Lezatnya Sei Sapi, Daging Asap asal NTT yang Punya Cita Rasa Khas

Kamis, 07 Oktober 2021 13:05 WIB
Lezatnya Sei Sapi, Daging Asap asal NTT yang Punya Cita Rasa Khas

Kapanlagi.com - Kuliner daging memang tak bisa dipisahkan dengan selera orang Indonesia. Salah satunya ada Sei Sapi yang merupakan kuliner khas Provinsi Nusa Tenggara Timur, tepat di Kabupaten Rote Ndao.

Sei dalam bahasa Rote memiliki arti daging yang disayat dalam ukuran kecil memanjang. Daging yang digunakan sei biasanya sapi, babi, ataupun ayam. Cara memasak sei dibumbui terlebih dahulu kemudian melalui proses pengasapan.

Pada jaman dahulu, orang memakai kayu bakar untuk memasak sei. Namun, modern ini sei biasa dimasukkan ke dalam batok kelapa yang sudah dibakar sampai mengeluarkan asap.

Fakta Sei Sapi

Dagingnya bertekstur kering dan bisa tahan lama. Biasanya cocok disantap selagi hangat dengan sambal matah yang memberikan kaya rasa gurih dan pedas.

Jika akan menyimpan sei dalam waktu lama, disarankan untuk menghangatkannya terlebih dahulu agar tidak terlalu alot dan protein terjaga. Selain itu, setiap 100 gram daging asap ini mengandung energi sebesar 191 kilo kalori, protein 32 gram, dan lemak 6 gram.

Kamu pun tak perlu repot mencari rekomendasi sei sapi terenak di kotamu. Kini kamu bisa memesannya di ManisdanSedap.com.

ManisdanSedap.com adalah platform yang memudahkan para pecinta kuliner untuk memesan beragam makanan secara pre-order. Caranya, cukup pilih menu yang ingin dipesan dan klik tombol 'Order Sekarang'. Nantinya kamu akan terhubung langsung dengan sang penjual melalui WhatsApp.

(kpl/lmp)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com