Kaya Bakteri Baik, Ini 7 Khasiat Menakjubkan Makanan Fermentasi untuk Tubuh

Nurul Wahida| Jum'at, 31 Juli 2020 11:22 WIB
Nurul Wahida | Jum'at, 31 Juli 2020 11:22

Kapanlagi.com - Sejumlah makanan fermentasi cukup banyak digemari masyarakat karena rasanya yang enak dan nikmat saat dikonsumsi. Sebut saja seperti yogurt yang sudah sering dijumpai dalam berbagai resep kekinian. Di balik kenikmatan rasanya tersebut, rupanya ada sederet khasiat menakjubkan makanan fermentasi untuk tubuh.

Makanan fermentasi merupakan jenis makanan yang diolah dengan cara fermentasi yakni memberikan sejumlah bakteri baik dan menyimpan dengan waktu cukup lama untuk menghasilkan rasa enak, aroma dan tekstur makanan yang berubah.

Biasanya makanan fermentasi cenderung memiliki rasa kuat hingga asam, aroma menyengat serta tekstur yang bervariasi. Sebab, penambahan bakteri baik dalam makanan fermentasi memberikan perubahan rasa, warna hingga tekstur makanan bahkan dapat dibilang lebih awet dibanding makanan tanpa fermentasi.

Diantara jenis makanan fermentasi yang cukup populer dan digemari masyarakat seperti tempe, tape, yogurt, dan kimchi. Berdasarkan manfaatnya rupanya terdapat khasiat menakjubkan makanan fermentasi untuk tubuh yang tak banyak diketahui. Dimana makanan fermentasi kaya kandungan bakteri baik yang berfungsi menjaga kesehatan tubuh hingga mengatasi sejumlah masalah kesehatan.

Lalu apa saja khasiat menakjubkan makanan fermentasi untuk tubuh?

Adapun khasiat menakjubkan makanan fermentasi untuk tubuh terangkum dalam beberapa poin di bawah ini. Kandungan nutrisi dalam makanan fermentasi berperan besar memberikan manfaat tersebut. Berikut khasiat menakjubkan makanan fermentasi untuk tubuh bersumber dari health.clevelandclinic.org, ohlardy.com, isappscience.org, dan bbcgoodfood.com.

1 Dari 7 Halaman

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Menjaga Kesehatan Pencernaan (credit: freepik.com)
Khasiat menakjubkan makanan fermentasi untuk tubuh salah satunya dapat menjaga kesehatan pencernaan. Sebab makanan fermentasi terdapat banyak bakteri baik yang berperan menyehatkan usus dan melawan bakteri jahat yang terdapat di dalamnya.

Selain itu asam laktat yang terdapat dalam makanan fermentasi selama masa produksi tersebut bisa membuat bakteri baik berkembang biak dan mencegah berbagai masalah kesehatan pencernaan. Diantaranya seperti diare, kembung, hingga sembelit. Namun untuk mendapatkan manfaat maksimal dari makanan fermentasi tersebut pastikan tubuh mendapat makanan tinggi serat agar pencernaan tetap sehat dan normal.

2 dari 7 halaman

2. Perkuat Daya Tahan Tubuh

Perkuat Daya Tahan Tubuh (credit: freepik.com)
Khasiat menakjubkan makanan fermentasi untuk tubuh yang lainnya juga bisa memperkuat daya tahan tubuh. Dimana makanan fermentasi ini menawarkan khasiatnya untuk menjaga kesehatan usus termasuk yang berhubungan erat dengan sistem kekebalan tubuh manusia.

Kandungan bakteri baik atau kaya probiotik dalam makanan fermentasi berperan besar memberikan khasiat tersebut hingga mampu menjaga daya tahan tubuh. Mengutip dari liputan6.com dilansir dari healthline.com mengungkapkan bahwa makanan mengandung probiotik dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh termasuk mengurangi risiko infeksi salah satunya adalah flu. Tak hanya itu sejumlah makanan fermentasi juga menawarkan sederet vitamin serta nutrisi lainnya yang baik bagi kesehatan termasuk dapat perkuat sistem imun.

3 dari 7 halaman

3. Tinggi Probiotik

Tinggi Probiotik (credit: freepik.com)
Khasiat menakjubkan makanan fermentasi untuk tubuh berasal dari nutrisinya yang tinggi probiotik. Probotik sendiri merupakan sejenis mikroorganisme yang dapat membuat tubuh tetap sehat serta dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Dalam hal ini makanan fermentasi sebagian besar menawarkan kandungan probiotik tinggi karena miliki sejumlah bakteri baik di dalamnya diantaranya seperti bakteri lactobacillus. Selain itu sebagian probiotik dapat menghasilkan bakteri penghasil asam laktat yang bermanfaat bagi tubuh. Sebut saja seperti dalam yogurt dan kefir.

4 dari 7 halaman

4. Cocok Untuk Diet

Cocok Untuk Diet (credit: freepik.com)
Untuk kalian yang tengah melakukan program diet, makanan fermentasi dapat menjadi bagian dari daftar menu harian diet. Sebab khasiat menakjubkan makanan fermentasi untuk tubuh diketahui bisa menjaga berat badan serta membatasi konsumsi gula berlebih.

Salah satunya terdapat dalam makanan fermentasi seperti yogurt yang miliki kandungan nutrisi bermanfaat bagi tubuh dan dapat menurunkan berat badan. Yogurt sendiri mengandung probiotik dan protein yang bisa berfungsi untuk mengendalikan rasa lapar sehingga bisa menurunkan berat badan.

5 dari 7 halaman

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung (credit: freepik.com)
Khasiat menakjubkan makanan fermentasi untuk tubuh juga bisa menjaga kesehatan jantung. Seperti diketahui penyakit jantung tergolong miliki risiko tinggi kematian yang bisa menyerang siapa saja. Sehingga menjaga kesehatan jantung perlu dilakukan agar terhindar dari risiko penyakit tersebut.

Dalam hal ini mengutip dari sebuah artikel yang diterbitkan Current Opinion in Lipidology menyebutkan bahwa ada bukti produk susu fermentasi punya efek menurunkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi sendiri juga dapat berhubungan erat dengan risiko penyakit jantung.

6 dari 7 halaman

6. Mencegah Kanker

Mencegah Kanker (credit: freepik.com)
Salah satu jenis makanan fermentasi seperti tempe berdasarkan jurnal penelitian berjudul Manfaat dan Keamanan Makanan Fermentasi Untuk Kesehatan (Tinjauan dari Aspek Ilmu Pangan) oleh Luh Masdarini mengungkapkan bahwa tempe mengandung senyawa isoflavone yang diyakini merupakan senyawa antikasinogenik.

Dimana senyawa tersebut diketahui dapat menurunkan risiko kanker paydara dan prostat. Tak hanya itu senyawa isofalvon juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat yakni LDL serta dapat mengontrol gula darah.

7 dari 7 halaman

7. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Meningkatkan Metabolisme Tubuh (credit: freepik.com)
Mengutip dari artikel diterbitkan oleh Curent Opinion in Biotechnology tahun 2017 dalam halaman isappscience.org berjudul Health Benefits of Fermented Foods: Microbiota and Beyond, mengungkapkan bahwa khasiat menakjubkan makanan fermentasi untuk tubuh dapat berguna untuk meningkatkan metabolisme. Temuan ini terdapat dalam salah satu jenis makanan fermentasi yakni susu fermentasi yang miliki manfaat meningkatkan metabolisme glukosa dan mengurangi nyeri otot.

Nah itulah 7 khasiat menakjubkan makanan fermentasi untuk tubuh. Tentunya cukup banyak menawarkan berbagai manfaat bagi kesehatan karena kandungan nutrisi di dalamnya. Pastikan untuk mengonsumsi dalam batas wajar dan disarankan berkonsultasi dengan dokter ahli apabila ingin menggunakan makana fermentasi untuk mengatasi masalah kesehatan.

(kpl/nlw)

Editor:  

Nurul Wahida

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com