Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Konjungsi Adalah Kata Penghubung, Ketahui: Pengertian, Jenis-Jenis, dan Contohnya

Editor KapanLagi.com | Jum'at, 24 September 2021 13:20 WIB
Konjungsi Adalah Kata Penghubung, Ketahui: Pengertian, Jenis-Jenis, dan Contohnya

Kapanlagi.com - Konjungsi adalah kata sambung yang selalu digunakan. Bukan saja dalam bahasa tulis, konjungsi juga digunakan dalam bahasa lisan sehari-hari. Konjungsi dibutuhkan untuk memadukan suatu perkataan atau kalimat. Adanya konjungsi juga akan lebih memperjelas hubungan dari suatu kata, frasa, klausa, kalimat, bahkan paragraf.

Konjungsi tentu bukanlah hal yang asing lagi. Sejak belajar membaca dan menulis, kita sudah diperkenalkan dengan konjungsi. Adapun contoh kata-kata konjungsi adalah tapi, dan, sedangkan, sementara itu, karena, dan sebagainya. Di keseharian kita pasti terbiasa menggunakan kata-kata konjungsi tersebut. Meski begitu barang kali belum banyak yang tahu, bahwa ternyata terdapat beberapa jenis konjungsi.

Adapun masing-masing jenis konjungsi mempunyai fungsinya masing-masing. Sehingga, penting untuk memahaminya satu per satu agar tidak salah saat mempergunakan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan mengenai konjungsi adalah kata hubung, beserta jenis-jenisnya.

Halaman Selanjutnya Pengertian Konjungsi Adalah

(kpl/psp)

Editor:   Puput Saputro

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com