Lockdown Karena Virus Corona Covid-19, Ini 7 Hal yang Harus Kalian Persiapkan

Galuh Esti Nugraini| Rabu, 01 April 2020 07:22 WIB
Galuh Esti Nugraini | Rabu, 01 April 2020 07:22

Kapanlagi.com - Lockdown atau karantina kewilayahan sedang ramai diperbincangkan. Beberapa daerah di Indonesia sudah banyak menerapkan lock down guna melakukan pencegahan penyebaran virus corona.

Pada dasarnya, lockdown hanya boleh diputuskan oleh pemerintah pusat, namun sudah banyak daerah yang menerapkan lockdown secara mandiri. Pada praktiknya, lockdown yang dilakukan di beberapa daerah itu dengan cara menutup ruas jalan, sehingga tidak ada aktivitas dan tidak dapat melewati jalan tersebut.

Fungsi dari lockdown mandiri ini untuk mengawasi orang yang masuk dan keluar dari sebuah daerah. Sehingga, jika tidak ada keperluan yang mendesak, masyarakat diminta untuk tetap berada dirumah. Hal ini mengingat semakin hari jumlah kasus positif corona semakin meningkat.

Tingginya jumlah yang terinfeksi virus corona, membuat sebagian masyarakat lebih bersiap diri demi menghentikan penyebaran virus ini. Lalu, kesiapan yang seperti apa? Berikut Kapanlagi.com merangkum beberapa bekal yang penting kalian persiapkan sebelum pemerintah menerapkan benar-benar lockdown.

1 Dari 7 Halaman

1. Membersihkan Rumah

Membersihkan Rumah (credit: freepik)
Membersihkan rumah merupakan kegiatan rutin yang biasa dilakukan setiap harinya. Rumah yang bersih akan memberikan kenyamanan untuk kalian tempati. Oleh sebab itu, sebelum lockdown benar-benar diterapkan, segeralah untuk membersihkan rumah kalian agar bersih, sehingga kegiatan kalian di rumah berjalan dengan baik.

Akibat mewabahnya virus corona, sesering mungkin kalian bisa menyemprotkan cairan disinfektan ke barang-barang yang sering digunakan. Cairan disinfektan ini khusus digunakan untuk menyemprotkan ke benda mati dan tidak disarankan menyemprotkan ke tubuh manusia.

Membersihkan rumah juga bertujuan agar virus tidak menempel di rumah kalian. Ubah perilaku bersih dan sehat keluarga kalian dengan rajin membersihkan rumah. Karena jika lockdown sudah diterapkan, kalian hanya bisa menghabiskan waktu di rumah. Oleh sebabnya, membuat rumah menjadi bersih sangat diperlukan.

2 dari 7 halaman

2. Dana Darurat

Dana Darurat (credit: freepik)
Selanjutnya yang perlu kalian persiapkan yaitu dana darurat. Apa itu dana darurat? Dana darurat sangat penting khususnya dalam keadaan genting. Lockdown sendiri merupakan kebijakan untuk menutup akses masuk maupun keluar. Sehingga membeli kebutuhan seperti makanan, maupun kebutuhan pokok lainnya sangat membutuhkan banyak pengeluaran. Oleh sebabnya dana darurat sangat penting dimiliki. ?

Kebutuhan yang mendesak ini, dapat diantisipasi menggunakan dana darurat. Sehingga kalian tetap dapat membeli persiapan yang dibutuhkan. Selain itu, solusi sementara untuk dapat bertahan hidup di tengah kasus virus corona.

3 dari 7 halaman

3. Persiapkan Stok Makanan

Persiapkan Stok Makanan (credit: freepik)
Mempersiapkan stok makanan merupakan hal utama yang wajib dipikirkan. Sebab, kalian akan sulit menjumpai penjual makanan. Mau tidak mau kalian harus memenuhi stok makanan untuk beberapa minggu ke depan.

Jika lockdown sudah diterapkan, kalian tidak akan diperbolehkan keluar rumah selama batas waktu yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Maka dari itu, memenuhi kebutuhan makanan seperti beras, sayur, buah, air, dan lain sebagainya sangat perlu untuk di list agar gizi tetap terjaga.

4 dari 7 halaman

4. Obat-obatan Maupun Vitamin

Obat-obatan Maupun Vitamin (credit: freepik)
Kalian tidak pernah tahu kapan kalian sakit. Langkah pencegahannya yaitu dengan cara membeli obat-obatan yang kalian perlukan. Terutama jika kalian memiliki riwayat penyakit dan harus mengonsumsi obat.

Di tengah pandemi corona seperti ini, penting untuk menyiapkan beberapa vitamin guna menjaga kekebalan tubuh dan imunitas tubuh. Maka dari itu, list membeli obat-obatan maupun vitamin sangat perlu kalian persiapkan.

5 dari 7 halaman

5. Kebutuhan Lain

Selanjutnya kebutuhan lain seperti membeli masker, hand sanitizer, sabun, shampoo dan lainnya wajib ada di list belanja kalian. Tapi yang perlu di ingat, jangan sampai kalian panic buying atau kepanikan membeli barang secara berlebihan ya. Jadi hal ini harus dihindari.

Kenapa kalian harus menyiapkannya? Sebab salah satu cara untuk mencegah penularan virus corona adalah dengan selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Walaupun begitu, membeli kebutuhan secukupnya itu penting, karena bukan kalian saja yang membutuhkannya.

6 dari 7 halaman

6. Kebutuhan Penting untuk Bekerja

Kebutuhan Penting untuk Bekerja (credit: freepik)
Dengan adanya lockdown, maka sistem kerja menjadi work from home atau bekerja di rumah. Mempersiapkan kebutuhan untuk bekerja bisa kalian list kebutuhan apa yang menjadi prioritas utama dalam bekerja.

Jangan sampai ketika dilakukan lockdown kebutuhan penting yang digunakan untuk bekerja malah tidak dipersiapkan. Hal ini tentu menyulitkan sendiri untuk kalian.

7 dari 7 halaman

7. Persiapkan Hiburan Agar Tidak Bosan

Berdiam diri di rumah terlalu lama tentu akan menimbulkan kebosanan. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Penting untuk kalian ketahui, bahwa mempersiapkan hiburan ketika lockdown, dapat melepaskan stress.

Kalian cukup mempersiapkan hiburan sesuai hobi kalian. Misalnya membaca buku kesukaan kalian, atau menonton film maupun menonton drama korea. Meskipun terasa membosankan berada di rumah, Namun, kalian juga bisa menggunakan sebagai waktu istirahat berkumpul bersama keluarga.

(kpl/dtm/gen)

Editor:  

Dita Tamara

Join Kapanlagi.com