Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Legenda Adalah Cerita Rakyat Tentang Peristiwa Sejarah, Kenali Jenis dan Bedanya dengan Mite

Editor KapanLagi.com | Selasa, 07 September 2021 14:11 WIB
Legenda Adalah Cerita Rakyat Tentang Peristiwa Sejarah, Kenali Jenis dan Bedanya dengan Mite

Kapanlagi.com - Membaca cerita bisa jadi satu kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan di waktu senggang. Apalagi, ada banyak sekali jenis cerita yang seru dan menarik untuk dibaca. Bahkan tak sekedar menarik, beberapa cerita juga kerap menyimpan amanat atau pelajaran hidup berharga. Dari sekian beragam jenisnya, legenda adalah salah satu jenis cerita yang cukup populer.

Cerita legenda bisa dibaca dan dinikmati oleh berbagai kalangan usia. Seperti yang kita tahu, legenda adalah cerita rakyat yang berisi tentang berlatar sejarah yang umumnya mengisahkan asal-usul suatu tempat atau budaya masyarakat. Karenanya, membaca cerita legenda tak saja bisa jadi hiburan, melainkan juga bisa jadi sarana belajar dan menambah pengetahuan.

Indonesia merupakan negara yang punya beragam budaya, sehingga tak heran jika ada banyak sekali cerita legenda di tanah air. Pengetahuan tentang cerita legenda tanah air jadi hal yang penting karena jadi bagian dari budaya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan tentang legenda adalah cerita rakyat yang mengandung banyak amanat.

 

1. Pengertian Legenda Adalah

Gambar

Jika ditinjau dari asal mula kata, legenda berasal dari bahasa Inggris "legend". Menurut Cambridge Dictonary, legend diartikan sebagai cerita yang sangat tua atau kumpulan cerita dari zaman kuno, atau cerita, yang tidak selalu benar, yang diceritakan orang tentang peristiwa atau tokoh. Sementara, dalam KBBI, arti dari legenda adalah cerita rakyat pada zaman dahulu yang ada hubungannya dengan peristiwa sejarah.

Menurut Emeis (dalam Djamaris, 1990:98), legenda merupakan bagian dari cerita rakyat yang dianggap pernah terjadi, yang mana ceritanya masih kuno dan setengahnya berdasarkan sejarah dan setengahnya lagi angan-angan. Sedangkan, menurut Hasanuddin WS, legenda adalah cerita rakyat yang berisikan tentang tokoh, peristiwa, atau tempat tertentu yang mencampurkan fakta historis dengan mitos.

Berdasar ulasan tersebut, secara umum legenda adalah cerita rakyat yang telah diceritakan secara turun menurun oleh masyarakat. Seperti yang disinggung sebelumnya, legenda banyak bercerita tentang suatu peristiwa seperti asal-usul penamaan suatu tempat, budaya, kejadian atau peristiwa, dan sebagainya.

2. Ciri-Ciri Legenda

Gambar

Selain dari pengertian di atas, suatu cerita juga bisa diidentifikasi sebagai legenda dengan memperhatikan beberapa ciri-ciri. Adapun ciri-ciri dari cerita legenda adalah sebagai berikut.

1) Diyakini sebagai kejadian yang benar-benar pernah terjadi

2) Bersifat semihistoris

3) Bersifat duniawi

4) Bersifat migration atau berpindah-pindah (Beda daerah, punya legenda yang berbeda)

5) Tokoh dalam cerita legenda biasanya manusia

3. Jenis-Jenis Legenda

Gambar

Cerita legenda ternyata tak saja tentang asal usul suatu tempat, peristiwa, atau budaya masyarakat. Ternyata, cerita legenda bisa digolongkan ke dalam beberapa jenis. Sehingga penting untuk mengetahui setiap jenis dari legenda tersebut sebagai pengetahuan tambahan. Adapun jenis-jenis legenda adalah sebagai berikut.

1) Legenda setempat

Jenis legenda yang pertama, yaitu legenda setempat. Legenda ini berhubungan dengan suatu tempat, nama tempat, dan bentuk topografi. Legenda setempat biasanya menceritakan bagaimana terbentuknya suatu daerah atau permukaan tertentu, contohnya legenda Danau Toba dan legenda gunung Tangkuban Perahu.

2) Legenda alam gaib

Jenis yang kedua yaitu legenda alam gaib. Legenda ini biasanya berbentuk kisah yang dianggap benar-benar terjadi dan dialami oleh seseorang. Di masyarakat, fungsi dari legenda ini adalah meneguhkan kebenaran atau kepercayaan rakyat tentang sesuatu yang bersifat takhayul.

3) Legenda keagamaan

Legenda keagamaan adalah legenda yang menceritakan tentang orang-orang suci. Sehingga, legenda ini umumnya mengangkat cerita yang terjadi pada masa lampau yang lebih kental dengan nilai religius. Selain itu, dalam legenda ini juga terdapat panutan atau suri tauladan yang baik dalam bidang keagamaan. Salah satu contoh legenda keagamaan adalah Kisah para Walisongo.

4) Legenda perseorangan

Legenda perseorangan yaitu legenda yang berkaitan dengan cerita mengenai tokoh-tokoh tertentu. Salah satu legenda perseorangan yang cukup terkenal adalah legenda Malin Kundang dan legenda Roro Jonggrang.

4. Perbedaan Legenda dengan Mite

Gambar

Tak sedikit orang yang salah kaprah dalam membedakan antara legenda dan mite. Keduanya, seringkali dianggap sebagai hal yang sama. Lantaran, sama-sama merupakan cerita rakyat yang telah diceritakan secara turun menurun. Padahal di luar itu semua, mite dan legenda adalah dua hal yang jauh berbeda. Untuk lebih mengetahui perbedaannya, simak ulasannya berikut ini.

Pengertian dari mite adalah mitos atau cerita hal yang tradisional yang biasanya digunakan untuk menjelaskan misteri, peristiwa supernatural, dan tradisi budaya. Sehingga, mite relatif dipercaya dengan keyakinan penuh bahwa cerita tersebut benar-benar terjadi. Selain itu, cerita mite seringkali dianggap sebagai suci atau sakral karena melibatkan keberadaan dewa dan makhluk lainnya.

Sementara, pengertian dari legenda adalah cerita rakyat yang sering dikaitkan dengan peristiwa sejarah, seperti asal usul penamaan tempat. Sehingga, legenda cukup dipercaya oleh sebagian masyarakat bahwa cerita tersebut benar-benar pernah terjadi. Di luar dari hal itu, cerita legenda tidak dianggap sebagai suatu hal yang sakral atau suci.

Itulah di antaranya ulasan tentang cerita legenda adalah cerita rakyat tentang peristiwa sejarah, serta perbedaannya dengan mite. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan.

(kpl/gen/psp)

Reporter:   Galuh Esti Nugraini

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com