Kalahkan Pesaingnya, Shopee Pimpin Persaingan E-Commerce Asia Tenggara di 2018

Wuri Anggarini | Kamis, 10 Januari 2019 09:28 WIB
Kalahkan Pesaingnya, Shopee Pimpin Persaingan E-Commerce Asia Tenggara di 2018

Kapanlagi.com - Kobaran api persaingan industri e-commerce di kawasan Asia Tenggara kian memanas seiring dengan perkembangan masyarakat yang semakin melek akan teknologi. Shopee sanggup merajai e-commerce di Asia Tenggara alias ASEAN lho. Kesuksesan Shopee ini ditunjukkan dengan kemampuan menyalip para kompetitornya, termasuk Lazada dan Tokopedia di tangga persaingan 2018 kemarin.

Sebagai bukti, sebuah perusahaan analisis aplikasi bernama AppAnnie, memperlihatkan jika Shopee berhasil menduduki peringkat satu dalam tangga persaingan e-commerce di ASEAN. Selain itu, Tech in Asia, juga mengonfirmasi kuatnya dominasi Shopee di pasar Asia Tenggara.

Peluang itu pun dimanfaatkan Shopee meningkatkan jangkauannya lewat mobile apps sebagai strategi utama. Menariknya, Shopee menyesuaikan aplikasinya tersebut sesuai pangsa pasar di masing-masing negara, dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Taiwan dan Filipina.

Tak heran dengan strategi tersebut, Shopee mampu memecahkan rekor, termasuk saat Harbolnas kemarin, di mana 12 juta transaksi di tujuh negara berhasil dilakukan lewat Shopee. Selain itu, di Indonesia sendiri Shopee juga mencetak 5,4 juta transaksi selama gelaran 12.12. Transaksi tersebut sebagian besar dilakukan pada kategori kesehatan, kecantikan, juga fashion. Pencapaian itu pun mengukuhkan Indonesia sebagai pasar terbesar Shopee di ASEAN. Keren banget, kan?

Tak hanya itu, pada kuartal ketiga 2018, Shopee juga mampu membuktikan prestasinya dengan kenaikan adjusted revenue hingga 71,2 juta USD. Dari sisi Gross Merchandising Value (GMV), Shopee juga mampu meraih estimasi nominal antara 6,9-7,3 miliar USD. Angka fantastis dari sepertiga estimasi total GMV ¬e-commerce yang dilaporkan Google dan Temasek Holdings.

Benar-benar tak salah kan, menjadikan Shopee situs belanja online favorit, KLovers?

(kpl/wri)

BERI KOMENTAR▼
Komentar
Editor :  

Wuri Anggarini

Join Kapanlagi.com