Jarang Diketahui, 8 Makanan Andalan Ini Bisa Cegah Penuaan Dini Pada Kulit

Nurul Wahida| Selasa, 14 Juli 2020 20:11 WIB
Nurul Wahida | Selasa, 14 Juli 2020 20:11

Kapanlagi.com - Penuaan dini merupakan kondisi yang tentunya bisa bermasalah jika terjadi pada usia muda. Sebab, kondisi ini dapat mengganggu penampilan hingga memengaruhi kesehatan. Namun selain dengan perawatan kecantikan kulit, sejumlah makanan andalan ini bisa cegah penuaan dini pada tubuh.

Penuaan memang proses alami yang terjadi pada setiap makhluk hidup. Namun sayangnya kondisi ini tidak diharapkan apabila terjadi lebih awal dari usia yang masih muda. Beberapa penyebab munculnya penuaan dini juga bisa diakibatkan oleh beberapa faktor.

Mengutip dari halodoc.com penyebab penuaan dini diantaranya seperti paparan radikal bebas, asap rokok, hingga sejumlah gaya hidup tak sehat lainnya yang dapat memengaruhi proses penuaan terjadi lebih awal. Akibatnya saat tubuh mengalami penuaan dini akan muncul sejumlah kerutan, garis-garis, hingga memengaruhi penampilan.

Pastinya setiap orang ingin tetap kulitnya terlihat kencang dan cantik seperti saat mereka masih usia muda. Berbagai cara mengatasi penuaan dini bahkan dilakukan mulai dari perawatan kecantikan yang biasanya ditaksir dengan biaya tertentu.

Namun rupanya ada sejumlah makanan yang diyakini bisa cegah penuaan dini pada tubuh. Makanan andalan ini sangat cocok dijadikan sebagai menu sehat untuk mencegah penuaan dini terjadi.

Lalu apa saja makanan andalan yang bisa cegah penuaan dini?

Adapun makanan andalan yang bisa cegah penuaan dini terangkum dalam beberapa poin di bawah ini. Makanan ini dapat menjadi bagian menu sehat harian agar penampilan tetap awet muda dan mencegah penuaan dini terjadi. Berikut x makanan andalan yang bisa digunakan untuk cegah penuaan dini pada kulit bersumber pada healthline.com, prevention.com.

1 Dari 8 Halaman

1. Telur

Telur (credit: freepik.com)
Makanan andalan yang diyakini bisa cegah penuaan dini yang pertama adalah telur. Telur sendiri merupakan salah satu protein hewani yang miliki beragam manfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan tubuh. Bahkan beberapa produk kecantikan turut serta menambahkan telur sebagai bahan alami untuk merawat kulit tubuh.

Salah satunya bisa membantu mencegah penuaan dini pada tubuh dengan menggunakan telur sebagai bahan pilihan. Telur ini dapat dikonsumsi ataupun digunakan untuk membantu menjaga kesehatan kulit dengan membuatnya sebagai masker.

Beberapa manfaat telur untuk kulit diantaranya bisa mengencangkan hingga mengecilkan pori-pori tubuh yang bisa diperoleh dari kandungan nutrisi dalam telur. Diantaranya adalah kandungan biotin yang diketahui dapat menjaga kesehatan kulit termasuk mencegah penuaan dini.

2 dari 8 halaman

2. Alpukat

Alpukat (credit: freepik.com)
Makanan andalan lainnya yang diyakini cegah penuaan dini juga berasal dari alpukat. Seperti diketahui alpukat mengandung nutrisi yang diketahui sangat baik untuk kulit. Diantaranya adalah mengandung lemak anti inflamasi yang mampu melembabkan kulit hingga mencegah penuaan dini.

Mengutip dari prevention.com, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kandungan lutein dan zeaxanthin dalam buah mampu mencegah kerusakan akibat paparan sinar UV. Dalam hal ini termasuk nutrisi yang terkandung dalam alpukat yakni vitamin E, vitamin A, dan lemak tak jenuh yang mampu menjaga kesehatan kulit.

Adapun alpukat ini dapat dikonsumsi dengan dibuat sebagai minuman dan makanan sehat ataupun digunakan sebagai masker perawatan kulit. Selain untuk perawatan kecantikan kulit, alpukat juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

3 dari 8 halaman

3. Buah Delima

Buah Delima (credit: freepik.com)
Buah delima juga termasuk makanan andalan yang bisa digunakan untuk cegah penuaan dini. Bahkan sejumlah produk kecantikan juga tak kalah menjadikan buah delima sebagai bahan pilihan perawatan kecantikan tersebut.

Mengutip dari prevention.com seorang penulis buku kesehatan wanita berjudul Smoothie & Sup bernama Lisa De Fazio mengungkapkan bahwa kandungan anthocyanin antioksidan dan asam allagic dalam biji delima mampu meningkatkan produksi kolagen. Termasuk untuk mencegah penuaan dini pada kulit tubuh.

4 dari 8 halaman

4. Pepaya

Pepaya (credit: freepik.com)
Buah pepaya memang miliki rasa manis dan lembut khas yang sangat nikmat untuk dikonsumsi. Selain dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh bagian dalam, pepaya juga bermanfaat sebagai makanan andalan cegah penuaan dini.

Kandungan sejumlah vitamin seperti A, C, K, dan E menjadikan buah ini dapat membuat kulit tetap sehat termasuk mencegah penuaan dini. Selain itu antioksidan dalam pepaya mampu menangkal radikal bebas yang menyerang kulit tubuh. Pepaya ini bisa dikonsumsi dengan dibuat makanan sehat ataupun digunakan sebagai masker kecantikan.

5 dari 8 halaman

5. Bayam

Bayam (credit: freepik.com)
Makanan andalan selanjutnya yang bisa cegah penuaan dini terjadi adalah bayam. Dalam bayam mengandung sejumlah nutrisi sehat seperti vitamin A, C, E, K yang miliki fungsi menjaga sejumlah kesehatan tubuh bagian dalam hingga tubuh bagian luar seperti kulit.

Salah satunya untuk mencegah penuaan dini terjadi yang bisa didapat dari kandungan nutrisi dalam bayam. Sejumlah resep makanan yang bisa dipilih untuk mendapatkan manfaat tersebut diantaranya seperti salad, sup, ataupun smoothie.

6 dari 8 halaman

6. Brokoli

Brokoli (credit: freepik.com)
Brokoli juga termasuk makanan andalan yang bisa cegah penuaan dini terjadi. Kandungan vitamin C, K, lutein dan lain sebagainya dalam brokoli diklaim dapat mengatasi sejumlah masalah kesehatan. Termasuk mencegah penuaan dini pada kulit tubuh yang bisa diakibatkan oleh paparan radikal bebas,

Sebab, brokoli juga diketahui miliki kandungan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas pada tubuh. Selain itu vitamin C dalam brokoli dapat membantu produksi kolagen kulit hingga membuat kulit terasa lebih elastis dan sehat.

7 dari 8 halaman

7. Bluberi

Bluberi (credit: freepik.com)
Bluberi tergolong salah satu buah yang juga mengandung antioksidan tinggi. Tentunya kandungan antioksidan tersebut diyakini bisa menangkal radikal bebas pada tubuh termasuk mencegah penuaan dini terjadi. Selain itu kandungan vitamin C dan vitamin E dalam blueberry membantu menjaga kesehatan kulit salah satunya bisa mencerahkan.
8 dari 8 halaman

8. Wortel

Wortel (credit: freepik.com)
Makanan andalan yang bisa cegah penuaan dini terjadi juga bisa diperoleh dari wortel. Mengutip liputan6.com bersumber dari seorang dokter kulit di Sebastpol, CA bernama Cynthia Bailey mengungkapkan wortel mengandung sejumlah nutrisi seperti vitamin A yang diketahui mengandung beta karoten yang mampu memperlambat penuaan dini.

Selain itu wortel juga tergolong makanan sehat yang dapat digunakan sebagai menu harian untuk menjaga kesehatan tubuh bagian dalam termasuk bagian luar seperti kulit. Sejumlah menu seperti salad, sup, dan jus tentunya bisa menjadi pilihan tepat untuk konsumsi wortel.

Nah itulah 8 makanan andalan yang bisa cegah penuaan dini pada kulit. Selain menjaga asupan makanan sehat, perubahan gaya hidup sehat juga perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit tetap baik agar terhindar dari sejumlah masalah kulit seperti penuaan dini.

(kpl/nlw)

Editor:  

Nurul Wahida

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com