Lagu Kemerdekaan 17 Agustus Beserta Lirik yang Sarat Makna dan Fakta-Faktanya

Editor KapanLagi.com | Senin, 16 Agustus 2021 18:33 WIB
Lagu Kemerdekaan 17 Agustus Beserta Lirik yang Sarat Makna dan Fakta-Faktanya

Kapanlagi.com - Hari kemerdekaan Indonesia begitu familiar dengan lagu 17 Agustus ciptaan Husein Mutahar. Lirik lagu kemerdekaan 17 Agustus atau Hari Merdeka sarat akan makna yang dapat membangkitkan rasa nasionalisme bangsa Indonesia.

Siapa tak mengenal lagu 17 Agustus dengan liriknya begitu bermakna seolah mewakili perasaan seluruh rakyat Indonesia di hari paling bersejarah. Jika kalian cermati secara mendalam, lirik lagu kemerdekaan 17 Agustus sarat makna bahkan bisa mengobarkan kembali semangat nasionalisme.

'Sekali Merdeka, Tetap Merdeka', begitulah penggalan lirik lagu 17 Agustus ciptaan H. Mutahar yang kerap kita dengarkan saat hari kemerdekaan Indonesia. Kalian mungkin sudah menghafal liriknya di luar kepala, namun, perlu diketahui juga ternyata ada beberapa fakta-fakta lagu kemerdekaan 17 Agustus.

Sebab itulah, di bawah ini ada beberapa ulasan tentang lagu kemerdekaan 17 Agustus beserta liriknya. Selain itu, ada juga makna dari lagu kemerdekaan 17 Agustus sebagai berikut telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Sejarah Lagu Kemerdekaan 17 Agustus 1945

Di hari kemerdekaan Indonesia kita tentunya cukup familiar dengan beberapa judul lagu HUT RI seperti Indonesia Raya, Indonesia Pusaka, Garuda Pancasila, Tanah Airku, Berkibarkah Benderakau, Bagimu Negeri, Maju Tak Gentar, Hari Merdeka (17 Agustus), dan seterusnya. Namun kali ini, akan diulas mengenai sejarah lagu kemerdekaan 17 Agustus.

Sejarah lagu kemerdekaan 17 Agustus diciptakan oleh H. Mutahar pada tahun 1946. Lagu ini berjudul Hari Merdeka namun kebanyakan orang cenderung lebih familiar menyebutnya dengan lagu kemerdekaan 17 Agustus. Dilansir dari tirto.id, pada saat itu Presiden Soekarno memanggil Mutahar ketika masih menjadi ajudan untuk membuatkan aubade yakni nyanyian penghormatan pada pagi hari.

Sedangkan pada waktu itu, situasi di Indonesia kurang kondusif akibat terjadinya perang Revolusi di Yogyakarta menurut buku 100 Konser Musik Indonesia (2018:31) seperti dilansir dari tirto.id. Kemudian, Mutahar meminjam orkes keraton dan memimpin atau memandu lagu Hari Merdeka dengan semangat. Pada upacara 17 Agustus, lagu tersebut dimainkan hingga membuat Presiden Soekarno merasa senang dan memuji keahliannya

Tak hanya lagu kemerdekaan 17 Agustus yang diciptakan oleh H. Mutahar, melainkan ada sejumlah lagu populer karya ciptaannya yang sampai saat ini begitu populer. Sebut saja di antaranya yakni seperti Syukur, Dirgahayu Indonesiaku, Hymne Pramuka, dan seterusnya.

2. Lirik Lagu Kemerdekaan 17 Agustus (Hari Merdeka)

Berikut ini lirik lagu kemerdekaan 17 Agustus (Hari Merdeka) ciptaan H. Mutahar yang begitu populer dan dinyanyikan setiap HUT RI. Adapun liriknya lagu Hari Merdeka dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini:

Tujuh belas Agustus tahun empat lima

Itulah hari kemerdekaan kita

Hari merdeka nusa dan bangsa

Hari lahirnya bangsa Indonesia

Merdeka

Sekali merdeka tetap merdeka

Selama hayat masih di kandung badan

Kita tetap setia tetap sedia

Mempertahankan Indonesia

Kita tetap setia tetap sedia

Membela negara kita

3. Kobarkan Semangat Melalui Makna Lagu Kemerdekaan 17 Agustus

Jika kalian cermati liriknya lebih dalam, tentunya lagu kemerdekaan 17 Agustus karya H. Mutahar bisa bikin semangat nasionalisme semakin meningkat. Misalnya saja penggalan lirik lagu Hari Merdeka seperti 'Sekali Merdeka Tetap Merdeka', seolah mempertegas bahwa kemerdekaan Republik Indonesia benar-benar telah berada di tangan bangsa Indonesia atas perjuangan para pahlawan bangsa dan tidak ada yang bisa mengganggu gugat.

Ditambah dengan lirik selanjutnya, makna lagu kemerdekaan 17 Agustus tersebut seolah bisa membuatmu merasakan kobaran semangat untuk tetap membela, mempertahankan dan melindungi tanah air tercinta. Sehingga lagu kemerdekaan 17 Agustus bisa dijadikan pengingat bahwa Indonesia telah merdeka pada 17 Agustus 1945 serta membangkitkan semangat nasionalisme dan patriotisme bangsa.

4. Fakta-Fakta Lagu 17 Agustus

Dari beberapa ulasan di atas maka beberapa fakta-fakta lagu 17 Agustus atau Hari Merdeka yang dapat kita simpulkan bisa kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Adapun beberapa fakta-fakta lagu 17 Agustus yang mungkin saja belum kalian ketahui sebagai berikut:

- Lagu Hari Merdeka diciptakan oleh H. Mutahar.

- Lagu Hari Merdeka menjadi karya kedua dari H. Mutahar setelah sebelumnya beliu menciptakan lagu kebangsaan berjudul Syukur.

- Husein Mutahar atau H.Mutahar juga dikenal sebagai seorang pendiri Gerakan Pramuka Indonesia, pencetus Paskibraka serta Ajudan Presiden Soekarno.

- H. Mutahar juga seorang pencipta lagu populer Indonesia yakni Syukur, Hari Merdeka, Dirgahayu Indonesiaku, Hymne Pramuka, Gembira, Tepuk Tangan Silang-Silang, Mari Tepuk, Jangan Putus Asa, Saat Berpisah, dan Slamatlah.

Nah itulah beberapa fakta-fakta tentang lagu kemerdekaan 17 Agustus mulai dari lirik, makna lagu, serta pencipta lagu Hari Merdeka.

(kpl/nlw)

Editor:   Nurul Wahida

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com