Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Kembali Digelar, Festival Iraw Tengkayu di Tarakan Berlangsung Sepekan dan Lebih Meriah

Editor KapanLagi.com | Sabtu, 01 Oktober 2022 17:16 WIB
Kembali Digelar, Festival Iraw Tengkayu di Tarakan Berlangsung Sepekan dan Lebih Meriah

Kapanlagi.com - Sempat vakum karena pandemi Covid-19 yang terjadi selama hampir 2 tahun. Pemerintah kota (Pemkot) Tarakan kembali menggelar Festival Iraw Tengkayu, yang berlangsung pada 1 hingga 8 Oktober.

Festival tahun ini tentu saja lebih meriah. Waktu pelaksanaannya saja sangat panjang, kira-kira apa saja ya rangkaian acaranya? Sayang untuk dilewatkan deh!

"Tahun ini kembali kami laksanakan setelah hampir dua tahun. Dulu kita laksanakan di Desember, sekarang Oktober. Kalau di Desember itu suka bersamaan dengan agenda lain. Tahu ini akan lebih meriah, terlihat dari rangkaian durasi yang lebih panjang," ungkap Wali Kota Tarakan, Khairul saat dihubungi pada Selasa (27/9).

1. Tak Hanya Festival Budaya

Wali kota Tarakan, Khairul menjelaskan bahwa festival Iraw Tengkayu tahun ini tak hanya diisi dengan festival budaya. Ada pula sejumlah pentas kesenian, pameran UMKM, hingga permainan, dan kuliner tradisional.

"Waktunya Lebih lama, kita sampai seminggu. Jadi, pasti lebih meriah," ungkap Khairul.

2. Berharap Bisa Dongkrak Pariwisata

Adanya festival Iraw Tengkayu tahun ini, Khairul berharap bisa mendongkrak pariwisata di wilayahnya. Kemudian, pendapatan dari sektor UMKM juga terus meningkat. Yang nantinya bisa memberikan manfaat besar bagi masyarakat Bumi Paguntaka.

"Untuk sektor pariwisata saat ini kita di angka 2 persen pendapatan daerah. Mayoritas memang masih dari UMKM yakni 67 persen. Kita berharap agar event ini bisa meningkatkan pariwisata dan sektor UMKM di Tarakan," terangnya.

3. Termasuk 100 Event Kalender Nasional

Festival Iraw Tengkayu telah masuk ke dalam 100 event kalender nasional. Mulai digelar tepat hari ini (1/9/2022). Festival ini akan dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno serta perwakilan dari sejumlah negara sahabat.

Bahkan saking siapnya digelar festival ini, saat dihubungi pada 27 September 2022, Khairul mengungkapkan bahwa persiapan sudah 90 persen. Spektakuler banget sih ini!

(kpl/dyn)

Editor:   Dian Eka Ryanti

Join Kapanlagi.com