Jika Pandemi Corona Covid-19 Berakhir, Ini 8 Hal yang Akan Terjadi

Galuh Esti Nugraini| Kamis, 09 April 2020 13:22 WIB
Galuh Esti Nugraini | Kamis, 09 April 2020 13:22

Kapanlagi.com - Pandemi corona covid-19 memang sangat berdampak pada kehidupan manusia bahkan dunia. adanya pandemi corona covid-19 bisa berakibat pada perubahan berbagai sektor. Banyak ilmuwan dunia memprediksi jika pandemi corona covid-19 berakhir, beberapa hal mungkin akan terjadi.

Sampai saat ini pandemi corona covid-19 belum juga usai. Bahkan mengalami peningkatan yang cukup tinggi sejak awal tahun lalu. Diketahui sebanyak 1,432,686 kasus virus corona covid-19 terjadi di seluruh dunia.

Di tengah pandemi corona covid-19, kalian pasti akan mempertanyakan kapan pandemi corona covid-19 akan berakhir. Berbagai prediksi dari pakar pun mulai muncul terkait berakhirnya pandemi corona covid-19. Ada yang memperkirakan jika pandemi corona covid-19 akan berakhir pada Mei bulan depan.

Namun ini hanyalah sebuah prediksi yang belum tentu terbukti akan terjadi. selain mempertanyakan mengenai kapan pandemi corona covid-19 berakhir, sebuah pertanyaan lain juga muncul dalam benak. Pertanyaan tersebut terkait dengan, hal apa yang akan terjadi setelah pandemi corona covid-19 berakhir.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut mungkin beberapa prediksi tentang pandemi corona covid-19 berakhir yang dilansir dari liputan6.com berdasarkan laman Forbes bisa mengurangi rasa penasaran kalian. Ini 8 hal yang akan terjadi jika pandemi corona covid-19 berakhir.

1 Dari 8 Halaman

1. Interaksi Tanpa Kontak

Interaksi Tanpa Kontak (credit: freepik.com)
Jika pandemi corona covid-19 berakhir, salah satu hal yang akan terjadi adalah akan lebih banyak interaksi tanpa kontak. Akibat pandemi corona covid-19 setiap orang memiliki reaksi berbeda ketika harus saling bersentuhan satu sama lain.

Sehingga, interaksi tanpa kontak bisa saja akan terjadi jika pandemi corona covid-19 berakhir. Diperkirakan aktivitas dengan banyak sentuhan mungkin akan lebih minim. Sebagai gantinya, pemanfaatan teknologi akan semakin gencar dan diperbaiki.

Salah satunya adalah dengan memaksimalkan fitur sensor wajah. Sehingga interaksi satu sama lain, termasuk dalam pembayaran jasa dan barang bisa melalui sensor wajah tersebut.

2 dari 8 halaman

2. Infrastruktur Digital Akan Semakin Kuat

Infrastruktur Digital Akan Semakin Kuat (credit: freepik.com)
Akibat pandemi corona covid-19 membuat setiap orang khawatir untuk melakukan perjalanan keluar rumah. seperti saat ini dianjurkan untuk bekerja dari rumah serta melakukan karantina mandiri. Diperkirakan setelah pandemi corona covid-19 berakhir mungkin saja akan lebih banyak melakukan kegiatan secara digital.

Sehingga memungkinkan semakin kuatnya infrastruktur digital di seluruh dunia. Terkait pandemi corona covid-19 di China, pihak yang berwenang meminta bantuan perusahaan teknologi seperti Alibaba. Ini adalah bukti jika sektor digital bisa menguntungkan untuk kehidupan ke depannya.

3 dari 8 halaman

3. Memantau dengan Big Data

Memantau dengan Big Data (credit: freepik.com)
Tidak dapat dipungkiri selama pandemi corona covid-19 banyak mengandalkan data digital. Hal ini dinilai lebih cepat dan akurat dalam mengetahui perkembangan kasus yang terjadi saat pandemi corona covid-19.

Jadi, berdasarkan pengalaman ini bisa jadi jika pandemi corona covid-19 berakhir pemantauan bisa dilakukan dengan memanfaatkan internet teknologi dan big data. GPS kemudian dapat digunakan untuk melacak orang-orang yang terpapar dan dengan siapa mereka berinteraksi. Sehingga akan memudahkan dalam mencegah pandemi di masa depan.

4 dari 8 halaman

4. Telemedicine

Telemedicine (credit: freepik.com)
Jika pandemi corona covid-19 berakhir, salah satu hal yang mungkin bisa terjadi adalah melakukan konsultasi kesehatan melalui video. Saat ini memang setiap orang dibatasi untuk sesering mungkin pergi ke rumah sakit. Sehingga pemanfaatan teknologi, termasuk berkonsultasi secara daring bisa terjadi di masa depan.
5 dari 8 halaman

5. Belanja Online Makin Marak

Belanja Online Makin Marak (credit: freepik.com)
Selain lebih mudah dan bisa dilakukan di mana pun, belanja online juga bisa menjadi cara mencegah penyebaran pandemi corona covid-19. Setelah pandemi corona covid-19  berakhir akan banyak yang memilih belanja online jika dibandingkan belanja secara langsung. Ini adalah cara untuk melindungi diri dari bertemunya dengan banyak orang.
6 dari 8 halaman

6. Pemanfaatan Robot

Pemanfaatan Robot (credit: freepik.com)
Robot merupakan perangkat buatan manusia yang dibuat untuk mempermudah aktivitas manusia. Prediksinya setelah pandemi corona covid-19 berakhir, penggunaan robot bisa saja terjadi. diantaranya seperti mengirimkan bahan makanan, menjalankan produksi pabrik, serta kegiatan lainnya setelah pandemi corona covid-19 usai.
7 dari 8 halaman

7. Banyak Acara Digital

Banyak Acara Digital (credit: freepik.com)
Selama pandemi corona covid-19 terjadi, banyak dari musisi-musisi dunia melakukan siaran atau konser secara online. teknologi digital menjadi pilihan untuk mencegah menyebarnya corona covid-19. Acara secara langsung dengan mengundang banyak masa bisa saja dihindari dan beralih menggunakan teknologi digital. Cara ini pun dinilai lebih aman untuk mencegah virus corona covid-19.
8 dari 8 halaman

8. Kebersihan Akan Diutamakan

Kebersihan Akan Diutamakan (credit: freepik.com)
Adanya pandemi corona covid-19 membuat setiap orang sadar akan kebersihan diri dan lingkungan. Jika pandemi corona covid-19 berakhir, kebersihan diri dan lingkungan akan lebih diutamakan. Sehingga kesehatan diri dan lingkungan akan lebih berkualitas lagi.

8 prediksi tersebut bisa saja terjadi di masa depan jika pandemi corona covid-19 berakhir. Nah, itulah 8 hal yang akan terjadi jika pandemi corona covid-19 berakhir. Sekali lagi selalu jaga kesehatan agar pandemi corona covid-19 tidak terulang lagi di masa depan.

(kpl/nlw/gen)

Editor:  

Nurul Wahida

Join Kapanlagi.com