Jangankan Indonesia, Suporter Malaysia Terbalik Bentangkan Bendera Negara Sendiri

Agista Rully | Rabu, 23 Agustus 2017 11:18 WIB
Jangankan Indonesia, Suporter Malaysia Terbalik Bentangkan Bendera Negara Sendiri

Kapanlagi.com - Insiden bendera terbalik di SEA Games 2017 tengah jadi perbincangan hangat masyarakat Indonesia. Peristiwa ini pertama kali dibagikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi melalui twitter, seketika hal ini jadi viral. Bahkan Menteri Pemuda dan Olahraga telah melayangkan permintaan maaf dan Presiden Jokowi telah meminta rakyat Indonesia untuk tenang serta tidak membesarkan perkara ini.

Meski berangsur-angsur mereda, netizen Indonesia masih belum melupakan persoalan bendera terbalik ini. Untuk meredakan suasana, muncullah video dari tahun 2010 yang menunjukkan bahwa bendera Malaysia pun pernah dibentangkan terbalik oleh warga mereka sendiri.

Bendera Terbalik Malaysia di event Piala AFF 2010 © Youtube.comBendera Terbalik Malaysia di event Piala AFF 2010 © Youtube.com

Pada perhelatan Piala AFF tahun 2010, suporter Malaysia ketahuan membentangkan bendera negara mereka dalam posisi yang tidak benar sembari menyanyikan lagu kebangsaan Negaraku. Uniknya, insiden ini terjadi di laga final piala AFF saat kesebelasan Malaysia melawan timnas Indonesia.

Bisa bayangkan betapa memalukannya hal ini bagi warga Malaysia bukan? Ditambah lagi, venue pertandingan final Piala AFF tersebut dilaksanakan di kandang alias di Stadion Bukit Jalil, Malaysia.

Akibat insiden tahun 2010 yang mencuat kembali ini, perlahan-lahan netizen Indonesia menjadi maklum dan mencoba memaafkan kesalahan cetak bendera Indonesia di buku SEA Games 2017. Insiden bendera terbalik ini pun jadi pertanyaan bagi publik Malaysia.

Selain salah memposisikan bendera negara lain, bagaimana bisa warga sendiri salah membentangkan bendera negara sendiri? Yah, setidaknya kita tahu jawabannya bahwa tidak ada manusia yang luput dari kesalahan bukan ;)

(kpl/agt)

Editor :  

Agista Rully

Join Kapanlagi.com