Kronologi Mati Lampu di Separuh Pulau Jawa, Buat Fasilitas Publik Ikut Terganggu

Galuh Esti Nugraini | Senin, 05 Agustus 2019 11:50 WIB
Galuh Esti Nugraini | Senin, 05 Agustus 2019 11:50

Kapanlagi.com - Jakarta blackout, mati lampu yang terjadi di wilayah Jabodetabek pada 4 Agustus 2019 kemarin membuat geger masyarakat. Cukup lama pemadaman terjadi hingga netizen pun bertanya-tanya kapan lampu menyala. Akhirnya PLN pun berikan alasan penyebab mati lampu ini.

Tak sampai di situ, terlihat dari Twitter hastag #matilampu juga langsung menjadi trending nomor 1 Indonesia. Karena tak hanya wilayah Jabodetabek saja yang mengalami pemadaman listrik, namun juga hampir seluruh Jawa.

1 Dari 7 Halaman

1. Mati Lampu Saat Menjelang Siang

Mati lampu massal ini terjadi pada Agustus 2019 sekitar 11.50 WIB. Kejadian itu terjadi di beberapa wilayah di Jawa dalam waktu yang hampir bersamaan. Kondisi berangsur pulih mulai pukul 16.27 WIB kemarin.

Gegernya warga ini dikarenakan belum ada peringatan sebelumnya. Tiba-tiba mati lampu membuat warga kebingungan. Tak hanya para warga, sejumlah fasilitas publik lainnya juga ikut terkena imbasnya.

2 dari 7 halaman

2. MRT Terjebak di Bawah Tanah

MRT Terjebak di Bawah Tanah Evakuasi penumpang MRT (Foto: Twitter/MRTJakarta)
Saat mati lampu, setidaknya ada empat kereta MRT yang terhenti beroperasi. Semua penumpang pun terjebak dalam MRT yang berada di bawah tanah. Langsung saja semua dievakuasi oleh para petugas.

"MRT Jakarta mendeteksi pasokan listrik dari PLN terhenti mulai 11.50 hari ini, 4 Agustus 2019. Tim Operation Control Center (OCC) MRT mendeteksi 4 kereta ratangga terhenti di antara stasiun bawah tanah dan saat ini dalam proses evakuasi," kata Corsec PT MRT, M Kamal, dalam keterangannya, Minggu (4/8/2019).

Para penumpang kemudian berjalan di terowongan MRT. Beruntung, evakuasi berjalan dengan tertib dan lancar. Tidak ada penumpang yang cedera.

3 dari 7 halaman

3. KRL Tak Beroperasi

KRL Tak Beroperasi (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Mati lampu ini membuat banyak kendala, salah satunya KRL yang juga tak beroperasi. Meski kini sudah kembali menyala, namun belum sepenuhnya KRL beroperasi normal.

Seperti yang dilansir dari Liputan6.com, pada pukul 02.00 WIB, Senin (5/8/2019) di Stasiun Bekasi nampak para calon penumpang terlantar di pelataran stasiun. Mereka terpaksa tiduran sembari menunggu KRL kembali beroperasi.

4 dari 7 halaman

4. Indosat, XL Axiata dan Telkomsel Gangguan

Indosat, XL Axiata dan Telkomsel Gangguan Sumber: iStockphoto
Tak hanya transportasi publik saja, namun mati lampu ini juga berdampak pada jaringan telekomunikasi, seperti Indosat, XL Axiata dan Telkomsel. Gangguan tersebut terlihat dari menurunnya kualitas layanan.

Pihak provider pun juga meminta maaf pada publik atas gangguan yang terjadi. Kini pihaknya telah melakukan pemulihan dan berharap segera pulih kembali.

5 dari 7 halaman

5. Penyebab Mati Lampu

PLN tentunya jadi pihak yang paling disorot terkait mati lampu ini. Dan mereka pun akhirnya buka suara untuk menjawab keresahan publik.

Adanya sejumlah gangguan pada tenaga pembangkit listrik di beberapa daerah. Gas Turbin 1 sampai dengan 6 Suralaya mengalami trip (gangguan), sementara Gas Turbin 7 saat ini dalam posisi mati (Off). Selain itu Pembangkit Listrik Tenaga Gas Turbin Cilegon juga mengalami gangguan.

"Kami mohon maaf sebesar-besarnya untuk pemadaman yang terjadi, saat ini upaya penormalan terus kami lakukan, bahkan beberapa Gardu Induk sudah mulai berhasil dilakukan penyalaan," ujar I Made Suprateka, Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, Minggu (4/8).

6 dari 7 halaman

6. Mati Lampu di Jawa Barat.

Tak hanya itu, gangguan juga terjadi pada Transmisi SUTET 500 kV yang mengakibatkan sejumlah area di Jawa Barat juga ikut padam seperti Bandung, Bekasi, Cianjur, Cimahi, Cirebon, Garut, Karawang, Purwakarta, Majalaya, Sumedang, Tasikmalaya, Depok, Gunung Putri, Sukabumi dan Bogor

"Sekali lagi kami mohon maaf dan pengertian seluruh pelanggan yang terdampak akibat gangguan ini, kami berjanji akan melakukan dan mengerahkan upaya semaksimal mungkin untuk memperbaiki sistem agar listrik kembali normal," lanjut I Made Suprateka.

7 dari 7 halaman

7. PLN Lakukan Tindakan

PLN Lakukan Tindakan Ilustrasi PLN (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Mengalami gangguan hingga membuat mati lampu hampir di Pulau Jawa, PLN pun langsung ambil tindakan. Berbagai perbaikan juga dilakukan.

Ya, di antaranya sudah dilaksanakan pengamanan GSW yang putus, dan penyalaan kembali GT di Suralaya, scanning assesmen kondisi GSW yang se type, dan pengaturan beban dari UP2B untuk meminimalisir pemadaman.

Semoga tak ada gangguan seperti kemarin lagi ya. Kalau KLovers sendiri, kemarin saat mati lampu pada ngapain?

(kpl/gen)


Join Kapanlagi.com