Kena Blacklist, Pengguna Huawei Tak Akan Bisa Akses Android dan Google

Guntur Merdekawan | Senin, 20 Mei 2019 12:45 WIB
Guntur Merdekawan | Senin, 20 Mei 2019 12:45

Kapanlagi.com - Sebuah kabar buruk datang bagi kalian para pengguna Huawei, atau setidaknya berencana membeli merk smartphone tersebut. Google telah mengeluarkan sebuah pernyataan resmi jika mereka telah mencabut lisensi Android untuk Huawei.

Artinya, para pengguna Huawei nantinya tak akan lagi bisa mengakses beberapa fitur dan aplikasi vital seperti Google Play Store, Gmail dan sejenisnya. Kebijakan ini dikeluarkan untuk versi smartphone yang akan datang, seperti P30, P30 Pro, Mate 20 seterusnya.

Nah jika kalian sudah terlanjur punya smartphone Huawei, jangan khawatir karena kalian masih bisa menggunakan fitur-fitur tersebut. Hanya saja, kalian tak akan bisa mengupdate-nya dengan versi-versi terbaru nantinya.

1 Dari 2 Halaman

1. Alasan

Alasan Twitter © android
Pengumuman ini tentunya begitu mengejutkan, mengingat Huawei merupakan salah satu perusahaan Smartphone terbesar untuk saat ini. Penjualan produknya disebut-sebut mengalahkan Samsung, Sony dan juga beberapa brand populer lainnya di seluruh dunia.

Beberapa waktu lalu, Presiden Amerika, Donald Trump mengeluarkan pernyataan resmi jika mereka telah memasukkan Huawei dalam blacklist. Alasannya, Huawei diduga terlibat dalam konspirasi perdagangan dengan Iran.

Akibatnya, Google yang merupakan salah satu perusahaan terbesar di Amerika pun akhirnya dengan berat hati harus mencabut lisensi Android mereka dari Huawei.

2 dari 2 halaman

2. Respon Pihak Huawei

Pihak Huawei sendiri sepertinya menanggapi hal ini dengan santai. Pada sebuah interview dengan media Jepang, Ren, CEO dari Huawei mengatakan jika masalah ini tak akan berpengaruh banyak pada pertumbuhan ekonomi perusahaan mereka.

"Pertumbuhan Huawei mungkin akan jadi lambat di Amerika karena batasan ini. Tapi cuma sedikit saja," ujar Ren, seperti dilansir dari situs techjuice.pk.

(tec/gtr)


Editor:  

Guntur Merdekawan

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com