Ketinggalan Promo Tiket? Tenang, 10 Cara Ini Bantu Temukan Tiket Pesawat Termurah

Editor KapanLagi.com | Senin, 23 September 2019 16:00 WIB
Ketinggalan Promo Tiket? Tenang, 10 Cara Ini Bantu Temukan Tiket Pesawat Termurah

Kapanlagi.com - Menyesal. Mungkin itu yang kamu alami saat ketinggalan kesempatan mendapatkan promo tiket dari maskapai penerbangan. Penyebabnya sepele, lupa menyalakan notifikasi atau mengecek akun media sosialnya. Bukan hanya lewat website atau medsos saja, nggak sedikit penawaran khusus diberikan pada pemegang kartu kredit atau saat gelaran travel fair.

Jangan biarkan penyesalan menghambat keinginanmu untuk traveling. Gunakan 10 cara ini untuk mendapatkan tiket pesawat termurah tanpa harus harap-harap cemas menunggu promosi.

Berangkat di Hari Biasa

Ada saat-saat tertentu yang bikin permintaan tiket penerbangan meningkat dan membuat harganya melambung, salah satunya saat weekend. Untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau, coba berangkat di hari biasa. Bisa juga memilih traveling di low season seperti Februari-April dan September-November.

Perhatikan Juga Tanggal Penerbangan

Selain memilih hari dan musim, perhatikan juga tanggal keberangkatanmu. Harga tiket pesawat di tanggal 20an biasanya lebih murah dibanding awal atau pertengahan bulan. Bisa jadi hal ini merujuk pada kondisi keuangan kebanyakan orang yang menipis sehingga kemungkinan untuk traveling lebih sedikit.

Cari Banyak Referensi

Kini makin banyak website atau aplikasi yang memudahkan dalam mencari jadwal dan tarif penerbangan ke berbagai kota di tanah air. Saling bersaing dalam memberikan harga maupun kuota, jangan cepat menyerah saat membandingkan harga demi mendapatkan tarif termurah. Selain itu, bisa juga mengecek situs resmi maskapai secara berkala untuk memanfaatkan penawaran yang menarik.

Hapus History dan Cache Browser

Saat membandingkan harga di berbagai website, jangan lupa untuk menghapus history dan cache browser secara rutin. Hal ini untuk menghindari traffic yang menganggapmu sedang membutuhkan layanan penerbangan dan tanpa sengaja meningkatkan harganya. Coba atasi dengan menggunakan mode private atau incognito saat mencari tiket pesawat sehingga mengoptimalkan usahamu mencari harga penerbangan termurah.

Cari Info Harga Terendah

Demi mendapatkan harga tiket pesawat murah tanpa menunggu promo tiket, kamu perlu kerja keras. Salah satunya dengan membandingkan harga dari maskapai penerbangan, baik saat promo maupun tarif biasa. Pastikan jika harga yang ditawarkan memang yang terendah atau bisa lebih murah lagi. Rutin lihat harga tiket di website atau aplikasi dan pahami perubahan harganya.

Gunakan Fitur Pengingat

Persaingan yang ketat antara online travel agent wajib dimanfaatkan, termasuk fitur pada aplikasinya. Ada fitur Price Alerts yang memungkinkanmu untuk mengontrol dan menyesuaikan harga tiket. Tinggal masukkan berapa bujet yang dimiliki ke dalam aplikasi, nantinya akan muncul notifikasi adanya tiket pesawat dengan tanggal tertentu.

Gerakkan Jari-Jarimu

Jika tujuanmu termasuk populer seperti Bali, Yogyakarta, Kuala Lumpur maupun SIngapura, kamu butuh jari-jari yang gesit untuk mendapatkan harga terbaik. Pasalnya, tarif tiket pesawatnya bisa sangat fluktuatif dan bisa berubah makin mahal hanya dalam hitungan menit. Kalau sudah memiliki patokan harga terendah dari maskapai pesawat tertentu, tinggal sesuaikan dengan periode kunjunganmu dan langsung pesan tiket saat itu juga.

Pilih-Pilih Maskapai Penerbangan

Maskapai Low Cost Carrier (LCC) memang cenderung punya harga yang lebih murah, apalagi jika jarak pemesanan dengan waktu keberangkatan masih cukup jauh. Tapi kalau baru bisa memesan tiket beberapa hari sebelum keberangkatan, sebaiknya pilih maskapai full-service yang harga tiketnya nggak banyak berubah karena menganut sistem year-round fare.

Posisi Menentukan Harga

Siapa sangka jika kursi pesawat pun ikut andil dalam menentukan harga. Buat yang nggak keberatan dengan suasana yang kurang nyaman demi harga tiket yang lebih mudah, bisa memilih kursi yang dekat dengan mesin. Selain itu, coba membeli tiket secara terpisah meskipun bepergian secara rombongan, yang jatuhnya bisa jauh lebih murah.

Miliki Kalender Terbaru

Memiliki kalender terbaru itu penting buat para pemburu promo tiket. Selain mencari tahu waktu yang tepat untuk mengambil cuti, kamu juga bisa mengatur strategi untuk berburu tiket murah. Biasanya, harga tiket termurah akan muncul 5-10 hari sebelum tanggal hari besar dan bisa dimanfaatkan untuk menekan dana traveling.

Tanpa perlu menunggu promo tiket, kamu bisa mendapatkan harga tiket yang murah dengan bermodalkan ketelitian dan telaten mengamati tren harga dan teliti dalam melakukan pembayaran.

(kpl/eth)

Join Kapanlagi.com