Johan Wahyudi, Legenda Bulu Tangkis Indonesia Meninggal Dunia

Galuh Esti Nugraini | Sabtu, 16 November 2019 17:30 WIB
Galuh Esti Nugraini | Sabtu, 16 November 2019 17:30

Kapanlagi.com - Atlet legendaris bulu tangkis Indonesia, Johan Wahyudi atau Ang Joe Liang menghembuskan nafas terakhirnya diusia 66 tahun. Johan meninggal setelah dirawat di Rumah Sakit Panti Waluya Kota Malang. Seperti yang diketahui jika Johan Wahyudi ini telah mengharumkan nama bangsa lewat bulu tangkis.

Michael Lumintang, anak menantu Johan Wahyudi menceritakan, papanya mulai mendapatkan dirawat sejak Selasa (12/11). Kondisinya menurun, walau sempat membaik sebelum kemudian meninggal dunia pada Jumat (15/11) siang.

"Papa ini atlet, tubuhnya kuat dan jarang mengeluh sakit. Jadi sakit-sakit sedikit itu dianggap normal. Ternyata beliau kena demam berdarah sampai terjadi syok," kata Michael Lumintang di Rumah Duka Gotong Royong Jalan Taman Tenaga Kota Malang, Sabtu (16/11).

1 Dari 3 Halaman

1. Johan Wahyudi Alami Demam Berdarah

Johan Wahyudi Alami Demam Berdarah (credit: koleksi foto keluarga)
Tim dokter telah bekerja keras dan maksimal memberikan pertolongan. Kondisinya juga sempat membaik, kemudian turun lagi dan akhirnya dinyatakan tidak tertolong.

Michael yang juga seorang dokter mengatakan, demam berdarah biasanya akan parah pada hari ketiga atau keempat sampai hari keenam. Setelah melewati kritis hari keenam, biasanya akan kembali dan cairan yang keluar akan kembali ke pembuluh darah. Trombosit yang lengket-lengket mulai lepas dan mulai banyak dan membaik.

"Papa panas hari ketiga akhir. Pas nggak ada hari keenam. Kami berharap bisa melewati kritis hari keenam, tetapi ternyata Tuhan berkehendak lain," kata Michael yang juga seorang dokter.

2 dari 3 halaman

2. Masih Aktif Berkegiatan

Masih Aktif Berkegiatan (credit: koleksi foto keluarga)
Johan Wahyudi dikaruniai empat orang anak dari dua kali pernikahan yakni Cindy Olivia, Daniel Wahyudi, Astrid Olivia dan Paulus Wahyudi. Almarhum dikaruniai enam orang cucu.

Sehari-hari Johan Wahyudi tinggal bersama istrinya, Evie Sianawati. Aktivitasnya banyak diisi dengan kegiatan olah raga bulu tangkis dengan melibatkan diri dalam berbagai event pengkaderan atlet muda.

"Terakhir baru saja pulang dari Australia, hadir di Australian Open, menyerahkan trophy dan ikut main juga tanding senior di sana," tegas Evie Sianawati.

3 dari 3 halaman

3. Johan Wahyudi Atlet Membanggakan

Johan Wahyudi Atlet Membanggakan (credit: koleksi foto keluarga)
Saat ini jenazah almarhum disemayamkan di rumah duka Gotong Royong, Jalan Taman Tenaga 2 Malang. Malam ini, Sabtu (16/11) direncanakan digelar ibadah penutupan peti dan jenazah akan dimakamkan Selasa (19/11).

Perlu diketahui Johan Wahyudi adalah pemain spesialis ganda putra bersama dengan rekannya Tjun Tjun. Keduanya memenangkan gelar pertama pada Kejuaraan Dunia IBF tahun 1977.

Keduanya juga memenangkan 6 gelar All England sepanjang 1974 - 1980 dan menjadi ganda putra peringkat atas. Wahyudi juga bermain untuk tim Thomas Cup pada 1976 dan 1979.

(kpl/dar/gen)


Reporter:  

Darmadi Sasongko

Join Kapanlagi.com