Lagu Dangdut Ini Jadi Viral Karena Muncul di 'CHIBI MARUKO CHAN'

Agista Rully | Jum'at, 09 Juni 2017 10:18 WIB
Lagu Dangdut Ini Jadi Viral Karena Muncul di 'CHIBI MARUKO CHAN'

Kapanlagi.com - Dangdut merupakan musik folk Indonesia dan sangat populer. Genre ini berasal dari musik Hindustan, Melayu, dan juga Arab. Yang membuat genre satu ini populer adalah ragam melodi yang diciptakan serta cengkok penyanyinya. Rupanya tak hanya orang Indonesia saja yang mencintai dangdut, orang Jepang pun menunjukkan ketertarikan pada genre satu ini.

Contohnya kartun Chibi Maruko Chan, generasi 90-an pasti kenal betul dengan karakter Maruko si bocah kelas 3 SD yang manja ini. Dalam sebuah episode, salah seorang teman Maruko yang kaya raya yakni Kazuhiko Hanawa pamer bahwa musik favoritnya adalah dangdut.

Cuplikan video yang dibagikan via LINE ini lalu menjadi viral dan membuat netizen Indonesia bangga. Dalam cuplikan tersebut, Hanawa merekomendasikan satu lagu dangdut berjudul Dangdut Reggae. Visualisasi sepanjang lagu tersebut pun juga Indonesia banget!

Kazuhiko Hanawa, teman sekelas Maruko yang kaya raya dan menyukai lagu dangdut © PinterestKazuhiko Hanawa, teman sekelas Maruko yang kaya raya dan menyukai lagu dangdut © Pinterest

Sepanjang lagu Dangdut Reggae, Hanawa nampak terkesima dengan budaya Indonesia terutama Bali. Animator Chibi Maruko Chan juga menambahkan sejumlah ornamen khas bali seperti leak, pura, dan gadis Bali.

Lagu Dangdut Reggae sendiri dirilis pada tahun 1990 dan dinyanyikan oleh Duo Campur DKI. Lagu ini baru muncul di serial Maruko yang tayang dua tahun berikutnya. Agak unik memang menyematkan genre khas Indonesia di kartun Jepang tapi setidaknya hal tersebut membuat anak-anak jadi bangga akan musik lokal.

Well, sama seperti lagu Project Pop Dangdut Is The Music of My Country dan sudah waktunya kita berbangga dengan kekayaan budaya yang kita miliki ;)

(mdk/agt)

Editor :  

Agista Rully

Join Kapanlagi.com