Kata Pengantar Portofolio: Pengertian, Contoh Beserta Tujuan

Editor KapanLagi.com | Selasa, 26 Oktober 2021 14:22 WIB
Kata Pengantar Portofolio: Pengertian, Contoh Beserta Tujuan

Kapanlagi.com - Kalian pasti sudah mengetahui apa sih sebenarnya kata pengantar. Hal ini karena, kata pengantar menjadi hal penting dalam sebuah proposal penelitian hingga makalah sederhana sekalipun. Namun apakah format penulisan kata pengantar untuk makalah, skripsi, dan proposal sama seperti kata pengantar portofolio?

Jawabannya sama ya KLovers, tidak ada format yang berbeda dalam mengerjakan kata pengantar apapun, termasuk kata pengantar portofolio. Tujuan kata pengantar menjadi sebuah pembuka dalam penulisan ilmiah agar terlihat menarik untuk dibaca dan dibedah.

Nah, bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat kata pengantar untuk berbagai macam tugas ilmiah. Maka berikut ini ada contoh kata pengantar portofolio, makalah, hingga proposal, beserta pengertian dan tujuan dari kata pengantar. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Pengertian Kata Pengantar

Sebelum mengetahui cara membuat kata pengantar, kalian perlu mengetahui pengertian dari kata pengantar. Kata pengantar merupakan salah satu bagian awal atau pendahuluan dari sebuah karya ilmiah. Umumnya, di dalam kata pengantar ini penulis mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada pihak yang telah membantunya menyelesaikan karya tersebut.

Selain itu tak jarang juga penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun guna menyempurnakan karya tulis yang akan dibuat selanjutnya. Sehingga pembuatan kata pengantar ini perlu dibuat, baik secara singkat ataupun ditujukan secara terhormat kepada mereka yang banyak membantu.

2. Fungsi Kata Pengantar

Fungsi kata pengantar merupakan ucapan yang diberikan oleh penulis sebagai rasa terima kasih dan kritik serta saran yang harus diberikan. Selain itu, sebagai pengantar kepada bahasan yang lebih rinci, isi kata pengantar berupa gambaran umum tentang karya tulis. Kata pengantar makalah, laporan, proposal, maupun karya tulis yang lain sebaiknya mampu membangkitkan minat pembaca untuk terus melanjutkan membaca sampai selesai.

3. Contoh Kata Pengantar yang Singkat

Contoh kata pengantar pertama yaitu ada kata pengantar singkat. Contoh ini bisa menjadi sebuah contoh kata pengantar portofolio kalian loh KLovers. Berikut ini contoh kata pengantar singkat tersebut:

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas usainya makalah yang berjudul "Contoh Kata Pengantar Kapanlagi". Atas dukungan moral serta materil yang diberikan terhadap penyusunan makalah ini, maka penulis mengucapkan terima kasih kepada :

1. Bapak Manalu, M.Pd, selaku kepala sekolah Universitas Terbuka, yang memberikan bimbingan, saran, ide serta kesempatan untuk menggunakan fasilitas Laboratorium Bahasa.

2. Ibu Puji Astuti, M.Pd, selaku guru Pembimbing kami, yang selalu memberikan dorongan, motivasi dan masukan kepada penulis.

3. Ibu Dini Wardini, M.Pd, selaku wali kelas kami, yang banyak memberikan materi pendukung, bimbingan, serta masukan kepada penulis.

Penulis menyadari jika makalah ini jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, saran serta kritik yang membangun dari pembaca sangat kami butuhkan untuk penyempurnaan makalah ini.

Bandung, 12 Oktober 2021


Peneliti A

4. Contoh Kata Pengantar untuk Proposal

Selanjutnya ada pula contoh kata pengantar untuk proposal. Kata pengantar ini bisa menjadi sebuah contoh untuk kalian yang sedang membuat sebuah proposal. Berikut contoh kata pengantar untuk proposal tersebut:

Puji dan syukur penulis panjat kan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmat-Nyalah sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal penelitian yang berjudul "Contoh Kata Pengantar Kapanlagi" tepat pada waktunya.

Adapun tujuan dari penulisan proposal penelitian ini adalah untuk mempelajari cara pembuatan skripsi pada Universitas Gadjah Mada dan untuk memperoleh gelar Sarjana Ekonomi jurusan Akuntansi.

Pada kesempatan ini, penulis hendak menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan moril maupun materiil sehingga proposal penelitian ini dapat selesai. Ucapan terima kasih ini penulis tujukan kepada:

1. Bapak Reza, S.E., M.E., selaku Dosen yang telah mendidik dan memberikan bimbingan selama masa perkuliahan.

2. Pimpinan Usaha Mikro Besar, Bapak Agus Leksmana dan seluruh staf perusahaan atas kesempatan dan bantuan yang diberikan kepada penulis dalam melakukan penelitian dan memperoleh informasi yang diperlukan selama penulisan proposal penelitian ini.

3. Seluruh keluarga, terutama orangtua tercinta yang telah memberikan doa, dorongan dan semangat selama penyusunan skripsi ini.

4. Teman-teman satu bimbingan penelitian proposal yang telah berjuang bersama-sama penulis dalam menyelesaikan proposal penelitian ini.

Meskipun telah berusaha menyelesaikan proposal penelitian ini sebaik mungkin, penulis menyadari bahwa proposal penelitian ini masih ada kekurangan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca guna menyempurnakan segala kekurangan dalam penyusunan proposal penelitian ini.

Akhir kata, penulis berharap semoga proposal penelitian ini berguna bagi para pembaca dan pihak-pihak lain yang berkepentingan.

Yogyakarta, 28 Agustus 2021

Peneliti B

5. Contoh Kata Pengantar Portofolio I

Kemudian ada pula contoh kata pengantar portofolio dengan kalimat yang panjang. Contoh kata pengantar portofolio ini bisa menjadi sebuah nasihat untuk kalian yang sedang membuat sebuah portofolio. Berikut ini contoh kata pengantar portofolio tersebut:

Segala puji dan syukur kehadirat ALLAH SWT karena atas berkat rahmat dan limpahan rahmat-Nya lah maka saya sanggup menyelesaikan sebuah portofolio dengan tepat waktu.

Berikut ini, saya mempersembahkan sebuah portofolio yang berjudul "Contoh Kata Pengantar Kapanlagi" dalam memenuhi tugas serta yang menurut saya akan memberikan manfaat bagi yang membaca dan mempelajarinya.

Melalui kata pengantar berikut saya meminta maaf dan memohon permakluman bilamana terdapat kekurangan dan kesalahan dalam isi portofolio ini yang membuat tidak sempurnanya portofolio berikut.

Dengan ini saya mempersembahkan sebuah portofolio dengan penuh rasa terima kasih dan semoga ALLAH SWT memberkahi portofolio ini sehingga memberikan manfaat.

Yogyakarta, 10 Oktober 2021


Penulis X

6. Kata Pengantar Portofolio II

Dan yang terakhir yaitu ada contoh kata pengantar portofolio yang sedikit singkat. Contoh kata pengantar portofolio ini cukup berbeda ya KLovers, dengan contoh kata pengantar portofolio yang di atas. Berikut ini contoh kata pengantar portofolio tersebut:

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, atas berkat Rahmat dan karunia-Nya yang telah dilimpahkan kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan tugas portofolio tentang Seni Budaya.

Penulisan Portofolio ini bertujuan untuk menyelesaikan suatu tugas yang dapat menambah nilai dan dapat berguna bagi kehidupan mendatang
Selama penyelesaian Portofolio ini berbagai pihak telah ikut membantu dengan penuh keikhlasan.

Pada kesempatan ini penulis dengan segala kerendahan hati menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada:

1. Orang tuaku yang selalu mendukung dan membimbing dalam penulisan portofolio ini.

2. Teman yang telah membantu menyelesaikan portofolio ini.

Atas segala bantuan yang telah diberikan, Semoga Allah SWT membalas semua kebaikan yang diberikan. Penulis menyadari bahwa Portofolio ini masih jauh dari sempurna, karena itu kritik yang bersifat membangun akan senang hati penulis terima.

Akhirnya penulis berharap semoga Portofolio ini dapat berguna dan bermanfaat bagi semua pihak.


Yogyakarta, 15 Desember 2021


Penulis X


Itulah beberapa contoh kata pengantar portofolio yang bisa kalian ketahui, selain itu kalian juga bisa mengetahui pengertian dari kata pengantar serta fungsi dan tujuannya. Selamat mencoba KLovers.

(kpl/gen/dhm)

Editor:   Dhia Amira

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com