Kenali Penyakit Autoimun Yang Diderita Ashanty, Ternyata Banyak Menyerang Perempuan

Sanjaya Ferryanto | Kamis, 21 November 2019 20:31 WIB
Sanjaya Ferryanto | Kamis, 21 November 2019 20:31

Kapanlagi.com - Tak ada yang menyangka jika Ashanty ternyata menderita penyakit autoimun. Diketahui jika penyakit ini memang lebih sering menjangkiti wanita, dan terdapat sekitar 80 jenis penyakit autoimun.

Dilansir Healthline, penyakit ini terkadang sulit dideteksi karena gejalanya yang tumpang tindih. Tes darah pun harus dilakukan untuk membantu dokter mencari tahu keberadaan penyakit ini.

1 Dari 2 Halaman

1. Apa Itu Autoimun?

Apa Itu Autoimun? Kapanlagi/Muhammad Akrom Sukarya
Lantas, apa itu penyakit autoimun? Ini adalah kondisi dimana sistem kekebalan tubuh keliru menyerang jaringan tubuhnya sendiri. Dalam kondisi normal, sistem kekebalan tubuh akan melindungi tubuh terhadap penyakit. Autoimun membalik semuanya dan justru menyerang sel dan jaringan yang sehat.

Akibatnya, fungsi tubuh akan melemah dan bahkan dapat berakibat kematian. Hingga saat ini, masih belum ada yang tahu persis apa penyebab penyakit ini, namun kecurigaan muncul dari paparan bahan kimia, infeksi, genetika, gender serta hormon seks. Bahkan memakan makanan tinggi lemak dan gula, serta olahan juga dicurigai menjadi penyebab.

2 dari 2 halaman

2. Ini Gejalanya

Beberapa penyakit autoimun yang sering menyerang tubuh di antaranya adalah diabetes tipe 1, psoriasis, rematik, sklerosis ganda, lupus, radang usus, penyakit addison, anemia pernisiosa, dan masih yang lainnya.

Beberapa gejala awal dari penyakit ini juga sangat umum, seperti kelelahan, demam ringan, otot pegal hingga mati rasa dan ruam kulit. Jika kamu rutin melakukan check up setiap beberapa bulan sekali, nggak ada salahnya untuk meminta tes darah demi mengetahui apakah penyakit ini menyerangmu atau tidak.

(kpl/frs)


Editor:  

Sanjaya Ferryanto

Join Kapanlagi.com