Kulik Sejarah Molen, Jajanan Manis yang Punya Kisah Historis

Rabu, 29 September 2021 18:00 WIB
Kulik Sejarah Molen, Jajanan Manis yang Punya Kisah Historis

Kapanlagi.com - Molen dikenal sebagai salah satu jajanan asal Bandung. Rasanya yang manis dengan beragam isian seperti pisang dan cokelat menjadikannya menjadi cemilan favorit.

Seperti diketahui kalau molen merupakan adonan tepung yang membalut isian dan digoreng. Biasanya molen bisa ditemukan di dekat sekolah ataupun pinggir jalan.

Dibalik rasanya yang manis ternyata molen juga punya kisah historis yang tak boleh terlewatkan. Jajanan ini awalnya populer pada tahun 90an.

Sejarah Molen

Dalam novel Perang (1990) yang ditulis oleh Sastrawan Putu Wijaya yang dikutip dari Historia.id (29/09/21), molen sudah disajikan pada sidang Amarta dalam kisah pewayangan perang besar Baratayudha.

Disebutkan kalau molen sering dihidangkan bersama kopi sebagai pencair suasana. Biasanya molen disajikan saat para punggawa berkumpul membacakan pidatonya.

Kini molen semakin berkembang dan dimodifikasi sedemikian rupa agar menarik perhatian. Bahkan tersedia beragam rasa seperti keju hingga green tea. Kamu tak perlu repot keluar rumah karena sudah tersedia ManisdanSedap.com.

Caranya, cukup buka website kemudian cari tombol order yang terhubung ke nomor WhatsApp seller. Nantinya bisa langsung berinteraksi dengan seller dan melakukan transaksi terpisah dari platform. Makanan bisa langsung dipesan secara online dan bisa menghemat waktumu. Mudah banget kan?

(kpl/lmp)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com