Kenali Sedini Mungkin, Ini 6 Gejala Stroke yang Bisa Menimpa Siapa Saja

Puput Saputro| Jum'at, 31 Juli 2020 12:11 WIB
Puput Saputro | Jum'at, 31 Juli 2020 12:11

Kapanlagi.com - Stroke merupakan penyakit yang menyerang saraf otak, sehingga bisa mengakibatkan beberapa bagian tubuh tidak berfungsi. Stroke juga jadi salah satu penyakit yang paling ditakuti. Untuk bisa sembuh dan kembali pulih, penderita stroke harus melalui perawatan intensif. Oleh karena itu, mencegah gejala stroke dan penanganan sedini mungkin lebih diutamakan.

Sayangnya tak semua orang mengetahui apa saja tanda-tanda akan terserang stroke. Bahkan, sebagian orang yang mengalami juga tidak sadar bahwa sakit atau kondisi tubuh tidak normal yang mereka rasakan sejatinya merupakan gejala dari stroke. Lantas apa sajakah tanda-tanda dari gejala penyakit stroke?

Berikut beberapa gejala stroke dilansir dari berbagai sumber.

1 Dari 7 Halaman

1. Sakit Kepala

Sakit Kepala (credit: flickr)
Stroke yang terjadi secara tiba-tiba bisa ditandai dengan migrain atau sakit kepala sebagian. Hal ini dikarenakan, saat serangan stroke terjadi aliran darah ke otak akan terhambat atau bahkan terhenti. Sementara, aliran darah yang terhambat bisa berakibat pada kerusakan pembuluh daerah. Akibatnya, penderita akan mengalami sakit kepala sebelah atau migrain secara sangat tiba-tiba.

Selain migrain, sakit kepala seperti pusing dan vertigo juga kerap muncul sebagai pertanda gejala stroke. Sakit kepala tersebut merupakan respons otak yang terserang penyakit.

2 dari 7 halaman

2. Tekanan Darah Tinggi

Tekanan Darah Tinggi (credit: pixabay)
Tekanan darah tinggi selama ini bisa jadi pemicu beberapa penyakit, salah satunya stroke. Penjelasan ilmiahnya, karena tekanan darah yang tinggi bisa memicu pembekuan darah. Jika hal ini terjadi, maka asupan darah ke otak akan terganggu dan terhambat. Akibatnya, saraf-saraf di otak akan rusak dan bisa tidak berfungsi secara normal.
3 dari 7 halaman

3. Merasa Pegal dan Kesemutan

Merasa Pegal dan Kesemutan (credit: pixabay)
Gejala yang sering kali dirasakan oleh penderita stroke adalah merasa pegal di bagian tubuh tertentu. Kebanyakan penderita stroke mengalami pegal pada bagian lengan, leher, atau bahu. Ada kalanya pegal gejala stroke juga disertai dengan kesemutan pada bagian lengan. Rasa pegal dan kesemutan tersebut sering kali membuat penderitanya mengalami kesulitan mengangkat tangan.

Selain itu, rasa pegal di bagian leher dan bahu acap kali membuat penderita kesulitan menempelkan ujung dagu dengan dada. Jadi, jika kalian mengalami gejala tersebut, ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

4 dari 7 halaman

4. Mengalami Mati Rasa

Sudah jadi rahasia umum bahwa saat mengalami stroke, seseorang tidak hanya akan mengalami kehilangan fungsi melainkan juga mati rasa. Bahkan, sekilas mati rasa yang dialami penderita stroke serupa dengan orang yang mengalami kelumpuhan. Sehingga, tak jarang banyak penderita stroke yang akhirnya hanya bisa terkulai di kursi roda atau bahkan tempat tidur.
5 dari 7 halaman

5. Penglihatan Terganggu

Penglihatan Terganggu (credit: flickr)
Pandangan mata yang  terganggu juga jadi gejala stroke yang tak boleh diabaikan. Orang yang akan menderita stroke kerap kali mengalami pandangan mata yang tiba-tiba tidak fokus, kabur, atau bahkan buram. Dilansir dari brightside.me, sebuah data mengungkap bahwa sebanyak 1.300 orang penderita stroke di Inggris mengalami gejala gangguan penglihatan ini. 
6 dari 7 halaman

6. Kelumpuhan di wajah

Salah satu gejala stroke yang paling jelas terlihat ialah kondisi salah satu sisi wajah yang terkulai atau lumpuh secara tiba-tiba. Sama seperti kelumpuhan pada bagian lain, bagian wajah yang lumpuh juga mengalami mati rasa. Hal ini dikarenakan penderita stroke umumnya mengalami gangguan saraf di berbagai anggota tubuh, termasuk wajah. 
7 dari 7 halaman

7. Cara Mencegah Stroke

Stroke memang penyakit yang mengerikan dan harus dihindari. Agar tidak terkena stroke kalian bisa melakukan berbagai upaya pencegahan, di antaranya dengan lebih rajin berolahraga dan menerapkan pola hidup sehat. Selain itu, rutin mengontrol tekanan darah, kadar gula darah, serta kolesterol juga bisa jadi langkah pencegahan yang paling bijak. Sebab, ketiganya bisa menjadi salah satu pemicu dari serangan stroke.

Nah itulah di antaranya beberapa gejala stroke yang umum terjadi. Jadi, apabila mengalami gejala-gejala di atas kalian bisa segera memeriksakan diri ke dokter. Namun, akan lebih baik jika melakukan pencegahan sedini mungkin.

(kpl/psp)

Editor:  

Puput Saputro

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com