Kabar Gembira! Para Jagoan Legendaris Indonesia Kini Ada Prangkonya!

Guntur Merdekawan | Kamis, 04 April 2019 22:35 WIB
Guntur Merdekawan | Kamis, 04 April 2019 22:35

Kapanlagi.com - 4 April 2019 bertepatan dengan hari lahir ke-100 dari Bapak Komik Indonesia, Raden Ahmad Kosasih atan yang akrab disapa RA Kosasih. Untuk memperingati hari spesial dari sosok bersejarah itu, Asosiasi Komik Indonesia (AKSI) bekerja sama dengan Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (KEMKOMINFO) untuk merilis prangko edisi spesial yang bertema para Jagoan Indonesia.

Beberapa sosok jagoan legenda yang dipilih pasti sudah tak asing lagi di telinga kita semua, seperti Sri Asih, Si Buta Dari gua Hantu hinnga Gundala. Prangko tersebut dirilis dalam beberapa versi, yaitu Souvenir Sheet yang berisikan 3 prangko dengan nominal Rp 10.000, versi standard dengan masing-masing nominal Rp 3.000 dan Sampul Hari Pertama (SHP) yang dilepas secara terbatas.

Ketua AKSI, Faza Meonk menjelaskan bahwa setiap tahunnya, PT Pos Indonesia yang bernaung di bawah KEMKOMINFO menetapkan 12 tema untuk seri prangko yang rilis sepanjang tahun. Dan Kali ini, komik Indonesia jadi salah satu tema yang diangkat, sebagai bagian dari salah satu cabang seni.

"Sehubung tahun 2019 ini tepat bertepatan dengan 100 tahun kelahiran RA Kosasih, maka disepakati untuk mengangkat tema Jagoan Indonesia, mengingat salah satu karya orisinal RA Kosasih yang paling dikenal adalah Sri Asih. Sosok adisatria perempuan pertama di Indonesia," ujar Faza mengenai pemilihan tema Jagoan Indonesia.

Pemilihan 3 tokoh di atas bukan tanpa alasan, meski sebenarnya masih banyak sekali tokoh jagoan legendaris di Indonesia. Rupanya, Sri Asih, Si Buta dari Gua Hantu dan Gundala merayakan waktu yang istimewa dalam kurun waktu dekat ini.

"Selain 100 tahun kelahiran RA Kosasih, tahun ini juga adalah 50 tahun lahirnya Gundala karya Hasmi. Berdekatan dengan itu pula, tahun 2017 lalu merupakan 50 tahun kelahiran Si Buta dari Gua Hantu karya Ganes TH. Jadi momentumnya hampir bersamaan. Karenanya, ketiga sosok karakter itu yang dipilih sebagai tonggak perjalanan panjang Komik Indonesia," sambung Faza.

Ide untuk merilis prangko bertema jagoan Indonesia itu lantas mendapat sambutan positif dari Bumilangit Entertainment Corpora selaku pemegang hak cipta Sri Asih, Si Buta Dari Gua Hantu dan Gundala. Dengan cara ini, diharapkan generasi milenial jadi mengenal para jagoan legendaris lawas yang pernah ada di Indonesia.

"Bumilangit sebagai anggota dari Asosiasi Komik Indonesia menyambut terbuka kesempatan ini untuk mempromosikan komik Indonesia melalui tiga jagoan yang sudah dikenal masyarakat sejak dulu kala. Ketiga jagoan tersebut Si Buta Dari Gua Hantu, Sri Asih, dan Gundala sudah dikelola oleh Bumilangit hak ciptanya dan terus berusaha diperkenalkan ke generasi muda dengan berbagai cara," sambung Andy Wijaya, selaku Commercial General Manager dari Bumilangit Entertainment Corpora.

1 Dari 3 Halaman

1. Sri Asih

Sri Asih Image © KapanLagi/Akrom Sukarya
Buat kalian yang masih asing dengan sosok Sri Asih, dia adalah karya superhero pertama Bapak RA Kosasih yang menjadi tonggak sejarah komik Indonesia. Diterbitkan pertama kali pada tahun 1954 oleh Penerbit Melodie, Sri Asih jadi sosok adisatria perempuan pertama yang muncul dan menginspirasi kelahiran adisatria lainnya di dunia Komik Indonesia.
2 dari 3 halaman

2. Si Buta Dari Gua Hantu

Tahun ini bertepatan dengan hari lahirnya sosok pendekar Si Buta dari Gua Hantu yang ke-52. Sosok ini pasti sudah tak asing bagi sebagian besar dari kita, terutama para generasi 90an, mengingat kisahnya juga sempat diadaptasi jadi sebuah serial di salah satu stasiun televisi Indonesia. Beliau merupakan jagoan dari Banten yang tidak memiliki indera penglihatan namun memiliki kekuatan yang super kuat guna membasmi angkara murka dan menegakkan keadilan.
3 dari 3 halaman

3. Gundala

Gundala Image © KapanLagi/Akrom Sukarya
Last but not least, ada sosok Gundala yang tahun ini merayakan 50 tahun kelahirannya di dunia komik Indonesia. Selain dirilis dalam bentuk prangko, tahun ini kita bisa menikmati kisah dari tokoh karya Harya Suraminata ini lewat sebuah film adaptadi layar lebar karya Joko Anwar.

"Tahun ini Bumilangit Studios bersama Screenplay Films akan merilis film Gundala sebagai selebrasi dari perayaan 50 tahun kemunculan komik Gundala. Film tersebut disutradarai oleh Joko Anwar. Kami ingin memperkenalkan kepada generasi muda karakter komik jagoan yang penampilannya sangat dikenal era 70an, yaitu Gundala Putra Petir," pungkas Andy Wijaya.  

(kpl/gtr)


TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com