Keistimewaan dan Tata Cara Membaca Surah Yasin di Malam Nisfu Syaban

Galuh Esti Nugraini| Kamis, 09 April 2020 15:22 WIB
Galuh Esti Nugraini | Kamis, 09 April 2020 15:22

Kapanlagi.com - Malam Nisfu Syaban yang penuh keistimewaan memang selalu ditunggu-tunggu oleh umat islam. Malam Nisfu Syaban begitu dinanti-nanti lantaran momen ini disebut-sebut penuh dengan berkah. Berbagai amalan yang dilakukan pada malam Nisfu Syaban akan diganjar banyak pahala. Berbagai amalan itu antara lain, berpuasa, berdzikir, berdoa, hingga membaca surah yasin.

Dikutip dari Dream.co.id, berkah yang terdapat pada malam Nisfu Sya'ban di antaranya berupa ampunan atas dosa-dosa di masa lalus dan limpahan kasih dari Allah sang Maha Pengasih. Untuk mendapatkan berkah-berkah tersebut umat islam biasanya melakukan berbagai ibadah, salah satunya membaca surah yasin.

1 Dari 2 Halaman

1. Keistimewaan Surah Yasin

Keistimewaan Surah Yasin (credit: pixabay)
Dalam kitab al quran, surah yasin memang mempunyai berbagai keistimewaan tersendiri. Oleh karena itulah, surah ini sering dianjurkan untuk dibaca dalam berbagai kesempatan, seperti saat mendoakan orang yang meninggal, hingga untuk amalan di malam nisfu syaban. Lantas, apa saja keistimewaan surah yasin? Berikut beberapa di antaranya dikutip dari berbagai sumber:

1. Ketenangan Hati

Sama seperti membaca ayat-ayat lain dalam surah-surah di al quran, membaca surah Yasin bisa membuat hati menjadi lebih tenang. Terlebih membaca surat ini di malam Nsfu Syaban. Ketenangan yang diperoleh bisa sama dengan saat kalian sedang memperbanyak dzikir.

2. Mendapatkan Ampunan

Salah satu kemuliaan atau keistimewaan surah yasin adalah akan diampuni dosa-dosa di masa lalu. Hal ini pun juga sesuai dengan salah satu kemuliaan malam Nisfu Syaban. Terdapat sebuah hadis yang mendukung pernyataan ini, yaitu:

Siapa yang membaca (surah) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridoan Allah maka diampuni dosa-dosanya.
(HR. At Thabrani dan Al-Bayhaqi,dari Abu hurairah ra).

3. Meningkatkan Keimanan

Arti ayat demi ayat dalam surah yasin menggambarkan tentang keagungan Allah. Berbagai hal diceritakan dalam surah itu, mulai dari bagaimana kematian akan datang, sampai bagaimana perjuangan para pembawa agama islam di masa lalu.

Jadi, saat membaca surah yasin, seharusnya kalian juga membaca hingga ke arti-arti yang terkandung dalam ayat demi ayat. Dengan begitu, membaca surah yasin di malam Nisfu Syaban akan bisa membuat keimanan kalian semakin meningkat.

4. Mengabulkan Doa

Sebuah hadis menyebutkan bahwa membaca surah yasin khususnya pada malam jumat bisa membuat doa terkabul. Berikut hadis yang menjelaskan hal tersebut:

Barang siapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari al-Habr).

Selain itu, ada pula hadis lain yang secara implisit juga menjelaskan bahwa surah yasin dipercaya bisa mengabulkan doa kita, hadis tersebut antara lain sebagai berikut:

Lazimkan olehmu membaca surat Yasin, maka di dalamnya ada dua puluh berkat. Jikalau yang membaca orang lapar maka ia akan dikenyangkan. Jikalau yang membaca orang telanjang (orang tak mampu membeli pakaian) maka ia akan dikaruniai pakaian. Bila ia bujang maka ia akan cepat jodohnya. Bila ia takut, ia akan diberi keamanan. Bila ia sakit maka ia akan diberi kesembuhan. (HR Ali bin Abi Thalib)

Jika, pada hari jumat saja membaca surah yasin bisa membuat doa dikabulkan, maka hal tersebut dipercaya lebih manjur jika dibaca pada malam nisfu syaban yang penuh kemuliaan.

5. Merupakan Jantung Alquran

Surah yasin disebut-sebut merupakan jantung atau salah satu surah inti dalam alquran. Bahkan ada yang menyebut bahwa jika ada umat islam yang membaca surah tersebut, maka Allah akan mengganjar sama dengan menghatamkan alquran sebanyak 10 kali.

2 dari 2 halaman

2. Membaca Surah Yasin di Malam Nisfu Syaban

Membaca Surah Yasin di Malam Nisfu Syaban (credit: pixabay)
Membaca surah yasin sama agungnya dengan melakukan ibadah lain di malam Nisfu Syaban, seperti puasa sunah, berdoa, dan berzikir. Saat-saat yang paling disarankan untuk membaca surah yasin di malam Nisfu Syaban adalah saat petang atau setelah melaksanakan sholat maghrib. Selain itu, dianjurkan pula untuk membaca surah ini sebanyak 3 kali.

Untuk menunaikan amalan membaca surah yasin di malam Nisfu Syaban, bisa dilakukan seperti saat hendak membaca alquran pada saat biasanya. Yang terpenting adalah awali dengan niat baik untuk niat memohon kebaikan seperti umur panjang, mendapatkan hidayah, dan memperoleh limpahan rezeki.

Itulah keistimewaan dan tata cara melakukan amalan membaca surah yasin di malam Nisfu Syaban. Semoga, setiap amalan yang kita lakukan mendapatkan berkah dari Allah Swt.

(kpl/psp/gen)

Editor:  

Puput Saputro

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com