasaan tersebut tidak baik untuk dilakukan. Hal ini karena setelah berolahraga otot dalam tubuh sudah mengalami kelelahan dan terjadi kerusakan beberapa jaringan otot.

Apabila setelah berolahraga kalian langsung melakukan pekerjaan berat tanpa beristirahat terlebih dahulu, hal ini dapat menyebabkan otot menjadi luka. Hal tersebut juga bisa terjadi bagi kalian yang tetap melakukan olahraga padahal sudah mengalami kelelahan otot. Maka dari itu, jika ingin melanjutkan pekerjaan berat, ada baiknya diberikan jeda dalam hitungan jam.

3 dari 5 halaman

3. Menunda Makan Setelah Olahraga

Menunda Makan Setelah Olahraga (credit: freepik)
Apakah kalian salah satu orang yang jika selesai berolahraga pagi namun tidak sempat sarapan? Nah, jika hal tersebut sudah menjadi kebiasaan, justru bisa menimbulkan masalah. Membiasakan tidak makan selama beberapa jam setelah olahraga, tubuh kalian tidak memiliki cadangan energi untuk digunakan. Padahal tubuh harus tetap membutuhkan nutrisi. Oleh sebabnya, ada baiknya kalian makan setelah 15-30 menit setelah berolahraga.

Apabila kalian selalu membiasakan kebiasaan buruk tersebut, maka, bisa menjadi pemicu gula darah rendah dan merasa pusing, selain itu dampak lainnya yaitu otot tidak terbentuk sehingga menjadi kram. Maka dari itu, mulai sekarang hindari kebiasaan menunda makan setelah berolahraga.

4 dari 5 halaman

4. Menunda Minum Setelah Olahraga

Menunda Minum Setelah Olahraga (credit: freepik)
Sama halnya melewatkan makan, terkadang orang juga membiarkan tubuh dehidrasi atau menunda minum. Padahal, pada saat olahraga cairan di dalam tubuh hilang. Cairan yang hilang inilah harus cepat digantikan. Namun, jika kalian membiarkan tubuh dehidrasi, maka kalian akan merasa lelah atau mengantuk meskipun sudah mencukupi kebutuhan waktu tidur.

Maka dari itu, cairan tubuh begitu penting bagi otak agar tetap berfungsi optimal demi menjaga keseimbangan tubuh. jadi mulai sekarang jangan menunda minum setelah olahraga.

5 dari 5 halaman

5. Tidak Segera Ganti Baju

Tidak Segera Ganti Baju (credit: freepik)
Kebiasaan buruk lainnya yang kerap dilakukan oleh sebagian orang yaitu tidak segera ganti baju setelah berolahraga. Padahal, berlama-lama menggunakan baju yang sama ketika berolahraga merupakan kesalahan yang segera dihilangkan.

Menggunakan baju yang basah oleh keringat bisa berdampak pada tubuh berupa suhu tubuh yang tidak sesuai untuk melakukan pemulihan. Masalah ini juga bisa menimbulkan dampak pada kesehatan kulit kalian.

Itulah sederet kebiasaan buruk yang harus dihindari setelah berolahraga. Jadi, mulai sekarang tinggalkan kebiasaan buruk tersebut ya. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:  

Dita Tamara

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com